Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 70

Selamat malam dan selamat bermalam minggu para pembaca setia blog @NifaFani, kali ini langsung saja yuks.. 



masih sama, jawaban ini dari teman saya @putriangr


1.      Coba kalian klasifikasikan sumber keuangan Negara Republik Indonesi, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

·         Pajak: Iuran wajib yang dibayar kan oleh wajib pajak berdasarkan norma- norma hokum tanpa mendapat balas jasa secara langsung.
·         Denda dan Sita: Bentuk penegakan disiplin dan karakter warga dengan cara memberikan hukuman financial terhadap sebuah pelanggaran

2.      Jelaskan kewenangan Bank Indonesia selaku pemegang kekuasaan monoter di Indonesia?

·         Kekuasaan moneter, yaitu kekuasaan untuk menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta memelihara kestabilan nilai rupiah.
Seperti:
o   Operasi Pasar Terbuka (Open Market Operation)
Operasi pasar terbuka adalah cara mengendalikan uang yang beredar dengan menjual atau membeli surat berharga pemerintah (government securities).
o   Rasio Cadangan Wajib (Reserve Requirement Ratio)
Rasio cadangan wajib adalah mengatur jumlah uang yang beredar dengan memainkan jumlah dana cadangan perbankan yang harus disimpan pada pemerintah. Untuk menambah jumlah uang, pemerintah menurunkan rasio cadangan wajib.

3.      Siapa saja yang menjadi objek pemeriksaan BPK? Apa saja yang diperiksa oleh BPK?

·         pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.
·         BPK memeriksa seluruh keuangan negara, yang meliputi penerimaan negara (baik berupa pajak dan non pajak, seluruh asset dan utang-piutang negara, penempatan kekayaan negara) serta penggunaan pengeluaran negara.

4.      Sesuai tuntutan UUD NRI 1945, saat ini telah berdiri berbagai lembaga penegak hukun seperti Mahkama Agung, Mahkama Kostitusi, Komisi Yudisial, Kepolisian, Kejaksaan, dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Akan tetapi kasus-kasus pelanggaran hokum masoh saja terjadi, bahkan cenderung meningkatkan. Berkaitan dengan hal tersebut, lakukanlah kegiatan berikut.

a.       Coba kalian identifikasi factor penyebab masih maraknya kasus pelanggaran hukum.
·         Karena penegak hukum di indonesia belum banyak dan kuranganyasikaptegas,sehingga orang dengan mudah melakukan pelanggaran hukum.

b.      Rumuskan solusi untuk mengatasi hal tersebut menurut pendapat kalian.
·         Adanya generasi penerus yang peduli dengan hukum di Indonesia dan ketegasan dalam mengatasi tindakan pelanggaran hukum apa saja, sehingga pelanggaran tidak merajalela seperti sekarang ini.

Jangan lupa yah untuk koreksi terlebih dahulu..


Berlangganan update artikel terbaru via email:

29 Responses to "Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 70"

  1. Replies
    1. Senang bisa membantumu, jangan lupa untuk di koreksi yaa

      Delete
  2. makasih banyak kaaaak,,,

    jwban hal 41 kok gak ada??

    ReplyDelete
  3. Makasih banyak kak...
    Sangat membantu banget

    ReplyDelete
  4. kak, izin copas ya. buat bantu temen yg lain di 'brainly'.
    nanti kakak juga aku promosiin kok :)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. makasih jawabannya kawan :) aku cuma mau nambahin jawaban aja yang soal nomor 1
    sumber keuangan Negara Republik Indonesia yang berasal dari dalam negeri selain pajak, denda dan sita ada juga retribusi, keuntungan perusahaan negara, Keuntungan BUMN, Pinjaman dan Hibah (Bantuan), Penjualan Kekayaan Negara, Penerimaan Bea dan Cukai.
    Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukan dan tambahan jawabannya :)

      Delete
  9. yeaaah , sangat membantu sekali makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang dapat bermanfaat.. terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  10. woy siapa penulis ini blog!? keren banget, makasih banyak ya dengan ini tugas gw bisa selesai dalam sekejap,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama".. mohon di koreksi dan dicermati terlebih dahulu

      Delete
  11. makasih banget yaaaa, berguna banget serius deh. four thumbs up lahh

    ReplyDelete
  12. Klw boleh itu yg no 4 bisa dijadikan tabel ngak? 2 kolom yg satunya faktorx yg satux solusinya!!

    ReplyDelete
  13. Thanks kak, it's so helpful for us ;)

    ReplyDelete
  14. Arigatou Guzaimasu :) Terima Kasih Sungguh Membantu (y)


    #Animers#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe aku ga bisa bahasa Jepang nih.. Senang bisa membantumu :)

      Delete
  15. izin Copy gan buat Optimasi SEO :) izin Gan

    ReplyDelete
  16. arigato gozaimasu :D wey di atas ada animers juga :v

    ReplyDelete
  17. terimakasih. sangat membantu :D

    ReplyDelete

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel