Kunci Jawaban PKN Halaman 141 No 3-5

Selamat malam, hari ini saya akan memposting untuk kelanjutan dari Kunci Jawaban PKN Halaman 141 No 1-2. Anda dapat membacanya disini ?? Klik Kunci Jawaban PKN Halaman 141. Dan hari ini saya akan melanjutkan untuk nomor 3 hingga 5.



Sebelumnya saya ucapkan selamat bermalam minggu bagi mereka yang sedang bermalam mingguan hehe :'') Hari ini saya bukan termasuk yang bermalam minggu karena hubungan jarak jauh *eaaa* Yapp ceritanya nih saya lagi LDR *hihi curhat* Oke langsung saja mari kita bahas..

3. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara, baik yang bersifat internal maupun eksternal?

Jawaban :

Pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

a. Faktor internal, yaitu dorongan untuk melakukan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara yang berasal dari diri pelaku, di antaranya adalah:

1) sikap egois atau terlalu mementingkan diri sendiri.
2) rendahnya kesadaran hukum warga negara, dan
3) sikap tidak toleran.


b. Faktor Eksternal, yaitu faktor-faktor di luar diri manusia yang mendorong seseorang atau sekelompok orang melakukan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara, diantaranya sebagai berikut:

1) penyalahgunaan kekuasaan,
2) ketidaktegasan aparat penegak hukum ,
3) penyalahgunaan teknologi, dan
4) kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.

4. Menurut kalian, apa yang harus dilakukan Pemerintah dalam memecahkan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.

Jawaban :

a. Penegakkan supremasi hukum
b. Meningkatkan kesaradan hukum masyarakat melalui pendidikan
c. Peningkatkan kualitas aparat penegak hukum
d. Meningkatkan kesejahteraan warga Negara

5. Bagimanakah cara kalian untuk menghindari pelanggaran terhadap hak orang lain dan pengingkaran terhadap kewajiban dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban :

a. Patuh pada aturan yang berlaku
b. Meningkatkan rasa simpati dan empati kepada orang lain
c. Menghindarkan diri dari berbagai perilaku yang berpotensi mendorong terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara
d. Selalu disiplin dalam segala hal


Baik lah, sekian dahulu postingan dari saya kali ini. terima kasih untuk Anda yang masih setia menjadi pembaca blog @NifaFani. Bila ada salah kata dan kurangnya saya mohon maaf. Selanjutnya saya akan segera memasuki untuk bab 5 :)) Mohon tunggu dan terus stay di blog @NifaFani.