Ringkasan Bab 1 Akuntansi Kos dan Perusahaan Manufaktur






Akuntansi Biaya - Akuntansi Kos Pengantar : Rangkuman dari Modul berupa pertanyaan dan dirangkum melalui jawaban yang tersedia.

akuntansi biaya
stefanikristina.com


  • -          Apa hubungan antara Akuntansi Kos, dengan Akuntansi Keuangan dan Manajemen?


Akuntansi Kos
Akuntansi Keuangan
Akuntansi Manajemen
Menyediakan informasi yang digunakan dalam pembuatan laporan keuangan.
Dalam laporan keuangan, khususnya neraca perusahaan manufaktur, terdapat beberapa akun yang informasi mengenainya disediakan oleh Akuntansi Kos.
Terfokus pada pengumpuan informasi yang digunakan dalam pembuatan laporan keuangan.
Laporan keuangan meliputi: Neraca, Laporan laba rugi, Laporan perubahan modal, laporan aliran kas.
Akuntansi kos menyediakan informasi tambahan yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan-laporan khusus bagi manjamen. Laporan ini nantinya akan digunakan sebagai pengambilan keputusan.

Jawaban : Jadi akuntansi kos berhubungan dengan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Akuntansi kos enyediakan informasi tambahan untuk pengumpulan informasi oleh akuntansi keuangan yang digunaka dalam pembuatan laporan. Lalu akuntansi kos dengan akuntansi manajemen juga saling berhubungan karena informasi tambahan yang disediakan akuntansi kos dibutuhkan untuk pembuatan laporan tambahan dan pengambilan keputusan bagi akuntansi manajemen.

  • -          Apa guna data akuntansi kos yang disediakan oleh akuntansi kas?


Jawaban :

1. Penentuan kos produk dan harga jual

Prosedur-prosedur akuntansi kos menghasilkan data dan informasi yang dapat di gunakan untuk menentukan kos produk sehingga menghasilkan makna pada laporan-laporan lain yang relevan bagi manajemen.

2. Perencanaan dan pengendalian

Pada perencanaan dan pengendalian, akuntansi kos membantu proses perencanaan dengan memberikan data kos historis yang menjadi dasar proyeksi kedepan . Manajemen dapat menganalisis data dan mengestimasi kos dimasa depan.


  • -          Apa yang dimaksud akuntansi kos sebagai sebuah system?


Jawaban : Untuk menjelaskan akuntansi sebagai sebuah system, mari kita ketahui dahulu apa tujuan dari akuntansi? Lalu bagaimana cara mencapainya?

Tujuan utama akuntansi adalah menyediakan informasi finansial terkait dengan aktivitas ekonomik entitas. Nah ntuk mencapai tujuan ini terdapat beberapa prosedur yang harus dilaksanakan. Kumpulan dari prosedur ini pada hakikatnya adalah sebuah system.

Akuntansi kos merupakan system yang bertujuan menyediakan informasi kos terkait produksi produk ( barang ) dan jasa.

  • -          Pengertian kos, apa bedanya kos, biaya dan rugi?


Jawaban :

Kos
Biaya
Rugi
Nilai dari asset yang diberikan atau akan diberikan untuk memperoleh asset.
Nilai dari asset yang diberikan untuk menghasilkan pendapatan.
Jika asset yang diberikan ternyata tidak menghasilkan apapun.

Contoh:

Apabila ada sebuah asset yang digunakan untuk memperoleh bahan habis pakai maka asset itu disebut kos bahan habis pakai. Namun apabila bahan habis pakai digunaka untuk menghasilkan pendapatan maka kos tandi menjadi biaya. Nah, apabila asset tadi tidak menghasilka pendapatan atau asset lain apapun maka asset tersebut dalam akuntansi disebut rugi.

  • -          Kapan kos produk akan menjadi kos periode?


Jawaban :
  • -          Apa perbedaan dan persamaan kos prima dan kos konversi?


Jawaban :

Kos Prima
Kos Konversi
Bahan baku dan tenaga kerja langsung. Kos prima merupakan kos yang terkait langsung dengan produksi ( bahan baku ).
Kos yang terkait dengan pentraformasian atau pengonversian bahan baku menjadi produk jadi.
Pos Konversi : Tenaga kerja dan overhead pabrik.

  • -          Apa perbedaan antara kos langsung dan kos tak langsung?


Jawaban :

Kos Langsung
Kos Tak Langsung
Kos yang manajemen mampu melacak kos ini pada produk, departemen, atau aktivitas tertentu yang menikmati kos tersebut
Kos yang sulit dilacak pada produk, departemen, atau aktivitas tertentu/

  • -          Jelaskan aliran kos produksi pada perusahaan pemanufakturan!


Jawaban :  
aliran kos produksi perusahaan manufaktur
stefanikristina.com


Gambar diatas adalah mengilustrasikan aliran kos yang terjadi di perusahaan pemanufakturan.
Setiap elemen yang digunakan dalam proses produksi memiliki kos dan kos ini dalam proses produksi akan diakumulasi dalam akun (sediaan) produk dalam proses. Setelah selesai diproses dan menjadi produk jadi maka kos tersebut akan mengalir dan dicatat pada akun (sediaan) produk jadi. Ketika produk jadi dijual pada konsumen maka kos tersebut akan mengalir dan dicatat pada akun kos produk terjual

  • -          Jelaskan pengertian laporan kos produksi!


Jawaban :

Laporan kos produksi adalah laporan yang memuat informasi mengenai seluruh kos baik bahan baku, tenaga kerja langsung, dan overhead pabrik yang digunakan dalam proses produksi.

  • -      Jelaskan manfaat informasi kos bagi perusahaan, terutama terkait dengan strategi memenangkan kompetisi!


Jawaban :

Informasi detail terkait kos produksi per unit dapat digunakan untuk menentukan apakah harga jual produk dapat diturunkan dengan tujuan mengalahkan competitor atau menurunkan biaya produksi ( cut cost ) dengan beroperasi dengan lebih efisien, bahkan jika keduanya tidak dapat dilakukan maka untuk menghindari rugi besar ( cut losses ) dengan cara mengeliminasi produk.

  • -         Jelaskan perbedaan karakteristik perusahaan perdagangan, perusahaan pemnufakturan, dan jasa!


Jawaban :
Perusahaan Perdagangan
Perusahaan Pemanufakturan
Perusahaan Jasa
Perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang menjual barang dalam bentuk yang secara fisik tidak terdapat perubahan dengan saat barang tersebut dibeli dari pemasok. Pada umumnya, perusahaan perdagangan hanya memiliki satu akun sediaan saja, yaitu sediaan barang dagangan (tentu saja akun ini masih bisa dirinci dengan membuat beberapa akun pembantu sediaan). Akun ini menunjukkan jumlah barang dagangan yang tersedia untuk dijual. Pada perusahaan perdagangan pemasok mengirimkan barang atau produk jadi. Produk atau barang tersebut kemudian langsung dijual kembali oleh perusahaan kepada pelanggan tanpa melalui suatu proses produksi.
Perusahaan pemanufakturan adalah perusahaan yang mengonversi (mengubah melalui proses produksi) bahan baku menjadi produk jadi (barang jadi) dengan menggunakan tenaga kerja dan berbagai sumber daya lainnya di departemen produksi atau sering disebut pabrik (factory). Selain produksi, perusahaan pemanufakturan juga melaksanakan kegiatan pemasaran dan administrasi. Pada perusahaan pemanufakturan, input berupa bahan baku, tenaga kerja, dan lainnya diproses dalam pabrik. Hasil proses produksi ini adalah produk jadi atau disebut juga barang jadi
Perusahaan jasa adalah perusahaan yang memberikan pelayanan atau jasa pada pelanggannyaPerusahaan jenis ini hampir tidak memiliki sediaan dan output yang mereka hasilkan umumnya takberwujud (intangible) meskipun beberapa memiliki wujud seperti output dari KAP berbentuk laporan audit. Perusahaan jasa umumnya memiliki jumlah tenaga kerja yang signifikan. Akun sediaan mereka umumnya berupa sediaan bahan habis pakai (supplies) yang digunakan dalam penyediaan jasa bagi pelanggannya. Perusahaan ini mungkin saja memiliki akun jasa dalam proses, akan tetapi tidak memiliki akun jasa jadi

-          ** Jelaskan bagian-bagian dari system informasi kos

Jawaban : Sistem informasi kos membutuhkan setidaknya 4 ( empat ) bagian:

Basis Pengukuran Input
Metode Akumulasi Kos
Asumsi Aliran Kos
Kapabilitas Interval Pencatatan
Input yang digunakan dalam proses produksi harus diukur agar dapat dicatat. Untuk mengukur input tersebut maka terlebih dahulu harus ditentukan basis pengukuran yang digunakan. Terdapat 3 basis pengukuran, yaitu aktual, normal, dan standar
Metode akumulasi kos adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan atau mengakumulasi seluruh kos produksi agar dapat diketahui berapa besarnya kos produksi total dan juga menentukan apakah kos produksi ini akan dibebankan pada pekerjaan tertentu ataukah pada departemen tempat terjadinya kos tersebut
Terdapat setidaknya 3 (tiga) asumsi aliran kos, yaitu asumsi masuk pertama keluar pertama (MPKP) atau first-in-first-out (FIFO), masuk terakhir keluar pertama (MTKP) atau last-in-first-out (LIFO), dan rata-rata berbobot (weighted average). Asumsi aliran kos ini tidak selalu sama dengan aliran fisik dari produk atau barang atau sediaan yang dicatat.
Terdapat dua interval pencatatan untuk sediaan yang dimiliki oleh perusahaan. Interval pertama adalah periodik dan yang kedua adalah perpetual.