Pengertian Kewirausahaan

Hai :D Selamat pagi , salam sejahterah untuk kita semua :D
Pagi ini karena saya seperti biasa tidak ada kerjaan apa-apa  hehe , setelah membersihkan rumah dan menyiapkan keperluan di pagi hari , rasanya saya ingin memposting sesuatu :D
Karena masih pagi , jadi yah.. yang ringan-ringan deh hehe :D

Langsung saja , saya akan membahas tentang pengertian kewirausahaan ^^

Kini pada setiap sekolah-sekolah menengah atas atau sekolah kejuruan telah mengajarkan tetang kewirausahaan . Jangan kan sekolah menengah atas atau kejuruan , sekolah menengah pertama pun telah didik atau di kenalkan sejak dini mengenai cara - cara berwirausaha atau setidaknya telah di perkenalkan tentang kewirausahaan :) Dan di harapkan mereka dapat membuka lapangan pekerjaan atau membuka suatu usaha agar nantinya angka pengangguran dapat berkurang :D 

Pada umumnya kini siswa dan siswi sekolah-sekolah kejuruan telah di tuntut untuk berkreasi menciptakan ide bagaimana sih caranya agar para siswa dan siswi ini dapat mempunyai suatu usaha atau membuka lapangan pekerjaan ? Mereka diminta untuk merintis usaha sendiri dengan modal awal yang kecil . Dengan begitu mereka dapat mengerti bagaimana caranya dari hal yang kecil itu dapat menjadi hal yang besar .

Nah , bila kita sudah terus menerus membahas tentang kewirausahaan , jadi apa sih kewirausahaan itu ? Dewasa ini telah banyak orang yang berwirausaha namun belum mengerti apa arti dari " kewirausahaan " itu sendiri :)

Hmm kewirausahaan itu memiliki arti yang cukup luas. Ada yang mengartikan sebagai bekerja sendiri atau dalam bahasa inggrisnya itu self employment . Ada juga yang mengatakan bahwa kewirausahaan ada suatu kegiatan yang di dasari adanya peluang , dimana peluang itu ada peluang untuk berusaha . Nah seorang wirausahawan umumnya memiliki motivasi , panggilan jiwa , persepsi , serta emosi yang sangat terkait dengan nilai sikap dan perilaku sebagai manusia yang unggul. Mengapa ? Karena setiap entrepreneur atau wirausahawan itu memiliki cara berpikir yang berbeda dari manusia yang lainnya.

Lalu bagaimana pengertian kewirausahaan menurut para ahli? 

Pengertian kewirausahaan menurut para ahli :
Peter F Dricker yang berpendapat kewirausahaan merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda atau dalam bahasa inggrisnya adalah ability to create the new and differentAcmad Sanusi pada tahun 1994 berpendapat bahwa kewirausahaan adalah suatu nilai yang di wujudkan dalam perilaku yang di jadikan suatu dasar dalam sumber daya , tenaga penggerak , lalu tujuan , siasat , serta kiat , proses , dan hasil dalam suatu bisnis. Robbin dan Coulter yang berpendapat bahwa kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari peluang yang di gunakan untuk menciptakan nilai dan tumbuh dengan memenuhi keinginan serta kebutuhan melalui inovasi dan keunikan. menurut Soeharto Prawiro pada tahun 1997 yang berpendapat bahwa kewirausahaan adalah suatu nilai yang di perlukan untuk memulai suatu usaha atau dapat di katakana start up phase dan usahanya berkembang atau venture growth.

Bila di simplkan , kewirausahaan ada suatu kemampuan untuk " mandiri " dalam segala hal dalam upaya untuk membangun suatu usaha . Usaha itu juga beraneka macam . Seorang wirausaha juga adalah seorang yang bisa mengejar peluang. Karena diamana ada peluang maka seharusnya disitu ada seorang wirausahawan :))

Oke sekian dahulu postingan saya pagi ini :D