Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Halaman 94

Hai Pembaca setia blog @NifaFani 

Menjadi seorang siswa memang tidak mudah terutama siswa SMK . Dahulu saya sering memandang remeh mengenai SMK. Hingga saya memutuskan untuk melanjutkan sekolah di SMA Negeri yang jauh dari kota saya kini yaitu Ambarawa. Meski tidak jadi bersekolah disana , namun saya cukup tahu bagaimana pembelajaran di SMA dan SMK karena saya memulai memasuki bangku SMA dari tahap tes hingga hampir memasuki masa pembelajaran .  Itu lah yang membuat saya tahu dan banyak belajar mengenai sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan. 

Hmm untuk kali ini disambi saya mengerjakan pesanan artikel  ,  saya ingin merifisi beberapa postingan yang sempat saya posting . Hmm untuk teman - teman sekelas atau seangkatan saya tentu tahu bukan mengapa saya memposting hal ini. Well beberapa hari yang lalu sempat ada teman saya yang kaget mengetahui bahwa saya telah selesai mengerjakan ini padahal baru saja di berikan tugas oleh guru saya hehe :D

Sebenarnya simple , saya mengerjakan hal ini karena saya tidak ingin selama magang menjadi malas belajar. Makanya saya ambil beberapa buku yang saya senangi seperti sejarah indonesia , pkn , dan bahasa indonesia , serta seni budaya untuk saya pelajari dan pelajari hehe :)

Jadi meski di tengah kesibukan saya selama makan dan mengerjakan beberapa pesanan artikel , saya tidak akan melupakan untuk mengerjakan tugas dan berbagi dengan Anda :) 

Oke selamat membaca dan menyalin , inget koreksi terlebih dahulu yaaa..

Latih Uji Kompetensi Halaman 94 :


     1.        Pertanyaan : Jelaskan mengapa para pemuda melakukan penculikan atau pengamanan terhadap Sukarno dan Moh.Hatta !
Jawaban : pada waktu itu para pemuda melakukan penculikan terhadap Sukarno dan Moh.Hatta karena mereka ingin Sukarno segera memproklamasikan kemerdekaan selagi Jepang menyerah tanpa syarat pada sekut serta Indonesia sedang tidak pada jajahan bangsa manapun.

2.      Ceritakan secara singkat bagaimana kronologi peristiwa Rengasdengklok, sampai akhirnya terjadi penyusunan teks proklamasi?
Jawaban : pada sesaat sebelum tepat tanggal 17 Agustus 1945 Sukarno – Hatta berusaha untuk melakukan negosiasi pada Nishimura pihak Jepang yang kala itu sedang berada di Indonesia dan di beri mandate untuk menggagalkan rencana Sukarno – Hatta yang ingin memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu akhirnya Sukarno – Hatta ke rumah Laksamana Muda Maeda yang dikira cukup aman dari pihak Jepang dan mulai merundingkannya di meja makan Maeda. Hingga akhirnya semua selesai sesuai rencana .

3.      Ketika dipaksa para pemuda untuk menuju Rengasdengklok , Sukarno dan Moh Hatta tidak menolaknya . Padahal beliau sebagai tokoh utama PPKI memiliki kekuatan dan kewibawaan. Mengapa hal itu bisa terjadi , apa makna yang ada di balik itu semua ?
Jawaban :Pada saat diajak untuk ke Rengasdengklok memang tidak menolak , namun pada saat di minta untuk memprokalmasikan kemerdekaanlah mereka menolak karena ingin meminta persetujuan dahulu pada Jepang.

4.      Jelaskan secara singkat bagaimana latar belakang , proses, dan dampak terjadinya pertempuran Surabaya!
Jawaban : pertempuran Surabaua di latar belakangi oleh Belanda yang merobek bendera merah putih milik Indonesia di hotel Yamato dan mengibarkan bendera Belanda. Hingga akhirnya terkumpulnya massa di tempat itu dan mulailah terjadi peperangan anatara arek Surabaya dan Belanda.

5.      Lakukan observasi di sekitar tempat tinggalmu! Apakah terdapat peninggalan yang berkaitan dengan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan? Apabila di sekitar tempat tinggalmu tidak ada, carilah informasi di buku , majalah , atau media lainnya. Secara singkat , buatlah cerita sejarah terjadinya peristiwa tersebut!
Jawaban : Peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan di wilayah kota saya adalah pertempuran 10 Nopember itu yang di mulai karena penrobekan bendera merah putih dan di gantinya bendera merah putih Indonesia.