Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Sejak dini hingga kita dewasa pasar pasti bukan lah hal yang asing buat kita. Lalu bagaimana pengertian pasar menurut para ahli ? Pasar ada di mana-mana . pasar bisa ada di dekat sekolah kita , mungkin juga ada pasar di dekat rumah kita , atau mal , bahkan di rumah sakit pun ada pasar. Kini pasar bukan hanya pasar tradisional saja yang menjual  barang atau jasa dengan tempat yang becek ,bau , panas , dan lain sebagainya. Dewasa ini pasar modern telah ada di mana-mana . Pasar modern tersebut seperti adanya indomart , alfamart , alfamidi , dan lain sebagainya. Sesuai dengan pengertiannya yaitu pasar merupakan tempat dimana adanya transaksi antara penjual dengan pembeli begitu juga sebaliknya pembeli dengan penjual. Dalam arti sempit yang di lihat dari sudut pandang pasar tradisional , pasar adalah suatu tempat dimana adanya permintaan dan penawaran bertemu. Pasar juga dapat diartikan sebagai suatu tempat dimana terdapat sistem , institusi , prosedur , serta hubungan sosial beserta infrastruktur yang berusaha untuk menjual barang , jasa , dan tenaga bagi orang-orang yang memiliki permintaan dengan imbalan uang. .

Adapun pengertian pasar menurut para ahli seperti menurut William J . Stanton pada tahun 1993 yang mengatakan bahwa pasar adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja , dan kemauan untuk membelanjakan. Lalu menurut WY.Stanton pasar merupakan suatu tempat yang terdapat sebuah sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga sebagai media mempromosikan serta tempat pendistribusian barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli . Sedangkan definisi pasar menurut H. Nystrom adalah suatu kegiatan di mana untuk menyalurkan barang dan jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen. Sedangkan menurut pengertian pasar dari Philip dan Duncan adan merupakan sesuatu yang diliputi oleh semua langkah yang di gunakan atau di butuhkan untuk menempatkan suatu barang yang bersifat tangible yang nantinya akan di tujukan untuk konsumen. Sedangkan pengertian yang lain menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat atau Amerika Marketing Association adalah suatu tempat pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan yang kemudian di arahkan secara khusus untuk barang dan jasa dari produsen ke konsumen. .

Dari pengertian pasar menurut para ahli dapat di simpulkan bahwa pasar adalah pasar di gunakan sebagai tempat dimana para pembeli dan penjual bertemu dan melakukan transaksi jual serta beli barang maupun jasa. Yang dapat diartikan bahwa pasar merupakan suatu tempat dimana nantinya pada haru tertentu para penjual dan pembeli bisa bertemu untuk menjual serta membeli barang . Adapun definisi pasar yang dapat di simpulkan dari pendapat para ahli adalah sebagai mekanisme yaitu bukan hanya sekedar temoat saja , namun juga dapat digunakan untuk menata kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Dimana mekanisme tersebut tidak hanya di mengerti sebagai  salah satu cara untuk bertemunya dengan penjual dan kemudian berpisah , namun lebih dari hal itu yang harus di maknai adalah sebagai tatanan atas berbagai bagian seperti para pelaku yaitu pembeli dan penjual , komoditas yang di perjual belikan serta aturan main baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis namun telah di sepakati oleh para pelakunya, dan regulasi pemerintah yang saling terkait , lalu berinteraksi , dan dengan serentak melakukan gerakan seperti layaknya suatu mesin. .

0 Response to "Pengertian Pasar Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com