Jawaban Soal SBMPTN PKN 1

Selamat siang.. Siang ini di tengah ke gundah gulanaan saya saya ingin menyampaikan beberapa hal kepada Anda. Terima Kasih sebelumnya sudah mengunjungi blog @nifafani ini. Senang sekali saya dapat bertemu kembali dengan Anda setelah liburan yang cukup panjang..



Mungkin tulisan ini cukup terlambat namun saya harap masih dapat bermanfaat. Selamat membaca,,


1. Pancasila sebagai ideology bangsa Indonesia mengandung nilai-nilai dan gagasan dasar terjabar lebih lanjut dalam sikap, prilaku, dan pribadi bangsa. Pancasila sebagai ideology bersifat khas, yang berlaku bagi bangsa Indonesia yang akan tercermin dalam segi kehidupan. Dan untuk menjaga agar tidak terjadi kebekuan dan kekakuan, maka sejak awal bangsa Indonesia telah menetapkan bahwa pancasila adalah sebagai ideology terbuka. Pancasila sebagai ideology terbuka mengandung makna bahwa nilai-nilai pancasila digali dari kehidupan masyarakat Indonesia yang sesungguhnya.

Jawaban: A

2. Pancasila harus kita laksanakan secara amurni dan konsekuen. Murni artinya asli, bukan berasal dari Negara lain, tidak tercampur dengan unsur-unsur asing. Konsekuen maksudnya bertanggung jawab, pancasila harus diamalkan dengan penuh kesadaran dalam kehidupan sehari-hari. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, tidak semena-mena terhadap orang lain, merupakan contoh positif terhadap pengalaman nilai-nilai pancasila khususnya sila ke-2 kemanusiaan yang adil dan beradap.

Jawaban: B

3. Negara-negara yang menganut system pemerintahan Presidensial adalah Amerika Serikat, Indonesia, Brazil, Korea Utara dan Chilli.

Jawaban: C

4. Ciri-ciri pemerintah Prsidensial
a. Presiden adalah penyelenggara Negara
b. Presiden menjabat dan jabatan sekaligus yaitu kepala Negara dan kepala pemerintahan
c. Parlemen tidak memilih presiden, tetapi dipilih langsung oleh rakyat atau suatu dewan majelis
d. Mentri-menteri langsung dipilih langsung oleh presiden menjadi sebuah cabinet yang bertanggung jawab kepada parlemen legislative.
e. Presiden tidak betanggung jawab kepada parlemen, karena presiden tidak dipilih oleh parlemen.
f. Presiden tidak dapat membubarkan parlemen seperti dalam system parlementer.
g. Parlemen memiliki kekuasaan legislative dan sebagai lembaga perwakilan. Anggota parlemen dipilih oleh rakyat.
h. Presiden tidak berada dibawah pengawasan langsung parlemen.

Jawaban: A

5. System Pemerintahan dinegara-negara di dunia ini berbeda-beda, sesuia dengan kondisi sosisal budaya dan politik yang berkembang di Negara yang bersangkutan. Dalam hal ini, system pemerintahan parlemen dan presidensial merupakan dua model system pemerintahan yang di jadikan acuan oleh banyak Negara. 
Namun harus di ingat, meskipun sama-sama menggunakan system pemerintahan parlemen atau presidensial, terdapat variasai yang disesuiakan dengan perkembangan ketatanegaraan dinegara masing-masing. Perbedaan system pemerintahan Indonesia dengan sitem pemerintahan presidensial pada umumnya adalah Presiden dan parelemen dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu.

Jawaban: B

6. Memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi disamping menunjukkan betapa kemajuan IPTEK itu dapat dimanfaatkan untuk mencapai kesejahteraan material dan spiritual merupakan fungsi edukasi.

Jawaban: D

7. Benih-benih globalisasi telah tumbuh ketika manusia mulai mengenal perdagangan antar negeri, sekitar tahun 1000-1500 M. para pedagang cina dan india mulai menulusuri daerah lain, baik melalui jalan darat (jalan sutera) maupun melintasi laut untuk berdagang.

Jawaban: C

8. Fenomena globalisasi selalu dikatakan memberikan dampak terhadap pembangunan ekonomi dinegara-negara di dunia. Negara-negara semakin dapat bebas dalam melakukan kerja sama dalam membangun ekonomi kearah yang lebih baik dan juga semakin mudahnya Negara-negara memperoleh aliran modal dari Negara-negara lain, sehingga membantu Negara tersebut dalam mengembanggan pilar ekonominya. Salah satu dampak globalisasi dibidang ekonomi adalah semakin berkembangnya industry, sehingga memungkinkan seorang produsen dalam satu Negara memperluas cakupan usaha dan wilayah pemasarannya.

Jawaban: A

9. Globalisasi layaknya seperti sekeping uang logam, yang memiliki dua sisi yang bertolak belakang satu sama lain. Globalisasi di satu sisi memberikan dampak positif dan di sisi lain memberi dampak negative. Dan salah Satu

10. Kosong

11. Pelaksanaan hasil pertemuan putaran Uruguay, yang pada hakekatnya adalah pelaksanaan  Liberalisme perdagangan Internasional, telah menghapuskan berbagai hambatan perdagangan. Baik itu hambatan perdagangan. Baik itu hambatan yang berwujud tariff bea masuk maupun hambatan non tariff, sepertipelarangan import, kuota, lisensi import, persyaratan investasi, dan sebagainya.

Jawaban: C

12. Di Indonesia, rambu-rambu tentang tanggung jawab social pers yang disusun dan disepakati oleh insane pers dituang dalam kode etik jurnalistik. Menurut UU Pers No.40 Tahun 1999, kode etik jurnalistik adalah kode etik yang disepakati organisasi wartawan dan di tetapkan oleh Dewan Pers (pasal 7 ayat2). Kode etik berisi kaidah penuntun yang memberi arah yang jelas kepada wartawan tentang apa yang seharusnya dilakukan ada apa yang seharusnya tidak dilakukan dalam kerja jurnalistik

Jawaban: B

13. Yang di maksud dalam lokalisasi dalam dunia pers di Indonesia, adalah surat kabar berskala kedaerahan.

Jawaban: E

14. Negara Belanda adalah Negara yang mempelopori hadirnya dunia pers serta persurat kabaran di Indonesia.

Jawaban: D

15. Salah satu indikasi pengaruh negative globalisasi di bidang social budaya adalah lunturnya nilai-nilai semangan kekeluargaan serta musyawarah mufakat di lembaga Perwakilan Rakyat.

Jawaban: E

16. Globalisasi muncul akibat kemajuan yang pesat yang dicapai umat manusia dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dibidang komunikasi dan transportasi. Kemajuan tersebut memnyebabkan arus informasi menjadi serba cepat. Informasi menembus serba lapisan masyarakat, bahkan keberbagai penjuru dunia. Salah satu pengaruh positif masuknya budaya luar dan diterapkannya IPTEK yaitu kita memiliki target peningkatan pendapatan masyarakat.

Jawaban: C

17. Banyak produk yang berasal dari luar negeri yang masik ke Indonesia, seperti makanan siap saji dan restoran-restoran asing, merupakan salah satu globalisasi dalam aspek ekonomi.

Jawaban: E

18. Menambahnya budaya asing ke Indonesia melalui media massa (elektronik, cetak) serta media dunia maya (internet) sangat mempengaruhi perkembangan budaya Indonesia. Salah satu pengaruh globalisasi di bidang social budaya yaitu sebagian generasi muda Indonesia sudah banyak yang lupa akan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Mereka lebih bangga meniru gaya berpakaian dan gaya hidup.

Jawaban: D

19. Ekonomi abad 21, yang ditandai dengan globalisasi ekonomi, merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana Negara-Negara diseluruh dunia menjadi satu, kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas territorial Negara. Pewujudan nyata dari globalisasi ekonomi antara lain terjadi dalam bentuk-bentuk :
• Globalisasi Produk
• Globalisasi Pembiayaan 
• Globalisasi Tenaga Kerja
• Globalisasi Jaringan Informasi
• Globalisasi Perdagangan
Yang dimaksud Globalisasi jaringan informasi adalah masyarakat suatu Negara dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari Negara-negara di dunia, karena kemajuan tekhnologi antara lain melalui : TV, Radio, Media cetak dan lain-lain.
Dengan jaringan komunikasi yang semakin maju telah membantu meluasnya pasar ke berbagai belahan dunia untuk barang yang sama. Sebagai contoh KFC, Celana Jeans, Hamburger dan lain-lain, melanda pasar dimana-mana. Akibatnya selera masyarakat baik yang berdomisili dikota ataupun didesa menju pada selera global.

Jawaban: B

20. Suatu pemerintahan dikatakan transparan atau terbuka apabila dalam penyelenggaraan pemerintahannya terdapat kebebasan aliran informasi dalam berbagai proses kelmbagaan, sehingga mudah diakses oleh mereka yang membutuhkannya, akan tetapi banyak dampak penyelenggaraan yang tidak transparan. Secara umum ada beberapa yang menyebabkan suatu pemerintahan menjadi tidak transparan. Diantaranya adalah pengaruh kekuasaan, moralitas, social ekonomi, politik dan hokum.
• Rendahnya atau bahkan tidak adanya kepercayaan warga Negara kepada pemerintah
• Rendahnya partisipasi warga Negara terhadap berbagai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah
• Masyarakat dan pers cenderung pasif dan tidak kritis

Jawaban: A

21. Sifat positif dapat diartikan sikap yang baik dalam menanggapi sesuatu. Sikap positif terhadap niali-nilai pancasila berarti sikap yang baik dalam menanggapi dan mengamalkan nilai-nilai yang ada dalam pancasila.
Adapun salah satu contoh sikap positif terhadap nilai-nilai pancasila khususnya sila ke-4 adalah mentaati keputisan Lembaga Perwakilan Rakyat.

Jawaban: D

22. Menjahui sikap boros, bergaya hidup mewah dan kerja keras, merupakan salah satu pengalaman sikap positif terhadap nilai-nilai pancasila khususnya sila ke-5. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jawaban: E

23. Ciri-ciri pemerintahan parlementer, sebagai berikut:
a. Badan legislative parlemen merupakan satu-satunya badan yang anggotanya dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu.
b. Anggota parlemen teridi dari orang-orang dari partai politik yang memenangkan pemili
c. Pemerintahan atau cabinet terdiri dari para menteri dan perdana menteri sebagai pemimpin cabinet
d. Cabinet bertanggung jawab kepada parlemen dan dapat bertahan sepanjang mendapat dukungan mayoritas anggota parlemen
e. Kepala Pemerintahan adalah perdana menteri sedangkan kepala Negara adala Presiden dalam Negara republic dan raja atau sultan dalam Negara monarki
f. Sebagai imbangan, parlemen dapat menjatuhkan cabinet dengan demikian Presiden, raja, atas saran perdana menteri dapat membubarkan parlemen, kemudian diadakan pemilu lagi untuk membentuk parlemen baru.

Jawaban: C

24. Fungsi pers menurut UU pers No.40 Tahun 1999, Pasal 3 ayat 1 dan 2, fungsi pers adalah sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan, media control social, dan lembaga ekonomi.
Pers sebagai media control social atau koreksi mengemban fungsi sebagai pengawas pemerintah dan pengawas masyarakat.

Jawaban: E

25. Pada masa penjajahan Belanda, pers pada mulanya bertujuan memberikan politik kemerdekaan, kemudian seiring dengan munculnya undang-undang pers dan kesadaran dari berbagai pihak kemudian pers lebih berisi artiket-artikel yang bertujuan untuk melwan penjajah, menyiarkan informasi.

Jawaban: E

26. Undang-undang No 40 tahun 1999 tentang pers disyahkan pada masa reformasi, tanggal 23 september 1999.

Jawaban E

27. Salah satu peranan pers sebagai media pendidikan pers harus mampu meningkatman minat baca masyarakat terutama pelajar, memberikan informasi yang berkualitas dan sesuai dengan yang di butuhkan oleh masyarakat. Jika minat pelajar dan masyarakat sudah tinggi, maka generasi muda Indonesia akan mampu menggali dan menampung banyak informasi. Dengan banyak informasi dan pengetahuan, maka rakyat Indonesia menjadi kreatif, inovatif sehingga mampu kritis dalam menganalisa perkembangan dunia kedepan. Dengan cara ini media mampu melahirkan SDM yang handal dan mampu hidup mandiri. Itu artinya media mampu mengiring masyarakat dan generasi muda untuk mewujudkan tujuan pendidikan di Indonesia.

Jawaban: C

28. penyalahgunaan kebebasan pers ¡tu adalah berasal dari insane pers sendiri. Bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan per situ antara lain penyajian-Penyajian informasi yang tidak akurat, tidak objektif, bias, sensasional, berpihak, menyebarkan kebohongan, pornografi, rnenyebarkan permusuhan dan lain-lain. Dampak dan tindakan tersebut adalah timbulnya kerugian baik bagi masyarakat, pemerintah maupun pers ¡tu sendiri. Salah satu contoh bentuk penyalahgunaan penyampaian ¡nformasi melalui media massa adalah membentuk opini yang menyesatkan.

Jawaban : C

29. Perwujudan nyata dan globalisasi ekonomi antara lain terjadi dalam bentuk-bentuk globalisasi produksi, global isasi pembiayaan, global isasi jaringan informasi, globalisasi tenaga kerja dan globalisasi perdagangan. 

Jawaban: C

30. Kehidupan politik menyangkut bermacam-macam kegiatan, baik yang dilakukan individual maupun kelompok kepentingan. Globalisasi dalam bidang politik menyangkut berbagai ¡su, antara lain ¡su demokrasi dan HAM. Proses demokratisasi cenderung mengglobal, seperti ditunjukan oleh sernakin banyaknya Negara yang mengaku sebagai negara demokrasi. Bersamaan dengan ¡tu kesadaran warga negara diberbagai belahan dunia untuk berpartisipasi dalam bidang politik juga men¡ngkat. 
Begitu juga hak asasi manusia, pernahaman dan kesadaran untuk rnenghargai hak asasi manusia serta upaya untuk menegakkanjuga sermakin tumbuh dimana-mana.

Jawaban: E

31. Dampak positif globalisasi dibidang sosial budaya, antara lain mempecepat masuknya berbagai penemuan dibidang Pendidikan, kesehatan dan teknologi, meningkatnya turisme Internasional serta mempermudah pertukaran kebudayaan seni dan juga IPTEK.

Jawaban:  A

32. Teknologi dan ¡nforrnasi yang semakin canggih membuat hubungan antar manusia semakin mudah. Seseorang mampu berkomunikasi melewati batas-batas Negara dengan efesien dan efektif, merupakan salah satu dari dampak globalisasi dibidang sosiaI budaya.

Jawaban: A

33. Lihat pembahasai No. 10

34. Para globalis percaya bahwa globalisasi adalah sebuah kenyataan yang memilki konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga diseluruh dunia berjalan. Mereka percaya bahwa negara-negara dan kebudayaan local akan hilang diterpa kebudayaan dan ekonomi
global yang homogen, meskipun demikin para globalis tidak memilki pendapat sama mengenai konsekuensi terhadap proses tersebut.

Jawaban: C

35. Globalisasi, nyata-nyata mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia. Globalisasi bukan hanya sekedar Bertambahnya  alat-alat baru seperti handpone, Video, tv, fashion, computer  dan jaringan Internet, tetapl juga menyebakan terjadinya proses transformasi (perubaban) budaya secara besar-besaran Perubahan ¡tu bisa positif dan bisa juga negatif. Munculnya kebehasan yang tidak bertanggung jawab merupakan Salah satu dampak negatif globalisasi dibidang social budaya.

Jawaban: E

36. Pengaruh globalisasi dibidang politik berkaitan dengan kekuasaan pemerintahan suatu negara. Dalam hal ini, arus informasi, komunikasi, dan migrasi penduduk yang melampaui batas-batas negara membuat makin intensifnya wacana isu-isu global, seperti penegakan hukum, HAM, demokrasi, lingkungan hidup dan good governance. Semua ¡tu mempengaruhi system politik suatu Negara, proses penyusunan dan pelaksanaan kebijakan da lam negeri dan luar negeri, serta cara-cara pemerintahan mempertahankan kekuasaannya.

Jawaban: A

37. Media elektronik dan media massa, merupakan sarana yang sangat besar dalam menyebarkan opini dunia di era globalisasi

Jawaban: C

38. Demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia, yang digali dan kepribadian bangsa Indonesia sendiri yaitu “ Pancansila”. Demokrasi Pancasila merupakan alat untuk mcnyeleksi masuknya ¡su demokrasi dan Negara lain.

Jawaban: E

39. Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana Negara negara diseluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas territorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa.

Jawaban: A

40. Pers sebagai Media Kontrol Sosial, maksudnya pers sebagai alat kontrol social adalah pers memaparkan peristiwa yang buruk, keadaan yang tidak pada tempatya dan yang menyalahi aturan, supaya peristiwa tidak terulang lagi dan kesadaran berbuat baik serta mentaati peraturan semakin tinggi.

Jawaban: A

41. Salah satu contoh kebebasan berekspresi media massa yaitu sinetron yang menggambarkan pola hidup glamour.

Jawaban: E

42. Hans Kelsen membagi bentuk-bentuk organisasi Negara yang berkaitan dengan pembagian territorial menjadi dua, sentralisasi dan desentralisasi.

Jawaban: C

43. Menurut UU No, 40 taliun 1999 tentang pers, pasal 6 Menegaskan, bahwa pers nasional melaksanakan peranan sebagai berikut : memenuhi hak masyarakat

44. Kosong

45. Kosong

46. Kelemahan terbesar pelaksanaan system pemerintahan pada masa orde baru yaitu :
• Pemerintahan tidak berjalan demokratis, condong ke diktaktorisme
• Kebebasan berpendapat/berkspresi dibatasi
• Tumbuh suburnya praktek KKN

Jawaban: A

47. Ajaran-ajaran yang mengarah kepada kapitalisme dan liberalism, harus dihindari penyebarannya dalam dunia pers, agar pers dapat menempatkan kepentingan nasional diatas kepentingan prihadi dan golongan.

Jawaban: A

48. Sistem Pernerintahan Presidensial di Pakistan berlangsung dan tahun 1 962- I 969, sekarang Negara tersebut kembali ke sistem parlementer kabinet.

Jawaban: C

49. Majalah Tempo adalah majalah yang pernah mengalami pembredelan sebanyak dua kali.

Jawaban: A

50. Peranan pers pada masa orde lama, Iebih banyak merupakan alat bagi apara penguasa.

Jawaban: D

Sekian dahulu postingan dari saya pada hari ini.. Mohon maaf kalau mungkin sedikit lama.. Terima Kasih atas kunjungannya Anda hari ini.. terima kasih juga untuk kak Chania Putri yang sudah membantu dalam keberlangsnga blog ini..


Salam Stefani, Salam Budaya dan Teknologi