Ringkasan BAB III Sistem Informasi Berbasis Komputer





Ringkasan BAB III Sistem Informasi Berbasis Komputer

Ringkasan BAB III Sistem Informasi Berbasis Komputer
sumber: Google

Sistem Informasi Akuntansi - Sistem Informasi Berbasis Komputer : Rangkuman dari Modul berupa penjelasan yang telah tersedia.

Modul III

Hardware : adalah semua bagian fisik computer dan dibedakan dengan data yang berada didalamnya atau yang beroperasi didalamnya dan didebadakan dengan perangkat lunak ( software ) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Hardware dibedakan menjadi 4:

-. Peralatan input
-. Peralatan pemroses
-. Peralatan ouput
-. Dan Media penyimpanan

Brainware : Merupakan orang ( Sumber daya manusia ) yang mengoperasikan computer. Brainware lah yang memanfaatkan dan mengolaborasikan ketujuh komponen system informasi lainnya untuk dapat menghasilkan sebuah system informasi yang sesuai harapan.

Prosedur: adalah setiap rangkaian aktivitas yang dilakukan oleh setiap karyawan secara berulang-ulang. Prosedur juga dapat disebut sebagai peraturan. Dengan adanya prosedur seorang supervisor dapat dengan mdah mengawasi segala aktivitas yang perlu dan tidak perlu dilakukan.

Database: Kumpulan dari data-data pada suatu perusahaan.

Software(Perangkat Lunak Komputer) : Software adalah istilah umum yang digunkaan untuk mendeskripsikan kumpulan program-program computer yang terdiri dari prosedur-prosedur dan dokumentasi untuk melakukan tugas tertentu.

Infrastruktur Teknologi Informasi : Laudon dan Laudon (2008) mendefinisikan Infrastruktur Teknologi Informasi melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan Technology dan Service Cluster.

Berdasarkan pendekatan teknologi, infrastruktur teknologi informasi adalah sekumpulan hardware dan software yang dibutuhkan untuk mengoperasikan system perusahaan, sedangkan pengertian infrastruktur teknologi informasi berdasarkan service cluster adalah layanan yang dapat diberikan oleh hardware ataupun software tersebut.

Pengendalian Internal dan Security Measure : Pengendalian internal dapat dikatakan sebagai rencana, metode dan prosedur yang didesain oleh manajemen untuk memberikan jaminan yang memadai atas tercapainya efisiensi dan efektivitas operasional, kehandalan pelaporan keuangan, pengamanan terhadap asset, ketaatan/kepatuhan terhadap undang-undang kebijakan dan peraturan lainnya.

Kinerja Pengembang Sistem Informasi : Sri Mulyani NS ( 2007 ) menambahkan bahwa ada sebuah komponen system informasi yang turut mendukung dan mempengaruhi kelancaran pengembangan atau pembangunan system informasi disebuah organisasi atau perusahaan, Komponen tersebut adalah kinerja pengembangan system informasi.

Sebelumnya telah membahas tentang komponen system informasi. Kini akan membahas tentang Model system informasi berbasis computer. Adapun yang pertama adalah system informasi akuntansi tentu memiliki tujuan.

Tujuan system informasi Akuntansi adalah:

-. Memenuhi kebutuhan pelaporan yang diatur organisasi.
-. Menyediakan informasi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi
-. Untuk membantu organisasi dalam meminimalisasi risiko kecurangan yang mungkin akan ditemui dari penyalahgunaan data akuntansi.

Ada system informasi akuntansi, ada system informasi manajemen.

Sistem Informasi Manajemen merupakan system informasi yang sudah terkomputerisasi yang bekerja karena adanya interaksi manusia dan computer. Sistem Informasi Manajemen cakupannya lebih luas karena data-datanya yang digunakan tidak hanya data finansial, tapi juga termasuk data non finansial.

Decision Support System (DSS) : DSS Merupakan suatu system informasi yang diharapkan dapat membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Keberadaan DSS bukan untuk menggantikan tugas-tugas manajer, tetapi untuk menjadi sarana penunjang (tools) bagi mereka.

Sistem informasi Akuntansi dan system informasi manajemen melakukan pengolahan data kompleks, sedangkan Decision Support System melakukan pengolahan data yang spesifik.

Virtual Office System : merupakan pengembangan dari office automatio system, yaitu mesin computer (hardware) dan software yang digunakan untuk membuat, mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyebarkan informasi untuk kebutuhan perkantoran (perusahaan) secara digital untuk mengerjakan tugas-tugas perusahaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Enterprise Resource Planning (ERP) : Menurut Mc Loed dan Schell (2007) mengatakan bahwa ERP system merupakan system yang terkomputerasi yang melibatkan seluruh resource manajemen dalam sebuah perusahaan.


Sumber: Modul Akuntansi