Pembahasan 15 Soal SBMPTN Sejarah 4

Selamat sianggg.. Siang-siang gini, panas-panas, gatau mau ngapain.. Di tambah rumah panas juga. panas dengan orang yang suka marah-marah. Akhh klop sudah, dirumah panas, disini tambah panas, tapi hati ku nggak panas kok teman-teman :) Hati ku tetap ikhlas berbagi dengan Anda sekalian meski banyak yang ku rasakan saat ini.

Oke langsung saja dari pada Anda bosan dengan opening saya yang cukup membosankan memang karena banyak sekali curhatannya hehehe.. Nih yukk berikut adalah pembahasan dari 15 soal SBMPTN Sejarah Indonesia yang lalu sudah saya posting. Yang belum tahu monggo di buka lagi 15 Soal SBMPTN Sejarah Indonesia 4

JAWABAN



SEJARAH

1. Histografi merupakan penyampaian sintesis yang diperoleh dalam bentuk suatu kisah. Bisa pula dikatakan penulisan atau penyajian cerita sejarah.

Jawaban: E

2. Homo sapiens yang merupakan Moyang bangsa Indonesia berasal dan daerah campa, Cochin-Cina, Kamboja, dan daerah-daerah sekitar Di sepanjang pantai di Teluk Tonkin. Jika dilihat Dari pangkal kebudayaannya, Homo sapiens berasal Dari wilayah Yunnan di Tiongkok Selatan. Hal ini sesuai dengan penyelidikan yang dilakukan oleh Von Hiene Geldern tentang penyebaran kapak persegi. menurutnya, artefak-artefak yang ditemukan di lndonesia banyak memiliki persamaan dengan yang diemukan di daratan Asia. Sementara itu, mereka yang tinggal di daerah sepanjang pantai Teluk Tonkin atau daerah Yunnan termasuk ke dalam rumpun bangsa Austronesia. Rumpun bangsa Austronesia terdiri atas dua subspesies atau ras, yakni ras Mongoloid dan Ras Austro Melanesoid. Subras terakhir itulah yang menjadi nenek moyang bangsa Indonesia. ,

Jawaban: B

3. Prasasti Mula Malurung atas nama Kertanagara tahun 1255, menyebutkan bahwa pendiri Kerajaan Tumapel  Adalah Bhatara Siwa. Nama ini adalah gelar anumerta Dari Ranggah Rajasa, karena dalam Nagarakretagama Arwah pendiri Kerajaan Tumapel tersebut dipuja Sebagai siwa. Selain itu, Pararaton juga menyebutkan Bahwa sebelum maju perang melawan Kediri, Ken Arok lebih dulu menggunakan julukan Bhatara Siwa.

Jawaban: B

4. Budaya manusia ada dua bentuk, yaitu budaya material (tangible) dan budaya nonmaterial (intangible). Budaya material adalah budaya nyata, sedangkan budaya nonmaterial adalah budaya spiritual atau ideal. Contoh budaya material adalah batu nisan dan budaya nonmaterial adalah upacara.

Jawaban: C

5. Sultan Agung adalah salah satu Raja Mataram yang tidak pernah mau berkompromi dengan VOC. Beliau dua kali berusaha mengusir Belanda. Penyerangan pertama pada tahun 1628 dipimpin oleh Tumenggung Baurekso. Wabah penyakit serta kurangan makanan menjadi penyebab kegagalan serangan ini. Penyerangan kedua dilakukan pada tahun 1629. pada waktu itu, Belanda membakar  padi yang disiapkan sebagai persediaan makanan. Akibatnya, prajurit Mataram kekurangan bahan makanan. Wabah penyakit kolera juga memperburuk kondisi prajurit Mataram.

Jawaban: D

6. Pernyataan Benar: Sarekat Islam tumbuh dengan cepat melalui propaganda secara massai. Hal ini dìsebabkan Sarekat Islam dikelola oleh para pedagang yang berpengalaman dan banyak ulama yang disegani rakyat duduk dalam organisasi ¡tu. Tumbuhnya gerakan ini, pada saat itu diibaratkan dengan kebakaran padang rumput yang dengan cepat menyambar padang ilalang di sekitarnya.
Alasan Salah: Siapa saja yang berminat boleh menjadi anggota Sarekat Islam, tidak pandang dan kelas sosial mana, dan apa pekerjaan yang ditekuninya. Satu-satunya yang diisyaratkan adalah beragama Islam. Agama Islam dianggap sebagai identitas kepribumian untuk berhadapan dengan bangsa lain, seperti Tiongkok dan Eropa.

Jawaban: C

7. Pernyataan Benar: Pada tanggai 16 Agustus 1945 Ir. 1Sukarno dan Drs. Moh. Hatta oleh sekelompok pemuda dibawa ke luar kota menuju ke Rengasdengklok, sebuah kota kewedanaan di Kabupaten Karawang. Rengasdengklok dipilih untuk mengamankan Sukarno Hatta berdasarkan perhitungan militer. Di samping itu, Rengasdengkiok letaknya terpencil. yakni 15 km dan Kedunggede, Karawang pada jalan raya Jakarta Cirebon. Dengan demikian, deteksi dapat dengan mudah dilaksanakan terhadap setiap gerakan tentara Jepang yang hendak datang ke Rengasdengklok, baik dan arah Jakarta maupun dan arah Bandung atau Jawa Tengah.
Alasan Salah: Rengasdengklok adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Jawaban: C

8. Pernyataan Salah: “Manikebu” singkatan dari Manifesto Kebudayaan, dibuat oleh sekumpulan seniman dan budayawan di Jakarta yang menentang ideologi Komunisme. H. B. Jassin dan Wiratmo Sukito termasuk ke dalam orang-orang yang melakukan penandatangan Manifesto Kebudayaan. Naskah Manifesto Kebudayaan itu dipublikasikan pada surat kabar harian Berita Republik tanggal 19 Oktober 1963.
Alasan Benar: Lekra merupakan singkat dari Lembaga Kebudayaan Rakyat, yang didirikan di Jakarta, pada tanggal 17 Agust5 1950 sebagai  organisasi kesenian-kebudayaan sastra yang  langsung berada di bawah Partaj Komunis Indonesia (PKI).

Jawaban: D

9. Pernyataan Salah: Sejak tahun 1970-an, Indonesia di bawah kepemimpinan Orde Baru giat melakukan pembangunan yang berorientasikan pada pembangunan. Sentralisasi pembangunan difokuskan pada perkembangan industri padat modal dan padat karya, di mana pusat pertumbuhan lebih banyak berada di daerah perkotaan.
Alasan Benar: Industri kreatifsebagai “Industri yang berbasis dan berasal dan pemanfaatan kreativitas (creativity), keterampilan (skill), dan bakat (talent)
individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan peman faatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut”. Industri kreatif ini sangat penting karena memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan terhadap PDB,
penciptaan lapangan kerja, peningkatan ekspor, penciptaan ikiim bisnis yang positif, membangun citra dan identitas bangsa, berbasis pada sumber daya yang terbarukan, menciptakan inovasi dân kreativitas yang merupakan keungguIan kompetitif suatu bangsa, serta memberikan dampak sosial yang positif.

Jawaban: D

10. Pernyataan Benar: Peristiwa kerusuhan dan penjarahan yang terjadi pada buIan Mei 1998 merupakan masa yang kelam, karena momen ini merupakan tonggak peralihan menuju era Reformasi. Pada tanggal 12 Mei 1998, kurang Iebih 6000 massa turun kejalan, baik di Jakarta maupun di kota-kota di seluruh Indonesia.
Alasan Benar: tetapi tidak berhubungan: Reformasi memang dimotori oleh mahasiswa, tetapi penyebab kerusuhan bukan mahasiswa.

Jawaban: B

11. Sisa-sisa peninggalan peradaban Mesir Kuno adalah hieroglip (tulisan Mesir Kuno), gambar orang-orang Mesir Kuno, piramid (kuburan raja-raja bersama hartanya), sphinx (patung singa berkepala manusia penunggu piramid), dan obelisk (tugu berbentuk segi
empat yang terbuat dan batu yang dipahat).

Jawaban: B

12. Faktor penyebab Revolusi Industri adalah revolusi ilmu pengetahuan dengan munculnya para ilmuwan seperti Francis Bacon, René Descartes, Galileo Galilei serta adanya pengembangan riset dan penelitian dengan pendirian lembaga riset seperti The Royal Improving Knowledge, The Royal Society of England, dan The French Academy of Science. Ada pula. faktor dari
Dala, seperti ketahanan politik dalam negeri serta kekayaan sumber daya alam berupa bahan bakar tambang yang sangat dibutuhkan oleh proes industri, seperti batu bara dan biji besi.

Jawaban: C

13. Penjajahan BeIanda terhadap Indonesia berakhir saat Pernerintan Jepang melakukan penyerangan. Pada tanggal 27 Februari 1942, tentara Jepang berhasil imengalahkan armada gabungan dan Negara Amerika, Inggris, Belanda, dan Australia dalam pertempuran Laut Jawa. Kemudian, di bawah pimpinan Letnan Jenderal Hitoshi Imamura, tentara Jepang mulai menginjakkan kaki ke Pulau Jawa. Di sana, Letnan Jenderal Hitoshi Imamura mengancam akan menyerang Belanda apabila tidak segera menyerah. Pada akhirnya setelah mengalami kekatahan terus menerus dan pihak Jepang, Tjarda van Starkenborgh Stachouwer sebagai Jenderal Hindia Belanda menyerah dan dan ditangkap. Hal ini menjadi tanda dimulainya masa penjajahan Jepang di Indonesia sekaligus berakhirnya sejarah penjajahan Belanda di Indonesia.

Jawaban:D

14. Setelah tiga tahun perang Irak dan Iran berakhir, Teluk Persia kernbali bergolak dengan meletusnya Perang Teluk (Gulf War). Pada tanggal 2 Agustus 1990, pasukan Irak menyerbu Kuwait. Sebelumnya, memang telah terjadi persengketaan antara Irak dan Kuwait. Masalah yang menjadi bahan sengketa, antara lain kiaim Kuwait atas ladang minyak Rumcila di perbatasan kedua negara dan pelanggaran Kuwait terhadap ketentuan OPEC mengenai kuota serta harga minyak. Saudi Arabia telah berusaha mengajak kedua negara yang bertikai ke meja perundingan. Namun, sehari menjelang perundingan di Jeddah, pasukan Irak telah melakukan invasi ke Kuwait. Akibat invasi Irak tersebut, Amerika Serikat dan sekutunya melakukan serangan balasan yang menghancurkan Irak. Hai ini menyebabkan negara Irak hancur, ladang minyak Kuwait hancur, serta pengaruh Amerika makin besar.

Jawaban: E

15. Peristiwa 11 September 2001 menyebabkan trauma psikologi. Negara ini mengesankan sedang dalam ancaman setiap saat, terkait dengan upaya pengamanan yang sangat luar biasa. Untuk memperoleh visa AS dan dalam perjalanan pun, pengamanan begitu ketat. Visa Akan ditolak atau dilarang terbang.

Jawaban: C


Nah, sekaian dahulu yahh postingan dari saya hari ini. Saya harap postingan ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian. Btw terima kasih sudah mengunjungi blog @nifafani. Nantikan yahh postingan-postingan saya yang selanjutnya. Akan ada banyak postingan yang saya harap sih menari untuk teman-teman sekalian.

Jangan lupa untuk tinggalkan komentar Anda dan tetap selalu kunjungi blog @nifafani. Buat yang ingin berkenalan dengan penulis langsung saja hubungi via email stefanikristina@gmail.com ^^