Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 14

Selamat Pagi :D
Ditemani oleh lagunya RAN - Selamat Pagi , kali ini saya akan membahas tentang soal PKN yang ada pada halaman 14 , sebelumnya Anda tentu sudah membaca halaman 13 bukan ? Tentang Teks " Kesadaran Bayar Pajak Warga Masih Rendah " Hayoo buat yang sudah baca , merasa sudah bayar pajak atau belum (?) hehehe :D

Oke langsung saja yukk kita bahas soal-soal dari kasus nya :D

Pertanyaan :
1. Apa saja yang menyebabkan rendahnya kesadaran membayar pajak ?

Jawaban :
Penyebab rendahnya kesadaran untuk membayar pajak di karenakan sebagian masyrakat masih belum paham mengenai keberadaan pajak , fungsi pajak , dan manfaat dari pajak. Perlu adanya penyuluhan itu penting, oleh karena itu kurikulum 13 di ciptakan untuk membangun karakter anak bangsa atau bisa di katakan memperbaiki karakter :D

Pertanyaan :
2. Jelaskan akibat yang akan diterima negera ketika pendapatan dari pajak terus mengalami penurunan.

Jawaban :
Akibat yang akan di terima negara bila masyarakat masih saja tidak sadar akan pentingnya pajak lalu juga enggan untuk membayar pajak , maka negara tidak akan berkembang dan yang ada suatu negara itu tidak akan tumbuh. Bila pajak terus mengalami penurunan , maka fuad optimistis tax ratio tidak akan terus tumbuh dan pembangunan tidak dapat dilakukan dengan maksimal.

Pertanyaan :
3. Apa saja solusi yang sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak ? Bagaimana tingkat keberhasilan dari solusi tersebut ?

Jawaban ;
Tentu pemerintah telah melakukan berbagai solusi untuk meningkatkan kesadaran warga negaranya dalam membayar pajak , misalnya melalui iklan di sosial media atau stasiun televisi , lalu adanya penyuluhan , bimbingan dari sekolah ( di berikan kepada siswa sejak dini ) dan masih banyak lagi , namun rupanya kesadaran itu masih belum juga muncul . Terbukti persentase pada kasus " Kesadaran Bayar Pajak Warga Masih Rendah " ini dikatakan bahwa perusahaan yang seharusnya 6 juta yang membayar pajak hanya 520 ribu perusahaan , sedangkan wajib pajak pribadi baru 30 persen yang bayar. Nah , bukankah usaha pemerintah belum berhasil ?

Pertanyaan :
4. Kemukakan solusi yang kalian tawarkan untuk meningkatkan kesadaran warga negera dalam membayar pajak dan kesadaran melaksanakan kewajiban lainnya sebagai warga negara.

Jawaban :
Solusi yang akan saya tawarkan sebagai warga negara untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak dan kesadaran melaksanakan kewajiban lainnya sebagai warga negara adalah pemerintah dapat menuntaskan pelaku-pelaku para anggota perwakilah rakyat yang korupsi. Nah dengan begitu mereka dapat menjadi contoh untuk masyarakat , serta masyarakat tidak lagi enggan untuk membayar pajak , karena mereka percaya pada negara.

Pertanyaan :
5. Kemukakan kasus lain yang berkaitan dengan pengingkaran kewajiban warga negara yang pernah terjadi di daerahmu. Serta bagaimana proses penyelesaiannya?

Jawaban :
Bila ditanya kasus yang sama yang terjadi pada daerah saya adalah ketika setiap warga sekitar di minta untuk turut berpartisipasi dalam membersihkan gang kampung namun justru ada warga yang tidak ingin ikut berpartisipasi pada hari yang telah di tentukan. Sebagai hukuman atau lebih tepatnya sanksi agar hal itu tidak terulang kembali , maka ketua RT pun memberikan peringatan bagi warga yang tidak turut berpartisipasi maka akan dikenakan denda sebanyak 20.000 rupiah :D

SELESAI :))

Sekian dulu postingan dari saya