Ringkasan Bab 1 Gambaran Umum Penganggaran Perusahaan






Ringkasan Bab 1 Gambaran Umum Penganggaran Perusahaan

Ringkasan Bab 1 Gambaran Umum Penganggaran Perusahaan
sumber: internet


Panganggaran - Gambaran Umum Penganggaran Perusahaan : Rangkuman dari Modul berupa pertanyaan dan jawaban yang telah tersedia.

  • Apa itu definisi dari perencanaan?
Jawaban : Perencanaan merupakan tindakan yang dibuat berdasarkan fakta dan asumsi mengenai gambaran kegiatan yang dilakukan pada waktu yang akan datang dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Perencanaan berarti menentukan sebelumnya kegiatan yang mungkin dapat dilakukan dan bagaimana cara melakukannya " Perencanaan " merupakan upaya tindakan berhati-hati sebelum melakukan sesuatu agar apa yang dilakukan dapat berhasil dengan baik.

  • Apa saja jenis-jenis perencanaan?
Jawaban :

  1.  Tujuan : Merupakan arah untuk mencapai hasil akhir dalam suatu kegiatan, tujuan perusahaan dalam memperoleh laba adalah tingkat pengambilan keputusan terpenting dalam perencanaan.
  2.  Kebijakan dan aturan : Pertama-tama definisi aturan adalah suatu petunjuk, perintah, larangan, kompensasi, hak, sanksi, dan kewajiban dalam pelaksanaan pekerjaan. Sedangkan kebijakan adalah Petunjuk menyeluruh secara lisan, tertulis atau yang diimplikasikan yang menetapkan batas umum serta arah tindakan yang akan dilasanakan.
  3. Metode dan standar : Metode adalah suatu cara yang ditetapkan untuk melaksanakan suatu tugas tertentu. Sedangkan standar adalah suatu kesatuan pengukuran yang ditetapkan sebagai patokan dalam pelaksanaan pekerjaan.
  4. Strategi dan organisasi : Strategi adalah merupakan cara mencapai tujuan yang harus diikuti oleh setiap bagian dalam perusahaan. Sedangkan organisasi adalah salah satu jenis rencana pembagian kerja dari sekelompok orang untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama.
  5. Program : Suatu kegiatan yang berfungsi untuk membahas dan menentukan kegiatan yang harus dilakukan dalam usahanya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Program disusun terlebih dahulu sebelum anggaran.
  6. Prosedur : Merupakan urut-urutan serf tugas yang saling berhubungan dan diadakan untuk menjamin pelaksanaan kerja yang seragam
  7. Anggaran : Suatu rencana keuangan periodik yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan
  8. Jadwal : Jadwal/ Skedul adalah rincian waktu kegiatan yang direncanakan 
  9. Rencana lainnya : Untuk mencapai tujuan perlu dukungan rencana lain seperti : Organisasi, kebijakan , aturan. program, prosedur. metode. strategi, standar, jadwal, dan skenario. Setelah itu disusnlah anggaran untuk mencapai tujuan ( Mencari Laba )
  • Apa definisi dari penganggaran perusahaan ?
Jawaban : Penganggaran perusahaan ( business budgeting ) adalah proses menyusun anggaran yang dibuat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam memperoleh laba

  • Apa hubungan penganggaran perusahaan dengan bidang ilmu lainnya?
Jawaban : Hubungan penganggaran perusahaan dengan bidang ilmu lainnya antara lain :
  1. Hubungan penganggaran dengan Akunting : Penganggaran merupakan pedoman pelaksanaan transaksi keuangan, pemeriksaan ( auditing ), antara lain diakukan dengan cara membandingkan anggaran dengan laporan akunting keuangan ( pelaksanaan ) agar dapat dipastikan tidak terdapat penyimpangan.
  2. Hubungan penganggaran dengan manajemen keuangan : Penganggaran tidak mencakup manajemen keuangan, tetapi manajemen keuangan mencakup penganggaran. Penganggaran merupakan perencanaan keuangan, dan salah satu fungsi manajemen keuangan adalah perencanaan keuangan maka penganggaran merupakan salah satu bagian dari manajemen keuangan.
  • Apa tujuan dan manfaat anggaran?
Jawaban : TUJUAN  Anggaran antara lain:

a. digunakan sebagai landasan yuridis formal dalam memilih sumber dan investasi dana.
b. Mengadakan pembatasan jumlah dana yang dicari dan digunakan
c. Merinci jenis sumber dana yang dicari maupun jenis investasi dana sehingga dapat mempermudah pengawasan.
d. Merasionalkan sumber dan investasi dana agar dapat mencapai basil yang maksimal.
e. Menyempurnakan rencana yang telah disusun, karena dengan anggaran lebih jelas dan nyata terlihat.
f. Menampung dan menganalisis serta memutuskan setiap usulan yang berkaitan dengan keuangan.

MANFAAT Anggaran antara lain :

a. segala kegiatan dapat terarah pada pencapaian tujuan bersama
b. dapat digunakan sebagai alat menilai kelebihan dan kekurangan pegawai
c. dapat memotivasi pegawai
d. menimbulkan tanggung jawab tertentu pada pegawai
e. menghindari pemborosan dan pembayaran yang kurang perlu
f. sumber daya, seeperti tenaga kerja, peralatan, dan dana dapat dimanfaatkan seefisien mungkin
g. alat pendidikan bagi para manajer. 

  • Apa fungsi dari anggaran ?
Jawaban : Anggaran hanya alat, anggaran memiliki fungsi sebagai alat manajemen dalam melaksanakan fungsinya.


  • Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penganggaran: 
  1. Pengetahuan tentang tujuan dan kebijakan umum perusahaan dan kemungkinan tentang perubahannya;
  2. Data historis;
  3. Kemungkinan perkembangan kondisi ekonomi;
  4. Pengetahuan tentang taktik, strategi, dan gerak-gerik pesaing/kompetitor;
  5. Penelitian untuk pengembangan perusahaan
    berikan alasan dari masing-masing faktor tersebut diatas mengapa perlu dipertimbangkan dalam kegiatan penganggaran

    Jawaban : Anggaran adalah suatu rencana keuangan periodik yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan. Anggaran ( budget ) merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang untuk jangka waktu tertentu. Anggaran merupakan alat manajemen dalam mencapai tujuan, jadi, Anggaran bukan tujuan dan tidak dapat menggantikan manajemen.

    Perlunya mempertimbangkan beberapa faktor dalam penyusunan anggaran agar anggaran tersebut dapat dibuat serealistis mungkin, secermat mungkin sehingga nantinya tidak terllau rendah atau tinggi. Diantara banyaknya alasan yang utama adalah agar anggaran yang dibuat tidak mengalami kegagalan seperti dana tidak cukup, pelaksanaan tidak cakap, kekuasaan membuat anggaran tidak tegas, dan lain sebagainya.

    • Apa saja macam-macam anggaran ?
    Jawaban : Anggaran dapat dikelompokan dari beberapa sudut pandang berikut :


    1. Dari segi dasar penyusunan:

    Anggaran variabel (fleksibel): anggaran yang disusun berdasarkan interval kapasitas tertentu dan pada intinya merupakan suatu seri anggaran yang dapat disesuaikan pada tingkat aktivitas (kegiatan) yang berbeda;

    Anggaran tetap (statis): anggaran yang disusun berdasarkan suatu tingkat kapasitas tertentu.

    2. Dari segi cara penyusunan:

    Anggaran periodik: anggaran yang disusun untuk satu periode tertentu (pada umumnya satu periodenya adalah satu tahun) dan anggaran disusun setiap akhir periode anggaran);

    Anggaran kontinu: anggaran yang disusun untuk mengadakan perbaikan dari anggaran yang pernah dibuat, misalnya tiap bulan diadakan perbaikan sehingga anggaran yang dibuat dalam satu tahun akan mengalami perubahan.

    3. Dari segi jangka waktu:

    Anggaran jangka pendek (taktis): anggaran yang disusun dengan jangka waktu paling lama sampai satu tahun;

    Anggaran jangka panjang (strategis): anggaran yang disusun dengan jangka waktu lebih dari satu tahun.

    4. Dari segi bidang:

    Anggaran operasional, terdiri dari: anggaran jualan, anggaran produk, anggaran biaya bahan baku, anggaran biaya tenaga kerja langsung, anggaran biaya overhead pabrik, anggaran beban usaha, dan anggaran rugi-laba;

    Anggaran keuangan, terdiri dari: anggaran kas, anggaran piutang, anggaran sediaan, anggaran utang, anggaran modal sendiri, anggaran depresiasi aktiva tetap, dan anggaran neraca.
    Apabila kedua anggaran ini dipadukan akan disebut anggaran induk (master budget).

    5. Dari segi kemampuan menyusun:

    Anggaran komprehensif: anggaran yang merupakan rangkaian dari berbagai macam anggaran (biasanya anggaran operasional dan anggaran keuangan) yang disusun secara lengkap;

    Anggaran parsial: anggaran yang disusun tidak secara lengkap (hanya memuat bagian anggaran tertentu).

    6. Dari segi fungsi:


    Anggaran apropriasi: anggaran yang diperuntukkan bagi tujuan tertentu dan tidak boleh digunakan untuk tujuan yang lain;

    Anggaran kinerja: anggaran yang disusun berdasarkan fungsi kegiatan yang dilakukan dalam organisasi misalnya untuk menilai apakah biaya/beban yang dikeluarkan oleh masing-masing aktivitas tidak melampaui batas.


    7. Dari segi metode penentuan harga pokok produk anggaran:

    Anggaran tradisional (konvensional), terdiri atas anggaran berdasar fungsional (disusun menggunakan metode penentuan harga pokok penuh) dan anggaran berdasar sifat (disusun menggunakan metode penentuan harga pokok variabel);

    Anggaran berdasar kegiatan (activity based budget), disusun menggunakan metode penentuan harga pokok berdasar kegiatan (activity based costing).

    Terima kasih telah berkunjung, informasi lebih lanjut atau ingin menghubungi penulis bisa melalui email di stefanikristina@gmail.com