Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Bab 4 Kelas 12 Part 2

Malam ini ditemani oleh bintang saya yang selalu bersinar meski kini tak lagi bersama dan juga seorang teman yang kini tengah berada di Blitar, saya akhirnya memutuskan untuk kembali terus upload mengenai kunci jawaban soal sejarah Indonesia. Bilamana mungkin Anda mendapatkannya nih bisa di cek. Sumbernya jelas kok, dari buku sejarah Indonesia kelas 12 bab 4 :D

find me on instagram @nifafani


Mari langsung saja kita bahas satu persatu..

1. Jelaskan sebab-sebab dilakukannya rehabilitasi ekonomi Orde Baru!

Jawaban : stabilisasi polkam diperlukan untuk pembangunan ekonomi bagi kesejahteraan rakyat. Kondisi ekonomi yang diwarisi Orde Lama adalah sangat buruk. Kemudia untuk memperbaikinya berlandasan dengan Tap MPRS No.XXIII/1966, mengharuskan diutamakannya masalah perbaikan ekonomi rakyat di atas segala soal-soal nasional yang lain, termasuk soal-soal politik. Konsekuensinya kebijakan politik dalam dan luar negeri pemerintah harus sedemikian rupa hingga benar-benar membantu perbaikan ekonomi rakyat. Namun alasan utama sebab dilakukannya rehbilitasi ekonomi Order Baru karena adanya hutang piutang Indonesia yang menyebabkan kondisi ekonomi memburuk.

2. Jelaskan landasan dilakukannya rehabilitasi ekonomi dan prioritas pelaksanaan!

Jawaban : Program rehabilitasi ekonomi Orde Baru dilaksanakan berlandaskan pada Tap MPRS No.XXIII/1966, dan prioritas pelaksanaannya dilakukan untuk memperbaiki ekonomi rakyat dan juga terdapat beberapa kebijakan politik baik dalam maupun luar negeri demi membantu perbaikan ekonomi rakyat.

3. Jelaskan diplomasi ekonomi yang dilakukan pemerintah Orde Baru dalam rangka rehabilitasi ekonomi!

Jawaban : Sejalan dengan upaya diplomasi ekonomi, pada 10 Januari 1967 pemerintah Orde Baru memberlakukan UU No.1 tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing (PMA) . Dengan UU PMA, pemerintah ingin menunjukan kepada dunia internasional bahwa arah kebijakan yang akan ditempuh oleh pemerintah Orde Baru, berbeda dengan Orde Lama. Orde Baru tidak memusuhi investor asing dengan menuduh sebagai kaki tangan imperialisme. Sebaliknya, aktivitas mereka dipandang sebagai prasyarat yang dibutuhkan oleh sebuah Negara yang ingin membangun perekonomiannya. Dengan bantuan modal mereka, selayaknya mereka didorong dan dikembangkan untuk memperbanyak investasi dalam berbagai bidang ekonomi. Sebab dengan investasi mereka, lapangan kerja akan segera tercipta dengan cepat tanpa menunggu pemerintah memiliki uang terlebih dahulu untuk menggerakan roda pembangunan nasional.

4. Kaitkan berdirinya IGGI dengan rehabilitasi ekonomi Orde Baru. Jelaskan!

Jawaban : Upaya diplomasi ekonomi ke negara-negara Barat dan Jepang itu, tidak hanya berhasil mengatur penjadwalan kembali pembayaran hutang Negara dan swasta yang jatuh tempo, melainkan juga mampu meyakinkan dan menggugah negara-negara tersebut untuk membantu Indonesia yang sedang terpuruk ekonominya. Hal ini terbukti antara lain dengan dibentuknya lembaga konsorsium yang bernama Inter Governmental Group on Indonesia (IGGI) . Proses pembentukan IGGI diawali oleh suatu pertemuan antara para Negara yang memiliki komitmen untuk membantu Indonesia pada bulan Februari 1967, di Amsterdam. Inisiatif itu datang dari pemerintah Belanda. Pertemuan ini juga dihadiri oleh delegasi Indonesia dan lembaga-lembaga bantuan internasional. Dalam pertemuan itu disepakati untuk membentuk IGGI dan Belanda ditunjuk sebagai ketuanya.

5. Jelaskan upaya yang diprogramkan di dalam negeri bagi rehabilitasi ekonomi!

Jawaban : Selain mengupayakan masuknya dana bantuan luar negeri, pemerintah Orde Baru juga berupaya menggalang dana dari dalam negeri yaitu dana masyarakat. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pemerintah bersama– sama Bank Indonesia dan bank-bank milik negara lainnya adalah berupaya agar masyarakat mau menabung. 

Baik, sekian dahulu postingan dari saya kali ini. Mohon maaf bilamana ada kesalahan. Bilamana ada yang kurang berkenan, Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau langsung kontak saya bertemu langsung bilamana Anda mengenal saya. Namun mohon maaf saya harap Anda tidak membuat statment yang tidak-tidak hanya untuk menjatuhkan saya. Bilamana ada yang tidak senang dari saya dapat Anda katakan secara langsung face to face dengan saya bilamana Anda memang seorang yang benar-benar dewasa.