Pembahasan PKN Uji Kompetensi BAB 7 Kelas X

Pembahasan PKN Uji Kompetensi BAB 7 Kelas X Halaman 228

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2016, edisi revisi 2016

Pembahasan PKN Uji Kompetensi BAB 7 Kelas X
Pembahasan PKN Uji Kompetensi BAB 7 Kelas X


Soal dan Jawaban: (maaf apabila ada salah jawaban, disini hanya referensi saja, untuk jawaban bisa dikembangkan jadi tidak hanya copy paste tapi apabila ada yang copy paste diblog mohon sertakan sumbernya)

Soal:
1. Wawasan Nusantara pada hakikatnya merupakan cara pandang dan sikap Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Jelaskan bagaimana pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI ?

Jawaban:
Wawasan Nusantara sebagai Wawasan Nasional sebagai satu kesatuan pertahanan dan keamanan. Wawasan Nusantara menjadi pola yang mendasari cara berfikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menangani permasalahan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI.. karena kita memandang bangsa Indonesia dengan Nusantara merupakan satu kesatuan, jadi, hakikat Wawasan Nusantara adalah keutuhan dan kesatuan wilayah nasional. Dengan kata lain, wawasan Nusantara adalah "persatuan bangsa dan kesatuan wilayah." Dalam GBHN disebutkan bahwa hakikat Wawasan Nusantara diwujudkan dengan masyarakat kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Jadi Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI sangat penting, (untuk selebihnya kawan dapat membaca rangkuman pada halaman 226

Dalam bab 7 ini, apabila kita sebagai warga negara memiliki wawasan nusantara dalam konteks NKRI maka kita akan mengerti arti dari Bangsa dan Berbangsa, Negara dan Bernegara, lalu bagaimana kesadaran dalam menyadari bahwa bangsa Indonesia berbeda dengan bangsa lain, dan konsistensi lanjutan guna menjaga kesatuan nasional, bangsa dan negara.

Note : gaes, kalian bisa kembangkan jawaban, aku ga pernah bilang jawabanku paling benar, kalian bisa mencari sumber referensi tambahan sebagai pelengkap.

Soal:

2. Wawasan Nusantara sebagai visi bangsa menjadikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh pula serta sebagai salah satu konsepsi ketatanegaraan Republik Indonesia. Berdasarkan hal tersebut jelaskan kedudukan, fungsi dan tujuan dari konsepsi Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia!

Jawaban:

1. Kedudukan

Wawasan Nusantara menjadi landasan visional dalam menyelenggarakan kehidupan nasional.

2. Fungsi

Wawasan Nusantara sebagai pedoman, motivasi, dorongan serta rambu rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggaraan negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

3. Tujuan

Wawasan Nusantara bertujuan untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok golongan suku bangsa atau daerah.

Note :

Jawaban ada di halaman 208 😎

Soal:
3. Ketahanan nasionak pada hakikatnya bergantung kepada kemampuam bangsa dan negara di dalam mendayagunakan secara ootimal gatra alamiah. Jelaskan aspek trigatra dalam Wawasan Nusantara!

Jawaban:
Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara:
1. Letak dan Bentuk Geografis
Dalam bahasa asing disebut sebagai archipelago kelvar , kepulauan itu merupakan suatu archipelago yang terletak antara Benua Asia di sebelah utara dan Benua Australia di sebelah selatan serta Samudra Indonesia di sebelah barat dan Samudra Pasifik di sebelah timur. 

Indonesia dikatakan bahwa Indonesia mempunyai suatu kedudukan geografis di tengah tengah jalan lalu lintas silang dunia. Kedudukannya yang strategis itu dipandang dari 3 segi kesejahteraan di bidang politik, ekonomis, dan sosial budaya. 

Indonesia terletak pada 6° LU - 11°LS, 95° BT- 141°BT, yang di tengah tengahnya terbentang garis equator sehingga Indonesia mempunyai 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau.

2. Keadaan dan Kemampuan Penduduk

Penduduk adalah sekelompok manusia yang mendiami suatu tempat atau wilayah. Adapun faktor penduduk yang mempengaruhi ketahanan nasional adalah sebagai berikut;

1. Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Penduduk

2. Faktor yang Mempengaruhi Komposisi Penduduk

3. Faktor yang Mempengaruhi Distribusi Penduduk

3. Keadaan dan Kekayaan Alam

Kekayaan sumber-sumber alam sebenarnya terdapat di atmosfir, di permukaan bumi, di laut, di perairan, dan di dalam bumi. 

Note :

Jawaban ini aku tidak klaim kalau benar ya.. bisa buka buku PKN kalian dan baca mulai halaman 212 sampa dengan 215 yang atas sebelum Aspek Aspek Pancagatra. 

Soal:
4. Ketahanan nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan negara dibdalam mendayagunakan modal dasar untuk penciptaan kondisi dinamis yang merupakan kekuatan dalam penyelenggaraan kehidupan nasional. Berdasarkan hal tersebut jelaskan aspek pancagatra dalam Wawasan Nusantara!

Jawaban :

Pancagatra adalah aspek aspek kehidupan nasional yang menyangkut kehidupan dan pergaulan hidup manusia dalam bermasyarakat dan bernegara dengan ikatan ikatan, aturan aturan dan norma norma teetentu. Hal hal yang termasuk aspek pancagatra adalah :

a. Ideologi 
Ideologi adalah pengetahuan dasar/cita-cita. Ideologi suatu negara diartikan sebagai guinding of principles atau prinsip yang dijadikan dasar suatu bangsa.

b. Politik
Politik diartikan sebagai asas, haluan, atau kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan.

c. Ekonomi
Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat.

d. Sosial Budaya
Sosial Budaya sebagai kondisi dinamika budaya bangsa yang berisi keuletan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ancaman, tantangan, halangan dan gangguan (ATHG).

e. Pertahanan dan Keamanan
Pertahanan dan Keamanan sebagai kondisi dinamika dalam kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG yang membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Note:

Penjelasan lebih lengkap ada di halaman 215-218

Soal:

5. Implementasi Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh. Jelaskan implementasi Wawasan Nusantara dalam bidang IPLOEKSOSBUDHANKAM bagi bangsa Indonesia!

Jawaban :

Ideologi implementasinya melaksanakan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari

Politik implementasinya meningkatkan ketahanan politik dengan menyeimbangkan antara keluaran dan masukan berdasarkan Pancasila.

Ekonomi implementasinya pemerataan pembangunan antar sektor, dan menghindari adanya monopoli

Sosial Budaya implementasinya masyarakat dapat mengembangkan potensinya berdasarkan Pancasila

Pertahanan dan Keamanan implementasinya sadar akan bela negara untuk menjamin terselenggaranya Sistem Ketahanan Nasional.

Note:
Jawaban ada di halaman 215-218 hampir sama dengan soal sebelumnya namun lebih spesifik bagaimana cara pengimplementasiannya.


Tambahan :

Gaes ,,, dari awal aku sudah bilang yaa jawaban ini bukan jawaban yang 100% benar, aku ga klaim itu, dan aku selalu bilang bahkan nyertain juga halaman berapa ada jawaban tersebut. Jadi buat kalian yang protes kenapa jawabannya gini dan gitu. Hmmm, kalah misalnya kalian ga cocok ga papa kok, coba browsing aja, toh aku ga nyaranin juga buat copy paste sayang🤗 jadi terakhir dari aku.... SELAMAT BELAJAR!

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, JAN LUPA KLIK IKUTI DI BAGIAN KANAN ATAU BAWAH BLOG, ATAU BISA JUGA FOLLOW AKU DI @DILIBURINAJA.ID INSTAGRAM YAAA CEEEEE YOU!









Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan PKN Uji Kompetensi BAB 7 Kelas X"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel