Cara Menyampaikan Tanggapan Berupa Kritikan

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika seseorang ingin memberikan sebuah kritikan maka orang tersebut harus memberikan alasan yang cukup kuat untuk mendukung kritikan mereka bukan ? Nah inilah yang akan kita bahas bersama yaitu mengenai mengkritik suatu hal disertai dengan Alasan.

Pelajaran kali ini diambil dari bab satu dari buku paket atau buku pelajaran kelas 6 SD mengenai Berbicara. Pada bab ini para siswa didik diajak untuk menanggapi atau mengkritik atau memuji sesuatu hal disertai dengan sebuah alasan serta menggunakan bahasa yang santun dan benar.

Sebelum kita terus belajar mengani mengkritik mari saya sapa para pembaca setia @NifaFani , terima kasih sebelumnya telah berkunjung dan menjadi pembaca setia blog saya :)
Say thank you juga untuk yang hanya sekedar iseng dan sebenarnya nggak niat juga membaca blog saya , tapi saya lebih berterima kasih kembali bila Anda meninggalkan komentar Anda di setiap postingan yang Anda baca hehe

Oke kembali pada mengkritik suatu hal disertai alasan

Menurut buku pelajaran bahasa indonesia kelas 6 SD ini kritik adalah merupakan sebuah tanggapan dimana sebuah tanggapan itu adalah merupakan suatu wujud sikap terhadap sesuatu yang sedang terjadi atau yang telah terjadi . Jadi kritik atau tanggapan ini adalah sesuatu yang berisi tentang baik buruk suatu hal.

Lalu apakah dalam menyampaikan sebuah kritikan atau saran ini kita harus menggunakan suatu cara ? Jawabannya adalah ya !



Bagaimana ?

Cara untuk menyampaikan sebuah tanggapan yang berupa kritik :

1. Tanggapan harus sesuai dengan masalah yang sedang di hadapi 
2. Disampaikan secara jelas . Jadi kalimat yang hendak Anda gunakan haruslah tidak menggunakan kata yang terlalu rumit atau berbelit sehingga membuat orang lain tidak memahaminya.
3. Dinyatakan dengan alasan yang cukup masuk akal
4. Alasan yang digunakan harus tepat sehingga orang yang mendengarkan akan merasa yain dan percaya
5. Bahasa yang digunakan pun harus juga santun yang berarti bahasa yang Anda gunakan tidak boleh mengandung SARA 

Nah dari postingan kali ini apakah yang Anda pelajari mengenai mengkritik seseorang ? Sudahkah Anda memahaminya ? Bila belum Bisa Anda baca kembali dan mencoba mempelajari kembali.

Ingat dalam menyampaikan sebuah kritikan yang penting dan perlu di perhatikan adalah jangan pernah sampai menyinggung perasaan orang lain.

Oke sekian dahulu postingan dari saya kali ini.