Cerita Singkat Sanggar Seni Musik Tradisional Surabaya

Surabaya mana suaranya :D

Surabaya kota pahlawan dan ibu kota jawa timur kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta . Surabaya kota kelahiran saya dan tempat dimana saya di besarkan. hayoo arek-arek Suroboyo mana yang peduli dengan budaya bangsa suaranya dimana semuaaa :))

Kali ini saya akan kembali mengulas tentang Sanggar Seni Musik Surabaya yang telah saya bahas secara singkat pada postingan sebelumnya. Oh ya sebelumnya sungguh senang sekali saya mendengar ada yang bergabung ke Sanggar Seni Musik Surabaya ini berkat tulisan saya. Bru saja kamerin pagi dan minggu lalu Bapak pembimbing dan Guru PPL saya menghubungi saya dan mengatakan bahwa berkat tulisan pada postingan saya sebelumnya ada beberapa anak gabung di Sanggar :) Puji Tuhan . 

Sungguh saya senang mendengar kabar ini, Sanggar Seni Musik Tradisional Surabaya ini telah ada sejak tahun 2010 dan didirikan oleh seorang dosen dari Universitas Swasta STKW ( Sekolah Tinggi Karawitan Wilwatikta ) Dosen yang mengajar jurusan seni karawitan inilah yang memiliki semangat yang tak pernah padam untuk mengembangkan budaya bangsa warisan dari nenek moyang kita yaitu Seni Karawitan yang di mainkan menggunakan gamelan jawa. 

Ayo dong yang para remaja sekalian masa tidak terketuk hatinya untuk ikut melestarikan juga? Kalau bukan kita siapa kah yang akan melestarikan budaya bangsa ini? Bila kita tak mencintainya maka lambat laun pasti budaya ini tidak akan kita kenal lagi dan bisa jadi budaya yang ada sekarang ini akan dimiliki oleh negara asing dan mereka lestarikan :') Sayang sekali bukan?

Jadi buat remaja - remaja atau anak-anak atau bahkan orang tua yang ingin belajar akan budaya bisa langsung ikut yuk gabung si Sanggar Seni Musik Tradisional ini. Disana kita tidak hanya belajar karawitan saja loh , disana kita bisa belajar akan sejarahnya , belajar musik lain , adat , tata cara dan lain sebagainya. Untuk Anda yang senang bernyanyi Anda bisa belajar Sinden pada beliau Pak Luwar . Untuk Contact person nya langsung saja hubungi 081553493174.

Disanggar ini tidak memandang usia. Kini seiring berjalannya waktu anggota kami ada banyak mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua jadi satu dan belajar bersama berbagi ilmu dan pengetahuan serta pengalaman. tidak ada yang unggul atau mendo semua sama yaitu belajar :)

Selain belajar di Sanggar kita juga akan tampil di luar nantinya dalam acara tertentu. Nah buat yang ingin gabung yuk langsung saja hubungi Pak Luwar di nomor diatas :). untuk pembaca sebelumnya yang sudah membaca postingan saya mengenai Sanggar Seni Musik Tradisional Surabaya ini dan belum sempat bertemu saya , saya mohon maaf :) Tenang saja , Anda tidak perlu khawatir karna suatu saat nanti Anda akan bertemu saya dan belajar bersama :) 
Foto Sebelum parade gamelan SMKN 10 Surabaya Tahun 2013
Foto ini diambil sesaat sebelum kami parade gamelan , namun sayang ini bukan atas nama sanggar tetapi saya dan kakak-kakak kelas yang mewakili sekolah dalam acara tahunan Parade Gamelan 2013  yang saat itu di hadiri oleh 30 peserta, 15 peserta sekolah SD hingga SMA/SMK pilihan seSurabaya dan yang 15 adalah golongan sanggar baik muda maupun hingga tua. Nah karena saya tidak memiliki foto dengan sanggar jadi lain kali saya baru bisa upload dan berbagi cerita :)

Selama kita masih mampu mengapa tidak untuk ikut melestarikan budaya bangsa ? Meski memakai baju adat seperti kebaya saya diatas bukan berarti kita tidak bisa tampil cantik bukan ? Tampil cantik dan alami lalu dapat mencerminkan budaya bangsa , siapakah yang tidak kagum ?

Indonesia yang luas dan kaya akan budaya nya ini perlu untuk dilestarikan agar anak cucu kita nantinya dapat juga turut merasakan serta menikmati bukan hanya sekedar mengetahui saja :').  Jadi buat para pembaca sekalian yang ingin gabung di sanggar bisa langsung hubungi Pak Luwar dan kontak langsung :') Jadwal latihan kami adalah setiap hari minggu bertempat di kampus STKW ( Sekolah Tinggi Karawitan Wilwatikta ) pukul 7 pagi. Buat yang ingin lihat atau main-main dahulu monggo bisa datang , terbuka untuk umum dan semua usia dapat daftar di sanggar ini :) 

Saya sebagai penulis pun juga merupakan siswi yang belajar pada sanggar tersebut :)) Jadi buat yang ingin bertemu saya , Sabar .. yuk buruan gabung bersama kami di Sanggar Seni Musik Tradisional Surabaya ini .

Mari lestarikan budaya bangsa !! Salam Stefani Salam Budaya dan Teknologi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cerita Singkat Sanggar Seni Musik Tradisional Surabaya "

  1. Halo Fani, saya lagi bikin sebuah film dokumenter nih. Setelah baca tulisanmu, saya tertarik memasukkan Pa Luwar sebagai salah satu narasumber. Nomer beliau yang kamu tulis apakah masih aktif? Ada kontak lain? Saya mau coba hubungin besok pagi. Thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Taufik. Masih Aktif kok. Silakan hubungi beliau saja. kalau susah hubungi nanti saya coba sambungkan hub aja via email ke stefanikristina@gmail.com/ 089604344739 Salam Stefani

      Delete
  2. Halo disini saya tertarik ingin gabung apakah nomornya Pak Luwar diatas masih aktif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak maaf ya saya baru reply,, Pak Luwar sudah tiada kak.. jadi saya kurang tahu tentang sanggarnya. Mungkin nomornya masih aktif namun di gunakan oleh istri beliau. Bisa langsung di hubungi kak atau dtg aja ke STKW :') Semoga membantu.. Terima Kasih

      Delete

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel