Bahasa Indonesia - Seni Berpantun

Pertama-tama saya ingin bertanya , pernahkah mendengar lagu mengenai Rasa Sayange ? Nah kali ini saya akan membahas sesuatu yang behubungan dengan lagu tersebut.

Pernah kah kita tahu tentang pantun? Pantun adalah salah satu jenis sasta lisan yang berbentuk puisi.  Di negara Indonesia , pantun ini di kenal dengan nama yang berbeda-beda. Seperti di jawa , pantun di kenal dengan nama parikan lalu dalam bahasa minang pantun yang berasal dari kata patutun atau ' petutun ' sedangkan dalam bahasa indonesia pantun dikenal dengan sebutan paparikan. Begitu pula di masyarakat Batak pantun lebih dikenal dengan sebutan umpama atau ende-ende dan masyarakat Toraja mengenalnya dengan londe.Orang Ambon atau Aceh juga lebih mengenal pantun dengan sebutan panton lalu ada pula orang Bengkulu dengan menyebutkan rejong. Nah setiap daerah di Indonesia ini memiliki bentuk teks pantun meski semua wilayah memiliki nama sebutan masing-masing dan berbeda. Pantun yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia ini membuktikan bahwa pantun merupakan sastra lama yang telah hidup dalam kebudayaan Indonesia bahkan sebelum kita lahir dan sangat di sukai oleh masyarakat Indonesia dan termasuk dalam kebudayaan Indonesia yang perlu untuk kita lestarikan.

Lalu apakah hanya didalam negeri saja pantun itu ada ? TIDAK !!!

Pantun di luar negeri pun juga ada. Seperti di Eropa - Spanyol , pantun di kenal dengan nama copla , lalu di Bayern ( German ) di sebut dengan schnadahufle , dll.


Mengapa demikian? Karena pantun merupakan sebuah alat atau media untuk menyalurkan suatu maksud serta dapat di gunakan dalam segala suasana serta keadaan. Pantun juga dapat sebagai media komunikasi serta sebagai pemeliharaan bahasa ^^

Nah masih kah kita ingat mengenai lagu * Rasa Sayange * ??

Lagu Rasa Sayange ini merupakan lagu daerah yang berasal dari Maluku , Indonesia yang digunakan untuk mengungkapkan rasa sayangnya terhadap lingkungan.Rakyat Maluku pun sudah menganggap lagu ini biasa sehingga hampir selalu mereka menyanyikannya yang telah merupakan tradisi turun - temurun.


Pantun umumnya mengandung arti khusus karena umumnya pantun memikiki pesan tersendiri bagi seseorang :)

Untuk lebih paham mengenai pantun , mari kita lebih memahami tentang pantun yang konon dapat digunakan seseorang untuk berpikir secara asosiatif tentang satu kata dengan kata yang lainnya.
Sumber : Buku paket bahasa Indonesia pemerintah halaman 67-69