Tugas Tutorial 1 Sistem Informasi Manajemen EKMA 4434

Tugas Tutorial 1 Sistem Informasi Manajemen EKMA 4434



Soal :

1. Dalam sebuah perusahaan, jika sistem penggajian merupakan sub dari subsistem . Jelaskan sistem apa yang merupakan subsistem, sistem, dan supra sistem?

2. Apakah ada hambatan atau kendala didalam pengembangan sistem informasi? Jelaskan!

3. Keputusan yang dibuat manajemen puncak membutuhkan informasi yang bersumber dari luar perusahaan. Jelaskan dan beri contoh salah satu keputusan yang dibuat manajer puncak dan informasi apa yang dibutuhkan dalam membuat keputusan tersebut!

4. Artifical Natural Network (ANN) merupakan sistem teknologi informasi yang berkembang akhir-akhir ini. Jelaskan apa itu ANN dan bagaimana peran ANN dalam perkembangan bisnis? Apakah ANN dapat menggantikan peran SDM dalam perusahaan?

5. Ada 3 jenis keputusan yang dibuat oleh manajemen sesuai tingkat manajemen, yaitu ada keputusan yang terprogram dan terstruktur ada keputusan semi terprogram atau semi terstruktur, dan ada keputusan tidak terprogram dan tidak terstruktur. Berikanlah contoh ketiga jenis keputusan tersebut didalam perusahaan dan hubungan informasi apa yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan tersebut. Misal keputusan waktu memesan bahan baku, ini keputusan terprogram dengan informasi yang dibutuhkan berupa persediaan bahan baku yang masih tersisa digudang.

Jawaban :

1. Jika sistem penggajian adalah sub dari subsistem, maka sistem akuntansi adalah suatu sistem, perusahaan adalah supra sistem dan industri adalah supra dari supra sistem (1.7-1.8)

2. Hambatan terbesar berasal dari para lapisan manajemen dari manajemen tingkat bawah. Permasalahan yang menjadi kendala dan hambatan sebagai berikut:
- pemahaman para pemakai tentang komputer yang masih kurang
- pemahaman para spesialis bidang informasi tentang bisnis dan peran manajemen yang masih minim
- relatif mahalnya harga perangkat komputer 
- ambisius para pengguna yang terlalu yakin dapat membangun sistem informasi secara lengkap, sehingga mendukung semua lapisan manajemen (browsing)

3. Manajer tingkat atas atau puncak lebih berorientasi pada masalah-masalah perencanaan strategis yang berhubungan dengan lingkungan luar perusahaan sehingga membutuhkan informasi dengan data yang bersumber pada eksternal perusahaan. Semakin atas tingkatannya, manajer, manajer juga membutuhkan informasi yang bersumber datanya berasal dari transaksi non keungan perusahaan.
misalnya..
Jika manajemen tingkat bawah merupakan  tingkat operational membutuhkan laporan yang terperinci mengenai semua penjualan yang terjadi untuk tiap-tiap daerah maka untuk manajemen tingkat atas atau puncak yang merupakan tingkatan strategis membutuhkan informasi yang lebih tersaring lagi, yaitu informasi total penjualan keseluruhan (3.20-3.22)

4. Artifical Neural Network (ANN) merupakan sistem teknologi informasi yang mencoba meniru kerja dari jaringan saraf otak. Perbedaannya dengan sistem informasi yang lain adalah ANN mempunyai kelebihan proses belajar seperti halnya otak sehingga proses yang sama selanjutnya akan dilakukan lebih baik.
Dalam perkembangan bisnis ANN digunakan untuk memilih saham terbaik dipasar modal << contohnya.
ANN memang dapat menggantikan peran SDM dalam perusahaan namun dalam sistem akuntansi ANN menjadi alat untuk membantu manusia dalam melakukan atau menyelesaikan pekerjaannya (memudahkan) 2.8-2.9

5. Contoh tipe keputusan :

1. Keputusan tidak terstruktur atau tidak terprogram :
>> Keputusan untuk bergabung dengan perusahaan lain.
2. Keputusan setengah terstruktur atau setengah terprogram
>> Keputusan membeli sistem komputer yang lebih canggih
>> Keputusan alokasi dana promosi
3. Keputusan Terprogram / Keputusan Terstruktur
>> Keputusan pemesanan barang
>> Keputusan penagihan piutang (3.6-3.7)

jawaban dari soal-soal diatas dapat disempurnakan kembali dan yang ada di blog ini bisa menjadi aternatif jawaban. terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tugas Tutorial 1 Sistem Informasi Manajemen EKMA 4434"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel