Pembahasan Agama Islam Halaman 53 Kelas 12

Selamat malam.. Malam ini ditengah kegalauan hati akhirnya saya memutuskan untuk share Kunci Jawaban materi pembelajaran Agama Islam. Mohon maaf ya yang sudah req untuk kunci jawaban yang lainnya jadi tertunda. Satu persatu pasti nanti akan saya post. Mohon sabar. 

Baik langsung saja yuk mari kita bahas bersama..

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!

find me on instagram @nifafani


1. Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat Islam terhadap ayat-ayat al-Qur'±n yang menjelaskan tentang fenomena alam!

Jawaban : memikirkan dan men-tadabburi semua  ciptaan Allah Swt. sehingga kita sadar betapa Allah Swt. adalah Tuhan Pencipta Yang Maha Agung, Maha Pengasih lagi Penyayang dan mengantarkan kita menjadi hamba-hamba yang bersyukur. Hamba yang bersyukur selalu beribadah (ritual dan sosial) dengan ikhlas.

2. Berdasarkan analisismu, jelaskan beberapa manfaat diciptakannya semut!

Jawaban : -

3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Jelaskan makna di balik fakta tersebut!

Jawaban : -

4. Jelaskan karakteristik orang yang cerdas dalam pandangan Rasulullah saw.!

Jawaban : mengumpulkan bekal amal soleh sebanyak-banyaknya untuk kehidupan pasca kematian (akhirat), karena “dunia tempat menanam dan akhirat memetik hasil (panen)”. Oleh karena itu, jika kita ingin memetik hasil di akhirat, jangan lupa bercocok tanam di dunia ini dengan benih-benih yang unggul, yaitu amal soleh.”

5. Jelaskan sikap dan perilaku umat Islam yang sejalan dengan pola pikir kritis dan cerdas!
Jawaban :

1) Senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. atas anugerah akal sehat;

 2) Senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. atas anugerah alam semesta bagi manusia;

 3) Melakukan kajian-kajian terhadap ayat-ayat al-Qur’±n secara lebih mendalam bersama 
para pakar di bidang masing-masing;

4) Menjadikan ayat-ayat al-Qur’±n sebagai inspirasi dalam melakukan penelitianpenelitian ilmiah untuk mengungkap misteri penciptaan alam;

5) Menjadikan ayat-ayat kauniyah (alam semesta) sebagai inspirasi dalam mengembangkan iptek;

6) Mengoptimalkan pemanfaatan alam dengan ramah untuk kepentingan umat manusia;

7) Membaca dan menganalisis gejala alam untuk mengantisipasi terjadinya bahaya;

8) Senantiasa berpikir jauh ke depan makin termotivasi untuk menjadi orang yang visioner;

9) Senantiasa berupaya meningkatkan amal soleh dan menjauhi kemaksiatan sebagai tindak lanjut dari keyakinannya tentang adanya kehidupan kedua di akhirat dan sebagai perwujudan dari rasa syukur kepada Allah Swt. atas semua anugerah-Nya; dan

10) Terus memotivasi diri dan berpikir kritis dalam merespon semua gejala dan fenomena alam yang terjadi.

baik sekian dahulu dari saya. Bilamana ada salah kata maupun perbuatan mohon maaf. Anda dapat menegur atau menghubungi saya via DM Instagram @nifafani atau via email stefanikristina@gmail.com. Saya terbuka untuk siapa saja asal bersifat positif. Anda ingin memasang iklan di blog saya? silahkan.. ingin bersahabat pena? silahkan. Atau membutuhkan penulis untuk menulis artikel? Semua terbuka lebar dan siap untuk membantu Anda dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Beberapa jawaban diatas saya ambil dari sumber buku pegangan guru yang mana Anda dapat mengunduhnya secara pribadi dan juga beberapa kawan serta relasi.

Untuk yang kepo mengenai sumber jawaban ini bisa kontak saya via email dan akan saya perkenalkan langsung dengan beberapa teman saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada orang-orang yang telah membantu dalam keberlangsungan blog ini.