Pembahasan 15 Soal SBMPTN Geografi 4

Selamat siang para pembaca setia blog @nifafani, sebenarnya siang ini saya seharusnya memposting Pembahasan 15 soal SBMPTN mata pelajaran Geografi, sayang karena entah mengapa penulis kakak Chania ini mengirimya hanya 13 soal saja :) upss maksud saya 13 pembahasan. Nah untuk itu tapi tidak apa, semua baik-baik saja. Langsung saja mari kita bahas bersama untuk beberapa soal di bawah ini.

Kalau terlalu lama bisa-bisa Anda mendengarkan saya curhat kembali :') Sedihnya saya tidak ada yang mau mendengarkan curhatan saya..

Yukkk ini dia 13 Pembahasan Soal SBMPTN Geografi. Buat yang belum tahu soal-soal sebelumnya bisa buka di 15 Soal SBMPTN Geografi 4



Geografi

1. Pendekatan keruangan mendasarkan pada perbedaan sifat penting lokasi seperti distribusi, struktur, pola, dan proses. Melalui pendekatan ini, kegiatan industri akan dikaji berdaarkan ruang kejadiaannya, Manusia merupakan subjek dalam kajian keruangan karena kegiatan manusia mampu memengaruhi penggunaan ruang, penyediaan ruang yang akan dimanfaatkan, serta pola keruangan yang dihasilkan.

Jawaban: E

2. Alfred Wegener (1915) dalam bukunya “The Origins of Oceans and Continents” menjelaskan benua-benua yang ada saat ini dahulunya bersatu yang dikenal sebagai super benua yang bernama Pangea. Super benua ini kemudian terpecah-pecah menjadi bagian bagian yang lebih kecil yang kemudian bermigrasi (drifted) ke posisi seperti saat ini. Bukti-buktinya di antaranya sebagai berikut:

a. Kecocokan/kesamaan garis pantai yang ada di benua Amerika Selatan bagian timur dengan garis pantai benua Afrika bagian barat. Kedua garis pantai ini cocok dan dapat dihimpitkan satu dengan lainnya.

b. Kesamaan Jenis Batuan. Pegunungan yang umurnya sarna dengan pegunungan Appalachian dijumpai di British Isles dan Scandinavia. Kedua pegunungan tersebut apabila diletakkan pada lokasi sebelum terjadinya pemisahan/pengapungan keduanya akan membentuk suatu jalur pegunungan yang menerus. Hal itu juga menunjukkan kesamaan kenampakan bentuk bentuk geologi.

Jawaban: B

3. Pernyataan Salah: Wilayah Kepulauan Indonesia merupakan pertemuan Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Pertemuan lempeng-lempeng itu menyebabkan timbulnya patahan. Adapun zona subduksi terjadi ketika Iempeng samudra abrakan dengan lempeng benua, dan menyusup Ke bawah lempeng benua atau ke dalmn astenosfer. Lempeng litosfer samudra mengalami subduksi karena Memiliki demsitas yang Iebih tinggi

Alasan Benar: Di sebelah utara Papua dan Sulawesi juga terbentuk zona penunjaman akibat tumbukan Lempeng Samudra Pasifik terhadap Lempeng Indo-Austria. Pada bagian ujung Pulau Papua, yang berbentuk kepala burung, juga terbentuk sesar mendatar (garis warna jingga) yang dikenal dengan nama sesar sorong.

Jawaban: D

4. Pemanasan global dapat mencairkan es di kutub dan menyebabkan penambahan massa air. Hal ini menyebabkan salinitas air taut akan turun dan menyebabkan perubahan arus laut, maka ikiim pun ikut berubah. Ingatlah, bahwa faktor yang memengaruhi terjadinya iklim adalah salinitas air Laut, suhu air laut, suhu udara, arus laut, dan arah pergerakan angin. Jika terjadi terus menurus, iklim pun akan berubah secara permanen ataupun menyebabkan bencana yang sementara seperti El Nino dan La Nina. Hal ini menyebabkan gangguan terhadap masa panen dan tanam pertanian.

Jawaban: E

5. Banjir rob merupakan bencana yang muncul berkaitan dengan siklus pergerakan bulan. Dengan demikian, banjir ini terjadi berulang bulanan. Daerah yang terkena bencana ini adalah dataran pantai di daerah pesisir yang rendah atau daerah rawa-rawa pantai. Genangan banjir ini dapat diperkuat dengan banjir karena tingginya curah hujan. Hal inilah yang terjadi di Banjarmasin dan Semarang.

Jawaban: A

6. Pola-pola (tipe) iklim di bumi yang tidak sama, disebabkan oleh bentuk bumi yang bulat, sehingga menyebabkan intensitas penyinaran matahari dan curah hujan yang diterima tidak sama. Setiap tipe iklim menyebabkan perbedaan karakteristik komunitas tumbuhan dan hewan yang mampu beradaptasi dengan faktor-faktor lingkungannya di setiap daerah. Hal ini juga yang terjadi di daerah gunung api. 

Jawaban: D

7. Peningkatan jumlah penduduk terutama di daerah perkotaan akan memberikan dampak terhadap pemenuhan kebutuhan lahan. Konversi lahan pertanian tidak dapat dihindarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup terutama untuk penyediaan fasilitas perumahan maupun fasilitas sosial ekonomi yang lain.

Jawaban: B

8. Pernyataan Benar: Ketersediaan sumber daya alam di permukaan bumi sangat beragam dan penyebarannya tidak merata. Ada sumber daya alam yang berlimpah ruah dan ada pula yang jumlahnya terbatas atau sangat sedikit. Bahkan, ada yang sekali diambil akan habis.

Alasan Benar, Tidak Berhubugan: Barang tambang merupakan sumber daya alam yang terikat pada lokasi. Oleh sebab itu, perusahaan yang berkaitan dengan bahan-bahan tambang umumnya terletak di daerah dan tanam pertanian.

Jawaban: E

9. Banjir rob merupakan bencana yang muncul berkaitan dengan siklus pergerakan bulan. Dengan demikian, banjir ini terjadi berulang bulanan. Daerah yang terkena bencana ini adalah dataran pantai di daerah pesisir yang rendah atau daerah rawa-rawa pantai. Genangan banjir ini dapat diperkuat dengan banjir karena tingginya curah hujan. Hal inilah yang terjadi di Banjarmasin dan Semarang.

Jawaban: A

10. Pola-pola (tipe) ikim di bumi yang tidak sama, disebabkan oleh bentuk bumi yang bulat, sehingga menyebabkan intensitas penyinaran matahari dan curah hujan yang diterima tidak sama. Setiap tipe iklim menyebabkan perbedaan karakteristik komunitas tumbuhan dan hewan yang mampu beradaptasi dengan faktor-faktor Iingkungannya di setiap daerah. Hal ini juga yang terjadi di daerah gunung api. 
Jawaban: D

11. Peningkatan jumlah penduduk terutama di daerah perkotaan akan memberikan dampak terhadap pemenuhan kebutuhan lahan. Konversi lahan pertanian tidak dapat dihindarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup terutama untuk penyediaan fasilitas perumahan maupun fasilitas sosial ekonomi yang lain. .

Jawaban: B

12. Pernyataan Benar: Ketersediaan sumber daya alam di permukaan bumi sangat beragam dan penyebarannya tidak merata. Ada sumber daya alam yang berlimpah ruah dan ada pula yang jumlahnya terbatas atau sangat sedikit. Bahkan, ada yang sekali diambil akan habis.

Alasan Benar,Tidak Berhubungan: Barang tambang merupakan sumber daya alam yang terikat pada lokasi. Oleh sebab itu, perusahaan yang berkaitan dengan bahan-bahan tambang umumnya terletak di daerah faktor produksi alamnya. Barang tambang dapat menjadi sumber daya yang digunakan di masa depan ataupun sumber daya aktual yang saat ini sedang digunakan.

Jawaban: B

13. Terasering atau sengkedan adalah bangunan konservasi tanah dan air secara mekanik yang dibuat untuk memperpendek panjang lereng dengan cara penggalian dan pengurugan tanah melintang. Tujuannya untuk mengurangi aliran permukaan dan memperbesar aliran, sehingga mengurangi erosi.

Jawaban: B

Nah sekian dahulu yahh postingan dari saya siang hari ini, nantikan postingan - postingan  yang lainnya yahh.. Senang sekali saya dapat berbagi dengan Anda. Namun akan lebih senang lagi apabila Anda berkenan untuk meninggalkan komentar Anda di postingan ini.

Terima kasih untuk kak Chania yang sudah membantu saya dalam keberlangsungan blog yang sederhana ini. See you teman - teman :)