Pembahasan Sejarah Indonesia Halaman 188

Akhirnya sampai juga saya pada akhir pengeditan kunci jawaban di blog pribadi saya ini. Well diakhir ini saya ingin mengatakan HAPPY READING dan buat teman - teman seangkatan saya Segera kumpulkan tugasnya meski yang sempat copas atau pun fanatik dengan tidak mengopas hehe. But apapun yang kalian lakukan , copas maupun tidak. Terima kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.

Saya tahu Anda memiliki banyak pendapat mengenai saya baik yang buruk maupun tidak , akan tetapi saya akan menerimanya dengan senang hati . Untuk Anda yang ingin menilai saya dari luar , monggo. Well selama saya tidak merasa merugikan Anda , saya pun merasa tenang- tenang saja meski kata-kata Anda sebagai teman dekat saya tidaklah baik.

Oke selamat membaca dan saya kembali pada aktivitas saya untuk membuat artikel. Bye :)



Latih Uji Kompetensi Halaman 188

1.      Pertanyaan : Terjadinya perundingan Renville menimbulkan perbedaan pendapat para tokoh bangsa Indonesia . Jelaskan alasan para tokoh yang menentang hasil perundingan Renville!
Jawaban : Perjanjian Renville di tolak karena wilayah Republik Indonesia semakin sempit karena di terimana garis demarkasi Van Mook. Lalu ada beberapa anggota TNI yang di kuasai oleh Belanda. Karena itulah isi perjanjian Renville mendapat tetangan.



2.      Pertanyaan : Menurut pendapatmu , bagaimana peranan bangsa asing yang ikut serta memecahkan masalah Indonesia Belanda?
Jawaban :Bangsa asing yang membantu Indonesia untuk menentang dan mengusir Belanda memang baik meski mereka memutuskan untuk berada pada posisi tengah-tengah agar Indonesia dan Belanda berdamai.

3.      Pertanyaan : Pada tanggal 1 Juli 1947 Belanda melakukan Agresi Militer 1 . Jelaskan latar belakang dan dampak terjadinya Agresi Militer Belanda 2
Jawaban : latar belakang terjadinya agresi militer Belanda yang ke 2 adalah Belanda masih tetap pada tujuan utama yaitu ingin menjajah bangsa Indonesia dan tidak ingin melepaskan kekuasaannya pada Indonesia.

4.      Pangliman besar Jendral Sudirman beserta tentaranya melakukan perang gerilya sebagai bentuk perlawanan terhadapat Belanda. Apakah kamu sepakat dengan tindakan yang di lakukan Sudirman? Jelaskan alasanmu!
Jawaban : Ya saya juga setuju dengan taktik Jendral Sudirman yang melakukan perlawanan tehadap Belanda engan perang gerilya yang menunjukan semagat dan tekat yang kuat rakyat Indonesia.

5.      Pertanyaan : Perjuangan bangsa Indonesia mencapai kedaulatan penuh mengajarkan kepada kehidupan sekarang bagaimana pentingnya kemerdekaan penuh. Menurut pendapat kamu , apakah saat ini Indonesia sudah merdeka 100%? Apakah ada sendi-sendi kehidupan bangsa Indonesia yang belum merdeka? Apa bila ada coba kamu tuliskan contoh dan analisislah penyebabnya!
Jawaban : Menurut pendapat saya pribadi Indonesia belumlah merdeka sepenuhnya. Masih banyak yang belum di merdekakan , seperti dalam bidang ekonomi dan social budaya yang sungguh semakin lama semakin buruk dan Indonesia tidak membuatnya semakin baik. Penyababnya  satu hal yaitu salahnya didikan dari pada dahulu-dahulu mulai dari korupsi dan lain-lain. Dalam hal sederhana , rakyat Indonesia pasti kini tidak mengerti apa itu politik dan hanya asal saja dalam berbicara mereka tidak tahu harus memihak siapa , yang mereka tahu hanyalah uang dan uang. Begitu juga para petinggi-petinggi negeri ini.