Sinopsis Novel Agnes Jessica Noda Tak Kasat Mata





Novel Agnes Jessica memang sesuatu banget. Kalau kali ini aku di pertemukan Tuhan dengan membaca novel ini rasanya seperti harus ada perubahan dalam hidupku setelah membaca novel ini. Setiap novel yang aku baca bukan hanya menghibur tapi boleh menguatkan ku dan aku bahagia bisa terus membaca setiap novel dari penulis ini ^^.

Hari ini aku baru saja menyelesaikan membaca salah satu novel karya Agnes Jessica yang berjudul Noda Tak Kasat Mata. Penasaran dengan bagaimana cerita dan juga sinopsisnya? Yukk kita baca dulu sinopsis dari bukunya..

Sinopsis Novel Agnes Jessica Noda Tak Kasat Mata
Sumber: Stefanikristina.com
Sinopsis buku:

Sarah- Mahasiswi jurusan Sejarah yang sedang menyusun skripsi- Ingin menyelidiki peristiwa pembantaian anggota PKI tahun 1965. Untuk itu ia datang ke desa Karya di daerah Jombang, Jawa Timur. Ia tidak tahu bahwa penelitiannya selama seminggu di sana akan mengubah hidupnya.

Semua penduduk desa yang diajknya bicara tentang topik yang peka itu diam seribu bahasa. Hambatan utama penelitian Sarah datang dari Surya, anak anggota PKI yang terbantai. Masa lalu yang kelam membuat Surya berwatak keras, Ia menganggap Sarah hanyalah gadis kaya yang cuma tahu bersenang-senang dan menghabiskan uang orang tua.

Ketika penelitiannya hampir berakhir, Sarah menyadari dirinya telah jatuh hati pada Surya, padahal pria iu kekasih orang yang memberi tumpangan selama seminggu berada di desa itu.

Apakah Sarah sanggup menghancurkan kebahagiaan orang lain demi kebahagiaannya sendiri?

Sinopsis versiku..

Novel ini menceritakan tentang Sarah seorang mahasiswi di IKIP Jakarta yang mengabil Jurusan Sejarah ingin mengerjakan skripsisnya dengan mencari bahan langsung di tempat dimana kejadian PKI itu banyak terjadi didaerah itu, yaitu Jombang. Berkat bantuan orang yang ia kenal kemudian ia bisa mendapatkan tempat tinggal di rumah Laras.

Sebelum pergi Sarah sempat bertengkar dengan kekasihnya Gunawan yang tidak mengizinkan dia untuk pergi melakukan penelitian dan mengancam untuk putus dengannya. Jelas Sarah yang tahu bagaimana sifat Gunawan menganggap Gunawan hanya bercanda dan mereka membutuhkan waktu untuk memikirkan hubungan mereka masing-masing saja. Seolah olah ini seperti pertikaian biasa.

Singkat cerita ketika Sarah sudah berada di rumah Laras dan kemudian kenalkan dengan penduduk sekitar.. Sarah malah nggak bisa melanjutkan penelitian seperti yang ia pikirkan sebelumnya, padahal waktu dia hanya satu minggu di kota itu. Bahkan Surya orang yang di rekomendasikan oleh Laras untuk menjadi sumber informasi bagi Sarah tidak mau membantu.

Disinilah akhirnya banyak rahasia terungkap. Ternyata orang yang dianggap PKI itu sebenarnya tidak tahu apa itu PKI, mereka hanya mengikuti perintas atasan dan ketika banyak orang kemudian mati dibunuh, semua merupakan hal hal yang tak terduga dan terjadi. Warga pun saling membenci dan menganggap keturunan PKI adalah orang jahat. Isu politik memang kejam mempermainkan warga yang tidak salah apa-apa. Hingga akhirnya anak anak mereka terkena dampaknya, termasuk Surya dan Dewi. 

Di waktu itu anak-anak keturunan PKI tidak boleh bekerja yang berhubungan dengan pemerintahan atau masyarakat. Padahal kalau saja mereka mau lari ke ibukota atau kota besar, mungkin mereka masih ada harapan. Tapi bagaimana lagi kalau di desa itu kita memiliki keluarga? Jelas ini menjadi pertimbangan. Mau nggak mau kalau tidak jadi petani dan peternak, dan mereka memunuhi kebutuhan hidup dari semua itu.

Perlahan tapi pasti akhirnya Sarah mulai dapat mengumpulkan berita masa lalu dari beberapa informasi yang bisa ia dapatkan dari narasumber yang akhirnya bersedia untuk bercerita. Nggak banyak sih, tapi cukup bagi Sarah untuk menyelesaikan skripsinya bahkan ia sampai dapat membuat sebuah buku dari hasil yang ia dapatkan.

Bahan selesai, dan kemudian ada perasaan perasaan dari benih-benih cinta yang mula bersemi dan ini tidak seharusnya terjadi. Sarah mulai menyadari bahwa ia mencintai Surya, dan begitu juga sebaliknya Surya juga mencintai Sarah. Tapi mereka berdua tidak bisa bersama, bagaimana dengan Laras yang selama ini mencintai Surya? 

Ahh novel ini bagus banget dan aku suka suka suka. Latar waktunya sih 1998. Tapi. bagus dan keren kok. Agnes Jessica memang terbaik. Awalnya karena penasaran aku terus baca dan baca apa sih cerita dari novel ini,, kok banyak yang bilang bagus yaa??? Akhirnya terjawab sudah, memang bagus novel ini. Nggak salah lagi.! Nah buat kalian yang mau pesan bisa cek instagram nya di @tkbukbessby atau via TOKOPEDIA, BUKALAPAK, atau SHOPEE.

Terima Kasih telah berkunjung dan membaca postinganku.