Jawaban PKN Kelas X Halaman 211 Pulau Nipah Kasus Ambalat Sipadan dan Ligitan






Jawaban PKN Kelas X Halaman 211 Pulau Nipah Kasus Ambalat Sipadan dan Ligitan



Perhatikan dan cermati cerita berita pada halaman 210…

Pulau Nipah, Kepulauan Riau
Negara yang terdiri dari ribuan pulau kecil sepanjang Sabang hingga Merauke ini membutuhkan perhatian dan fokus ekstra dari warga negaranya. Telah banyak kasus yang timbul akibat lengahnya warga negara dan pemerintah Indonesia, seperti kasus Ambalat, Sipadan dan Ligitan, dan belakangan ini juga timbul kasus pada pulau Nipah.
Pulau kecil yang berada di bagian Kepulauan Riau ini berfungsi sebagai wilayah pembatas antara Indonesia dan Singapura. Pada mulanya di tahun 1970-an sedikit demi sedikit pasir laut yang ada di pulau ini dikeruk oleh warga Indonesia sendiri untuk diekspor ke Singapura. Dengan perahu-perahu tongkang yang bermuatan besar, pasir pulau Nipah di kirim ke Singapura tanpa adanya perawatan dan pencegahan yang serius mengenai dampak yang terjadi.
Warga pesisir kepualauan Riau yang bekerja sebagai nelayan dan yang menjadikan pulau ini sebagai sumber penghasilan mulai merasa resah dengan kerusakan yang ditimbulkan dari eksploitasi tersebut. Bayangkan saja, sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni ini memiliki biota laut yang beragam, yang ekosistemnya terjaga dengan baik oleh alam, dan terumbu karang yang masih asli, tiba-tiba diganggu oleh datangnya perahu-perahu besar dengan pengerukan yang dilakukannya. Betapa ikan-ikan yang merupakan sumber penghasilan nelayan ini terusik, dengan berkurangnya pitoplankton dan zooplankton yang merupakan sumber makanan mereka. Akibat lain yang muncul adalah hancurnya terumbu karang dan keruhnya air laut. Hal tersebut berdampak serius bagi kelangsungan ikan-ikan, tumbuhan, dan kehidupan lain yang ada di bawah laut sekitar Nipah. Masalah yang timbul adalah merosotnya penghasilan warga sekitar dan menurunnya kesejahteraan rakyat sekitar pulau Nipah.
Sumber: www.jakartagreater.com

Berdasarkan cerita tersebut, jika dilihat dari geopolitik dan hukum internasional, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang salah terhadap pertahanan dan keamanan Indonesia sehingga hal ini terus berulang? Bahkan bukan hanya Nipah, terdapat kasus Ambalat, Sipadan, dan Ligitan, juga wilayah lain yang menjadi wilayah persengketaan dengan negara tetangga.

Jawaban : Menurut pendapat saya, kasus blok Ambalat, pulau Sipadan dan Ligitan, serta yang terakhir pulau Nipah ini adalah kasus yang berbeda namun memang merujuk pada satu persoalan, yaitu Negara kita, Indonesia sebagai Negara kepulauan atau Negara maritime kurang mengelola wilayah laut termasuk semua pulau-pulau terluar, sehingga muncullah klaim-klaim dari Negara lain. Seharusnya Negara kita terus berupaya menjaga kekayaan dan berkonsentrasi untuk memelihara semua pulau tersebut agar tidak ada kesempatan lagi untuk Negara lain memiliki atau mengambil keuntungan yang tidak dibenarkan secara hukum dan dapat merugikan kita sebagai Bangsa Indonesia.
(mohon maaf apabila ada salah kata, buat yang mau menambahi bisa di kolom komentar, terima kasih)

2. Usaha apa yang harus dilakukan untuk menjaga keutuhan nusantara?

Jawaban : Usaha yang perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan nusantara adalah pertama kita perlu paham akan kosep wawasan nusantara, kemudian apapun yang terjadi, isu apapun yang ada di tengah masyarakat kita, kita tidak boleh lupa akan ideology bangsa kita. Ideologi harus diaktualisasikan dalam bidang kenegaraan oleh Warga Negara Indonesia karena ideology Pancasila mengakui keanekaragaman dalam hidup berbangsa dan dijadikan alat untuk menyejahterakan dan mempersatukan masyarakat.

3. Apa realisasi nyata atas komitmen kalian sebagai pelajar dan warga Negara  secara umum untuk menjaga keutuhan nasional sebagai bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara?

Jawaban : Realisasi kami sebagai pelajar dan juga warga Negara adalah mempelajari dan wawasan nusantara yang mana sebagai visi bangsa. Kemudian mendukung persatuan bangsa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan individu atau golongan, mendukung upaya untuk mewujudkan suatu keadilan social dalam masyarakat, mempunyai wawasan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk membela Negara yang dilandasi oleh rasa cinta tanah air, dan lain lain kalian bisa baca di-- ( halaman 223)


Sekian dahulu pembahasan saya kali ini, pertama saya ingin tekan kan bahwa jawaban pada postingan ini belum tentu 100% benar. Saya harap jawaban ini dapat membantu sebagai referensi kalian untuk menemukan jawaban yang lebih tepat.

Akhir kata, Apabila kamu menyukai blog ini bisa tolong klik ikuti pada samping bar di blog ini, atau bisa juga terhubung dengan penulis melalui facebook di >> nifafani's blog atau bisa juga kontak penulis di instagram @stefanikristina, dengan senang hati bakalan penulis follow back (tolong DM yaa,, jangan lupaaa ^^) . Untuk bantu penulis update post yang lain bisa juga hubungi via email di stefanikristina@gmail.com. Okee sekian

0 Response to "Jawaban PKN Kelas X Halaman 211 Pulau Nipah Kasus Ambalat Sipadan dan Ligitan"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com