Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi menurut para ahli .  Pernah kah kita mendengar mengenai sosiologi? Pastinya pernah bukan? Sosiologi yang bersal dari bahasa latin yang diambil dari kata socius dan logos yang berarti socius kawan dan logos berarti ilmu pengetahuan adalah suatu ungkapan yang di publikasikan serta di ungkapkan pertama kali oleh August Comte dalam bukunya yang berjudul : Sours de Philosophie Positive “ pada tahun 1798 hingga 1857. Mengenai pengertian sosiologi sendiri banyak yang mendefinisikannya . Walaupun memiliki banyak definisi atau arti tentang sosiologi , namun pada intinya sosiologi lebih di kenal dengan ilmu pengetahuan mengenai masyarakat. Istilah mengenai sosiologi sendiri sebagai cabang dari ilmu sosial itu di cetuskan oleh seorang ilmuwan yang berasal dari perancis untuk pertama kalinya yang bernama August Comte pada tahun 1842. Lalu kemudian ia di kenal sebagai bapak sosiologi karena penemuannya mengenai sosiologi. Pada abad  ke 19 di mulailah sosiologi digunakan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai masyarakat yang lahir di Eropa saat itu. Karena itu secara khusus sosiologi digunakan untuk mempelajari kondisi dan perubhan sosial , karena di mulailah kesadaran akan pentingnya pembelajaran tersebut. Kemudia para ilmuwan berupaya untuk membangun suatu teori sosial yang berdasarkan pada ciri-ciri hakiki masyarakat pada setiap tahap peradaban manusia. .


Lalu bagaimana pengertian sosilogi menurut para ahli ? Pengertian sosiologi yang di hasilkan oleh para ahli pun juga memiliki banyak arti dan pendapat seperti pendapat dari  emile Durkheim, yang mengatakan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang dimana akan mempelajari mengenai fakta-fakta sosial , yakni fakta yang mengandung pengertian bagaimana cara bertindak , berpikir , dan berperasaan yang berada di luar individu dimana fakta-fakta tersebut memiliki kekutan untuk mengendalikan individu itu. Sedangkan menurut Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan dimana yang akan mempelajari struktur sosial dan proses – professional termasuk dalam perubahan sosial.  Sedangkan Soejono Sukamto mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat umumnya. Sedangkan Wiliam Kormblum memiliki pendapat lain mengenai sosiologi yaitu merupakan suatu upaya ilmiah dimana untuk mempelajari lapisan masyarakat dan perilaku sosial anggotannya dan menjadikan masyrakat yang bersangkutan tesebut yang terbagi dalam berbagai kelompok serta kondisi. Lalu menurut Allan Jhonson yang mengemukakan pendapatnya menegnai sosiologi adalah merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku , terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat dalam nya itu terpengaruhi oleh sistem tersebut. Ada juga menurut Roucek dan Waren yang memiliki pendapat bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dengan kelompok sosial lainnya. Lalu menurut Soerjono Soekanto dengan pendapatnya adalah ilmu yang kategoris , lalu murni , secara abstrak , dan berusaha untuk mencari pengertian – pengertian umum , rasional , empiril maupun yang berisifat umum.  Dan yang terakhir adalah menurut Pitrim Sorokin yang menganggap bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubunagn serta pengaruh timbal balik dimana antara aneka macam gejala sosial seperti ekonomi , gejala keluarga , dan gejala moral. Sosiologi juga merupakan ilmu yang memperlajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial dan yang terakhir bahwa sosiologi merupakan jenis ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum dari semua jenis gejala-gejala sosial yang lain..

Dari pengertian sosiologi menurut para ahli tersebut dapat di simpulkan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya serta masyarakat sekitar. .


0 Response to "Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com