Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli



Pengertian kebudayaan menurut para ahli . Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan lepas dari kebudayaan . Lalu , apa kebudayaan yang sebenarnya itu ? Kebudayaan adalah salah satu buat pikiran. Baik berupa benda maupun suatu tindakan yang dimana akan senantiasa perlu terus kita lestarikan untuk menjaga sejarah yag telah lalu dan telah ada ini. Kebudayaan atau culture merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yang berarti colore yang memiliki arti pemeliharaan  serta pengelolaan suatu tanah menjadi suatu tanah pertanian. Lalu kebudayaan sendiri berakar dari kata bahasa sansekerta yaitu buddayah yang berasal dari buhi atau akal. Dengan kata lain budaya dapat di katakana sebagai hasil cipta , rasa , serta karsa manusia di dalam memenuhi segala kebutuhan dalam hidupnya. 

Ada pun pengertian kebudayaan menurut para ahli adalah sebagai berikut : Menurut Prof. Dr. Koentjoroningrat pada tahun 1985 mengatakaan pendapatnya mengenai kebudayaan yaitu merupakan keseluruhan dari sistem gagasan , tindakan , serta hasil karya manusia yang mana dalam rangka kehidupan masyarakat yang di jadikan milik dari manusia yang di raih dengan belajar. Sedangkan menurut Ki Hajar Dewantara adalah kebudayaan merupakan suatu buah budi manusia yang adalah hasil dari perjuangan manusia terhapap dua pengaruh kuat yakin zaman dan alam yang di mana merupakan bukti dari kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup serta penghidupannya yang berguna untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya akan bersifat tertib dan damai. Ada juga menurut seorang arkeolog yaitu R Soekomono yang mengatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan dari hasil usaha manusia baik yang berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupannya. Lalu menurut Effat Al-Syarqawi berpendapat bahwa kebudayaan sebgai khazanah sejarah bagi suatu bangsa atau masyarakat yang tercermin dalam pengakuan serta kesaksianya dan nilai-nilainya yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang di gariskan dalam kehidupan dengan suatu tujuan yang ideal serta makna rohaniah yang dalam , bebar , dari kontradikis ruang beserta waktu. Sedangkan menurut Parsudi Suparlan mengatakan bahwa kebudayaan dapat didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia yang mana sebagai makhluk sosial yang di gunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamannya . Serta menjadi landasan bagi tingkah lakunya. Dan Dr. Mog Hatta pun berpendapat bahwa kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu banmgsa. Lalu Mangunsarkoro memiliki pendapat bahwa kebudayaan adalah segala sesuatu yang merupakan hasil dari kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya . Lalu Drs.Sidi Gazaalba mengatakan bahwa kebudayaan adalah cara berpikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dan tergolong dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan  suatu ruang serta suatu waktu .Lalu Djojodigono pada tahun 1958 mengemukakan pendapatnya mengenai definisi kebudayaan bahwa kebudayaan merupakan suatu daya dari budi dimana yang berupa cipta , karsa , dan rasa. Sedangkan Edward burnett tylor memandangan kebudayaan merupakan suatu keseluruhan yang kompleks dimana yang didalamnya terkandung pengetahuan serta kepercayaan , kesenian , moral , dan hukum , adat-istiadat serta kemampuan-kemampuan lain yang di buat seseorang sebagai anggota masyarakat. 

Dari pengertian kebudayaan menurut para ahli dapat di simpulkan bahwa kebudayaan adalah suatu pemahaman dalam suatu masyarakat yang dapat berupa pengetahuan mengenai adat – istiadat suatu daerah disertai dengan kemampuan-kemampuan yang lain yang di buat oleh anggota masyarakat setempat.

0 Response to "Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com