15 Soal SBMPTN Ekonomi 3

Selamat siang, siang ini pukul 10:31 ,, Hmm tak terasa waktu cepat sekali berlalu. Baru saja saya bertemu dengan tetangga sebelah yang ingin menawarkan baju-bajunya. Kaget sih, padahal saya sedang tidak berniat untuk membeli baju. Orang duit lagi nipis wkwk *jk*

Aduh selalu saja opening nya saya curhat. Oke langsung saja yuk kita bahas bersama ^^



EKONOMI

1. Tidak seorang pun menadi lebih baik (better off) tanpa menyebabkan orang lain menjadi lebih buruk (worse off). Hal ini merupakan konsep ….

A. pareto improvement
B. population optimum
C. pareto optimum
D. efficiency optimality 
E. social welfare

2. Permintaan terhadap suatu barang tidak dipengaruhi oleh faktor .... ..

A. jumlah penduduk 
B. pendapatan
C. kemajuan teknologi
D. harga barang lain
E. selera konsumen

3. Berikut ¡ni tidak termasuk faktor yang menggeser ke kanan kurva permintaan telepon genggam merek “Dering” adalah ....

A. bertambahnya jumlah pembeli
B. turunnya harga pulsa
C. naiknya harga telepon genggam merek “Ding dong” .
D. naiknya pendapatan
E. turunnya harga telepon gengam merek “Dering’

4. Kelompok barang yang menjadi pemicu inflasi tinggi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini adalah ….

A. apel, pepaya, mangga, pisang, dan semangka
B. bus, truk, mobil, sepeda motor, dan sepeda
C. tanah, apartemen, gedung, rumah-toko, dan rumah Tempat tinggal
D. beras, gula, lauk pauk, gas elpiji, dan minyak goreng
E. berlian, emas, batu permata, barang antik, dan mobil mewah

5. Suatu perekonomian terbuka memiliki model makro: Fungsi konsumsi C = 100 + 0,75 Y, investaSi (I) = 25 pengeluaran pemerintah (G) = 20, ekspor (X) 60, dan impor (M) = 30. Berdasarkan model tersebut, keseimbangan pendapatan nasional (Y) adalah….

A. 940
B. 850
C. 700
D. 400
E. 350 .

6. Ekspor udang Indonesia ke Jepang akan menurun apabila ....

A. pendapatan masyarakat Jepang naik
B. pendapatan masyarakat Indonesia naik
C. pendapatan masyarakat Indonesia turun
D. terjadi apresiasi rupiah terhadap yen
E. terjadi depresiasi rupiah terhadap yen

7. Manfaat perencanaan bagi kegiatan usaha suatu organisasi adalah ....

A. agar lebih logis dan rasional dalam mencapai tujuan organisasi
B. agar lebih fleksibel dalam mencapai tujuan organisasi
C. agar lebih komprehensif dalam memandang tujuan organisasi
D. untuk memfokuskan kegiatan usaha organisasi
E. untuk membangun komitmen anggota organisasi

8. Kekuasaan tertinggi dalam koperasi berada pada ....

A. pengurus koperasi
B. ketua koperasi
C. manajer koperasi
D. dinas koperasi
E. rapat anggota koperasi

9. Aturan pencatatan transaksi yang lidak tepat adalah

A. transaksi di sisi kredit menurunkan jumlah akun dividen
B. transaksi di sisi debit meningkatkan jumlah akun modal saham biasa
C. transaksi di sisi kredit meningkatkan jumlah akun modal saham biasa
D. transaksi di sisi kredit meningkatkan jumlah akun pendapatan
E. transaksi di sisi debit menurunkan jumlah akun habilitas (kewajiban)

10. pada tanggal 1 Januari 2014, PT Chandra Kirana membeli peralatan sebesar Rp45.000.000,00. Perusahaan menerapkan perhitungan depresiasi Sebesar Rp600.000,00 per bulan. Pada tanggal 31 Januari 2015, nilil akumulasi depresiasi peralatan tersebut adalah ....

A. Rp600.000,00
B. Rp7.200.000,00
C. Rp7.800.000,00
D. Rp8.700.000,00
E. Rp37.200.000,00

11. Kurva permintaan yang berbentuk patah terjadi pada pasar persaingan monopolistik dan pasar monopoli.

SEBAB

Pada pasar monopoli, kurva permintaan perusahaan sama dengan kurva permintaan pasar,

12. Pertumbuhan ekonomi daerah menunjukkan pertum buhan nil barang dan jasa yang diukur dengan data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) harga konstan.

SEBAB

Penghitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dapat dilakukan dengan metode pengeluaran, pendapatan, dan produksi.

13. Manfaat utang luar negeri bagi perekonomian Indonesia adalah.....

(1) sebagai salah satu sumber pembiayaan pembangunan nasional
(2) meningkatkan ekspor Indonesia
(3) memperbaiki neraca pembayaran Indonesia yang defisit
(4) meningkatkan daya saing nasional

14. Berikut ini yang merupakan fungsi perencanaan adalah

(I) menjadi suatu pedoman
(2) meminimalkan dampak perubahan
(3) meminimalkan pemborosan
(4) menetapkan standar dalam pengawasan kualitas

15. Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam menentu kan jenis produk yang akan dihasilkan oleh seorang Wirausahawan adalah ....

(1) persaingan dalam pasar
(2) permintaan konsumen
(3) kemampuan produksi
(4) modal yang dimiliki


Nahh sekian dahulu yahh dari penulis. Dirumah penulis lagi terjadi ledakan bom api nih. bikin kesel sih kadang. cuma gimana lagi, penulis mau mengungsi kemana? rasanya belum ada tempat yang pas buat penulis ngungsi nih wkwk.

Oke sekian dahulu yahh nantikan postingan-postingan yang lainya.