Disintegrasi Bangsa Indonesia

     Selamat malam, hari ini saya akan menshare.. Apa sih disintegrasi. Seringkali kita di hadapkan dengan disintegrasi bangsa.. Namun, mengertikah kita akan arti dari disintegrasi?

    Disintegrasi adalah suatu kelompok atau individu yang ingin memisahkan diri dari suatu kelompok yang disebab kan karena perbedaan ideologi, perbedaan prinsip, perbedaan perjuangan, perbedaan sara, dll..

      Perbedaan Idielogi contohnya ada suatu kelompok yang ingin mengganti Pancasila seperti Gerakan DII/NII ( Negara kita mau di ubah ke Islam  )

Munculah NASAKOM yaitu suatu organisasi yang didirikan oleh Ir.Soekarno bersifat nasionalis.

Contoh lain dari disintergrasi bangsa adalah adanya RMS ( Republik Maluku Serikat ) 
Pada tahun 1998 pun sama, Runtuhnya order baru, banyak wilayah yang ingin memisahkan diri dengan Indonesia, contohnya Madura.

Untuk mengatasi setiap masalah tersebut, maka pemerintah membuat aturan atau kebijakan yaitu otonomi daerah. Otonomi daerah adalah undang-undang untuk mengantisipasi agar setiap daerah tidak minta untuk merdeka.

Namun dengan adanya otonomi daerah ini pun tidak membuat suatu permasalahan selesai. Contohnya saja kemudian ada masalah baru muncul yaitu Surabaya, Bungurasih dan Sidoarjo kemudian Bandara Juanda ini adanya bibit-bibit perpecahan.

Lalu di Aceh yang menggunakan peraturan Islam juga merupakan salah satu contoh dari adanya otonomi daerah. 

Ada organisasi yang didirikan oleh Soekarno dan Joseph Brosh Tito yang tidak membeda-bedakan masyrakat yaitu organisasi non block.

Untuk mengantisipasi adanya disintegrasi maka kita perlu untuk saling menghormati, saling menghargai, dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Sekian dahulu dari saya, bila ada kurang maupun lebihnya mohon maaf..

Salam Stefani