Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Saat ini uang merupakan segala-galanya untuk semua orang, Tidak peduli kecil atau besar. Tua atau muda semua membutuhkan uang dan menganggap uang sangat berarti. Mengapa? Karena tanpa uang mungkin kita tidak dapat melangsungkan hidup.Kini uang merupakan alat bantu tukar yang utama dan terutama dan di gunakan di seluruh manusia di muka bumi ini.

Uang yang dianggap penting dan berarti dan memiliki pengaruh ini bisa di identikan denga kekayaan. Dengan uang di hubungkan dengan kekayaan dan banyak orang yang menganggap bahwa semua dapat dibeli dengan uang. Namun mengertikah kita apakah itu uang? Pengertian uang? Definisi Uang ?Serta fungsi uang?

Berikut adalah pengertian uang menurut para ahli :

Yang pertama adalah menurut Albert Gailort Hart yang dalam bukunya yang berjudul Money Debt and economic Activity menyebutkan bahwa definisi uang adalah merupakan suatu kekayaan yang dimiliki oleh seseorang atau jumlah tertentu pada waktu tertentu pula yang digunakan untuk melunasi utang.
Lalu yang kedua adalah menurut A.C Pigou yang dalm bukunya yang berjudul The Vell Of Money mengatakan bahwa uang merupakan sesuatu yang umum untuk di gunakan sebagai alat tukar.
Sedangkan menurut H.Robertson mengatakan bahwa uang merupakan segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang maupun jasa dalam bukunya yang berjdul Money.
Yang keempat adalah menurut Rollin G.Thomas yang dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System mengatakan bahwa uang merupakan sesuatu yang tersedia serta umumnya digunakan sebagai alat pembayaran jasa dan barang serta sebagai pelunasan hutang.
Dan yang terakhir adalah menurut Walker yaitu bahwa uang adalah uang yang berarti uang adalah semua hal yang di lakukan oleh uang tersebut. Dia berkata bahwa " Money is what money does " yang berarti bahwa uang adalah semua hal yang dapat di lakukan oleh uang itu karena fungsinya sebagai uang bukan fungsi yang lain-lain.
Adapun menurut ensiklopedi Indonesia mengatakan bahwa uang merupakan segala sesuatu yang biasanya di pergunakan serta di terima secara umum untuk alat penukar nilai yang telah ditentukan untuk standar uang , daya beli , dan garansi menanggung utang.
Dan yang terakhir adalah definisi uang menurut hukum yaitu , uang adalah suatu benda atau alat yang digunakan untuk membayar atau biasa di sebut dengan alat pembayaran yang sah serta secara fungsional uang merupakan suatu benda yang dapat duigunakan sebagai alat pembayaran atau penukaran dengan barang atau jasa sesuai dengan satuan hitung untuk menyatakan nilai.

Jika diringkas dapat kita simpulkan bahwa uang digunakan sebagai alat tukar , satuan hitung serta alat penyimpanan nilai. Secara umum fungsi uang ini dikembalikan kepada kita yang memakai menggunakannya untuk apa , sebagai apa , dan di tukarkan dengan apa untuk mendapatkan apa.
Sedangkan menurut sejarahnya , uang terus dan terus berkembang seiring perkembangan zaman yang terus maju atau teknologi. Contohnya saja kini di Indonesia akan di luncurkan uang baru yang masih belum ada di masyarakat karena masih di rundingkan. Oleh karena itu mari kita tunggu uang yang akan di luncurkan di tengah masyarakat kita ini.