Sejarah Singkat Karawitan

Selamat Siang dan Salam Sejahterah Untuk kita semua :)

Sebelumnya benar-benar saya ucapkan terima kasih pada para pembaca sekalian yang telah mengunjungi blog saya baik para stalker maupun Anda yang benar-benar tulus untuk mengunjungi saya di blog ini . Dan mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk Anda yang ingin bertemu saya namun belum sempat karena terbatasnya waktu *eaa ngarang* Yah intinya untuk yang membuka postingan saya di Sanggar Seni Musik Tradisional Surabaya dan ingin bertemu saya namun belum sempat saya mohon maaf , tetapi jangan patah semangat untuk tetap belajar akan budaya kita ya :)

well , sebelumnya saya memposting ini di karena kan saya yang ga mov atau gagal move on *sedih deh* bagaimana tidak ketika saya beres-beres justru ternyata dua lemari penuh masih berisi materi pembelajaran selama saya masih bersekolah di SMKI Surabaya huhuhuhu :') Tapi saya nggak sedih :') Kan saya strong *eaaaa*


Tapi karena kebetulan telah menemukan ini semua jadi saya nggak ada salahnya berbagi materi juga selama saya belajar di sekolah seni :)

Kelompok : Adi , Heri , Milzam , Stefani 

Adi :  Asal muasal Gamelan dan Karawitan 

Seni Karawitan adalah seni mengolah bunyi benda atau alat bunyi-bunyian ( instrumen ) tradisional gamelan.
Perangkat musik gamelan yang pertama adalah Gong , lalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman.
Banyak pengertian tentang arti karawitan :
  1. Karawitan adalah keharmonisan , elegan dan kehalusan dalam bermain musik gamelan 
  2. Karawitan adalah subjek atau seseoran yang memiliki perasaan harmonis dan halus dalam memainkan musik gamelan.

Heri :  

Dalam memainkan karawitan tidak dapat dimainkan dengan sesuka hati , melainkan harus juga dapat memaknai secara mendalam tentang lagu-lagu yang dibawakan.
Lagu-lagu dalam seni karawitan berpengaruh dalam sikap manusia pada kehidupan sehari-hari . Misalnya mengarah pada keselamatan dan permintaan. Maka dari itu pengrawit tidak hanya sekdar memainkan bunyi-bunyian tapi memang harus mengerti dan memaknai setiap gendhing atau lagu-lagu yang di bawakan.


Milzam :

Karawitan juga dapat diartikan sebagai gamelan jawa atau seperangkat instrumen sebagai penyataan musical. Musik gamelan adalah alat musik nondiantonis , yang larasnya terdapat dua macam yaitu pelog dan slendro.

Seni karawitan atau gamelan mengandung nilai-nilai historis dan filosofis. Nilai historisnya adalah Gamelan jawa adalah alat musik tradisional yang telah di wariskan sejak dahulu hingga berkembang sampai saat ini dan secara filosofis gamelan ini adalah alat musik yang mengalukan gendhing-gendhing yang memiliki makna dalam penyampaian pada pendengar dan merupakan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari manusia.

Waduh beberapa catatan ada yang hilang :') oke next post saja ya untuk catatn yang selanjutnya :')

Untuk arek-arek Surabaya dan sekitarnya yang ingin ikut gabung di sanggar seni karawitan bisa langsung gabung cek postingan saya sebelumnya yaa Sanggar Seni Musik Tradisional Surabaya