Berapa Penghasilan Pekerja Freelance Selama Setahun?



Berapa Penghasilan Pekerja Freelance Selama Setahun?

Awalnya aku mau bikin judul Penghasilan ng-Goclean dan ng-Grab Selama Setahun bisa Sampai 25 juta! tapi nggak jadi :v soalnya kayak kurang gitu kan toh aku juga nggak cuma dari dua pekerjaan ini. Kali ini aku mau bahan tentang berapa penghasilan pekerja freelance selama setahun. Ini dari pengalamanku sendiri yaa..

Sekilas sebelum kalian lihat gambar di bawah ini, setahun terakhir yaitu sepanjang tahun 2019 aku kerja freelance (sampai sekarang sih) mulai ng-blog, ngelesi renang, ng-goclean, sampai jadi driver grab. Dari semua pekerjaan ku itu yang paling aku sukai ngblog dan nglesi renang. Namun dari segi penghasilan aku merasa kurang, jadi dari ke empat pekerjaan yang sudah aku lakukan itu paling aku sukai dan aku tekuni sampai sekarang adalah ng-grab

Berapa Penghasilan Pekerja Freelance Selama Setahun?
Berapa Penghasilan Pekerja Freelance Selama Setahun?
Awal  tahun sampai bulan Mei aku masih ng-goclean. Keliatannya penghasilannya nggak begitu banyak ya, tapi aku cuma kerja sehari satu sampai dua juga, mentok empat jam dan itu jarang banget. Trus aku juga lebih banyak libur dan dirumah ;) Selama bulan-bulan itu aku juga nyambi ng-lesi renang. Di bulan April dan Mei aku mulai MIX antara go-clean dan ng-grab, kadang ya ng-goclean kadang ya ng-grab kenapa? soalnya aku lagi ikut suatu kegiatan. 

Setelah bulan Mei, aku memutuskan untuk berhenti di Go-Clean, karena sistem peraturannya terlalu ketat dan memang nggak sefleksibel kalau ng-grab. Akhirnya aku fokus lah ng-grab doang. Sampai akhir bulan dan juga di awal tahun 2020 ini aku masih menekuni pekerjaan yang sama dengan penghasilan yang bisa kalian lihat pada gambar atau di bawah ini.. 

Catatan Penghasilan 2019

Januari Rp. 1.320.000
Februari Rp, 1.630.000
Maret Rp. 1.533.000
April Rp. 237.000
Mei Rp. 777.000
Juni Rp. 2.499.000
JuliRp. 2.245.000
Agustus Rp. 2.616.000
September Rp. 3.693.000
Oktober Rp. 3.458.000
November Rp. 2.646.000
Desember Rp. 2.155.000

Untuk penghasilan Grab belum dipotong sebanyak 20% yaa, untuk goclean 30% . Buat sebagian orang mungkin keliatannya lumayan banget, tapi aku merasa penghasilan segini yaa memang sudah lumayan sih, hanya saja yang buat aku heran, kenapa kalau lumayan aku kaga punya tabungan ya? :')

Tentang ini aku belum bikin catatan lagi sih, karena selama sepanjang tahun ini kan aku juga kuliah, aku juga ada keluar biaya untuk sehari-hari, kebutuhan dirumah, bayar sekolah adek, dan juga ngasih orang tua, mungkin ini kali yaa yang ngebuat aku akhirnya ga ada tabungan bahkan di akhir tahun 2019.

Sebenernya penghasilan dari kerja freelance iitu lumayan kok, tergantung gimana kalian dalam memanjemen keuangan kalian, kalau kalian boros ya sama aja sih(kayak aku). Aku ini juga termasuk tipe yang boros dan suka banget jalan-jalan, jadi jangan kaget kalau lihat kadang aku dimana trus tiba-tiba sudah dimana hehe, emang dasar orangnya suka banget jalan-jalan.

Tapi karena sekarang usiaku sudah mau bertambah aku jadi sadar, aku nggak bisa seperti ini terus ;) aku harus melangkah, dan aku harus punya tabungan untuk berubah. Makanya aku mulai kurangi untuk konsumtif, beli sesuatu yang memang perlu, dan kalau perlu tambah jam kerja agar pemasukan terus meningkat.

Kalau ngomongin pengeluaran sudah jangan ditanya pasti tiap hari akan ada pengeluaran meskipun kamu nggak keluar rumah, tapi gimana caranya kamu juga ada pemasukan setiap hari nya.

Oh ya,, ini ceritaku selama kerja freelance mungkin sampai disini dulu, apabila ada yang ingin ditanyakan bisa langsung kontak via IG di @diliburinaja.id atau via kolom komentar di bawah ini. Buat kalian yang sama juga kerja freelance bisa sharing mungkin, siapa tahu aku bisa juga mengikuti jejak kalian, soalnya lagi butuh buat tambahan dana nih ehehhe *canda, tapi serius*

Oke, sekian dulu yaaaa.. jangan lupa untuk klik IKUTI di akhir postingan ini atau di samping postingan ini. Bagikan juga ke teman kalian yang mungkin butuh masukan kira-kira berapa sih penghasilan dari kerja freelance?

Terima kasih telah berkunjung.. Tuhan Memberkati

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berapa Penghasilan Pekerja Freelance Selama Setahun?"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel