Pembahasan Agama Islam Halaman 15-16 Kelas 12

Selamat malam.. Malam ini saya akan share mengenai Kunci Jawaban Agama Islam Halaman 15-16 terima kasih sebelumnya untuk Anda yang masih setia mengunjungi blog @NifaFani. Baik langsung saja amri kita bahas bersama..

find me on instagram @nifafani


1. Sebutkan beberapa perbedaan Kiamat Sugr± dengan Kiamat Kubra!

Jawaban : Beberapa perbedaan antara Kiamat ·ugr± dan Kiamat Kubr± adalah Kiamat ·ugr± ditandai oleh peristiwa datangnya kematian bagi setiap makhluk termasuk manusia yang bersifat lokal dan individu, sementara Kiamat Kubr± ditandai oleh peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan seluruh makhluk dan nhancur leburnya alam semesta secara total dan serentak

2. Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam?

Jawaban : “Bumi beredar karena adanya daya tarik matahari terhadap bumi. Jika daya tarik matahari terhadap bumi berkurang, maka bumi akan bergeser dari matahari akibatnya putaran bumi semakin cepat dan akan mengalami nasib seperti meteor (menyala/hancur).

3. Bagaimanakah keadaan matahari ketika terjadi peristiwa kiamat menurut Teori Fisika?

Jawaban : Ketika matahari tidak muncul atau cahayanya redup karena tenaga/sinarnya habis, maka tidak ada angin dan awan serta hujan tidak akan turun. Maka gununggunung akan meletus, ombak bergulung-gulung, air laut naik maka hancurlah bumi ini sebagai tanda terjadinya kiamat

4. Jelaskan tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam akhirat!

Jawaban : Tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam Baqa’ adalah: 1) Yaumul Ba’a·, yaitu proses dibangkitkannya seluruh makhluk dari alam kuburnya; 2) Yaumul Ma¥syar, yaitu hari berkumpulnya manusia setelah dibangkitkan dari alam kubur; 3) Pemberian buku catatan di Alam Ma¥syar yang berisi semua perbuatan dan perkataan kita sewaktu hidup di dunia; 4) Yaumul his±b dan M³z±n, yaitu Yaumul ¦is±b adalah hari ketika Allah memperlihatkan semua amalan di akhirat untuk dihisab. Segala dosa besar dan kecil dihitung dengan seksama dan teliti. Sedangkan Yaumul M³z±n adalah hari di mana setiap orang ditimbang amalnya dengan seadiladilnya; 5) A£-¤irā¯ adalah jembatan yang terbentang di atas neraka menuju surga. Mudah atau sulitnya melewati Aș-¤irā¯ itu tergantung kepada amal setiap manusia; 6) Yaumul Jaz±', suatu hari ketika semua manusia akan menerima balasan Allah (Jaz±'). Balasan yang diterima seseorang sesuai dengan amalnya selama ia hidup di dunia; 7) Balasan perbuatan baik dengan surga; dan 8) Balasan perbuatan buruk dengan neraka.

5. Jelaskan pengertian surga menurut bahasa dan istilah, serta sebutkan 5 (lima) macam kenikmatan dalam surga!

Jawaban : “1) Surga menurut istilah al-Qur’±n adalah “Jannah” artinya kebun yang indah atau taman yang penuh hikmah; 2) Sedangkan menurut pengertian luasnya yaitu: (a) Tempat yang penuh keindahan, (b) kenikmatan, (c) kebahagiaan yang kekal abadi"

6. Salinlah dan terjemahkan beberapa ayat al-Qur’±n yang menggambarkan siksa neraka!

Jawaban : -

7. Jelaskan fungsi dan hikmah iman kepada Hari Akhir!

Jawaban : beberapa hikmah beriman kepada Hari Akhir adalah:
a. Muncul rasa kebencian yang dalam kepada kemaksiatan dan kebejatan moral yang mengakibatkan murka Allah di dunia dan di akhirat.
b. Menyejukkan dan menggembirakan hati orang-orang mukmin dengan segala kenikmatan akhirat yang sama sekali tidak dirasakan di alam dunia ini.
c. Senantiasa tertanam kecintaan dan ketaatan terhadap Allah dengan mengharapkan maμ’nah Nya pada hari itu.

8. Jelaskan pengertian neraka berikut ciri-cirinya!

Jawaban : Neraka menurut istilah dalam al- Qur'±n adalah “An-N±r”, artinya api yang menyala, tempat yang penuh siksaan. Ciri-cirinya adalah bahwa neraka merupakan tempat yang penuh dengan kegetiran dan kerasnya siksaan sebagaimana digambarkan melalui Firman Allah Swt. yang artinya: Memasuki api yang sangat panas (neraka), diberi minuman dengan air dari sumber yang sangat panas. Mereka tidak memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar". (Q.S. al-G±syiyah/88:4-7).

9. Jelaskan bukti-bukti kebenaran adanya Hari Akhir beserta alasanmu!

Jawaban : Bukti-bukti kebenaran adanya Hari Akhir antara lain adanya bukti inderawi sebagaimana yang diungkapkan oleh Imam Ath Thobari dan Ibnu Katsir bahwa telah diperlihatkan peristiwa-peristiwa yang menakjubkan di dunia ini di antaranya seperti dibawah ini:

a. Peristiwa pembunuhan yang dipermasalahkan oleh Bani Israil, dihidupkan kembali oleh Allah Swt. hanya dengan perantaraan daging sapi yang dipukulkan ke tubuh orang yang terbunuh (Q.S.al-Baqar±h/2:72-73 ).

b. Peristiwa Nabi Ibrahim dan burung-burung yang dicincangnya kemudian diletakkan di tiap-tiap bagian di atas bukit lalu Allah berfirman: “Panggillah! Niscaya mereka datang kepadamu dengan segera” (Q.S.al-Baqar±h/2:260).

10. Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada Hari Akhir? Jelaskan!

Jawaban : menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir" antara lain sebagai berikut:

a. Menunjukkan sikap bertanggung jawab. Hidup di dunia harus penuh hati-hati. Sikap dan perilaku senantiasa didasari dengan kebaikan sesuai tuntunan agama.

b. Menyadari bahwa sangat tidak ada artinya dan sangat kecil jika bukan karena Kebesaran Allah Swt., sehingga dapat menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam dirinya baik berupa kekayaan, kecantikan, ketampanan, kedudukan atau keturunan.

c. Menghindari dari perbuatan tidak baik, sehingga apapun yang diperbuat akan dipikirkan terlebih dahulu sesuai dengan norma agama.

d. Mengantarkan dan mengajak manusia untuk tetap melakukan amal baik.

e. Memperlihatkan perilaku akhlakul karimah, seperti mawas diri dan ikhlas dalam berperilaku yang didasarkan hanya untuk mencari keridhaan Allah Swt.


Baik, sekian dahulu postingan dari saya kali ini. Bilamana ada kurang maupun salahnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Bila Anda ingin menghubungi saya secara pribadi dapat melalui email stefanikristina@gmail.com atau DM instagram @nifafani.

Beberapa jawaban diatas saya ambil dari sumber buku pegangan guru yang mana Anda dapat mengunduhnya secara pribadi dan juga beberapa kawan serta relasi.


Untuk yang kepo mengenai sumber jawaban ini bisa kontak saya via email dan akan saya perkenalkan langsung dengan beberapa teman saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada orang-orang yang telah membantu dalam keberlangsungan blog ini.