Jawaban PKN Kelas X Halaman 202 Wawasan Nusantara







Soal PKN Kelas X Halaman 202 Wawasan Nusantara



Berdasarkan gambar tersebut, jawablah pertanaan berikut dengan tepat.

1. Mengapa mereka ingin tetap mewujudkan Indonesia kokoh dalam persatuan, padahal bangsa Indonesia itu berbeda-beda?

Jawaban : Karena apabila rakyat Indonesia tidak bersatu maka akan mudah bangsa lain untuk kembali menjajah banga kita, Negara kita tercinta, Indonesia. Untuk itu perlu adanya wawasan nusantara dan diterapkan di kehidupan masyarakat Indonesia, terutama persatuan dan kesatuan.

2. Coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat merugikan persatuan dalam konteks wawasan nusantara?

Jawaban : Akhir-akhir ini terdapat isu awal tahun yaitu berupa gossip, yang kita lihat sekilas melalui media, kemudian dibahas pada lingkungan rumah yang mana para ibu-ibu rumah tangga atau sesama teman, kemudian ada perbedaan pendapat atau cara menanggapi antara satu orang dengan yang lainnya. Akhirnya timbullah pertengkaran hingga perpecahan apalagi apabila menyangkut atau membawa soal agama  (maaf apabila ada salah kata, ini hanya sebuah contoh bisa kalian kembangkan atau mencari contoh yang lain)

3. Upaya apakah yang harus dilakukan untuk menjaga wawasan nusantara?

Jawaban : Upaya yang harus dilakukan untuk menjaga wawasan nusantara adalah dengan cara membina dan membangun atau menyelenggarakan kehidupan nasional yang baik. Untuk itu, pembinaan dan penyelenggaraan tata kehidupan bangsa dan Negara disusun atas dasar hubungan timbal baik antara semua aspek dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional. 

4. Apakah kalian termasuk orang yang mampu menghindari dari sikap atau perbuatan yang dapat merugikan persatuan?

Jawaban : Ya, alasannya karena saya mencintai negeri ini dan saya juga ingin mempertahankan persatuan dan  kesatuan bangsa ini. Saya pun sebagai pelajar juga mengerti akan pentingnya wawasan nusantara. 

5. Bagaimana pendapat kalian melihat orang yang berperilaku dan bersikap merugikan persatuan dan kesatuan bangsa!

Jawaban : Pertama saya merasa miris dan sedih sebagai pelajar, apabila orang tersebut adalah teman saya atau orang yang dekat dengan saya maka saya akan memberitahunya perlahan bahwasannya kita sebagai bangsa Indonesia perlu untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa kita agar kita tidak mudah untuk di pecahkan atau di adu domba oleh bangsa asing. Perjuangan pahlawan kita dahulunya perlu untuk kita kenang dan kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa ini agar tidak dijajah kembali oleh bangsa asing.

Kesimpulan :

Pada intinya wawasan nusantara adalah merupakan cara pandang terhadap bangsa sendiri. Kata “ wawas” yang berarti melihat atau memandang.

Satu pendapat pengertian Wawasan Nusantara yang diusulkan menjadi ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat dan dibuat di Lemhanas Tahun 1999 sebagai berikut :

“ Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.  “


Sekian dahulu postingan kali ini. Mohon maaf apabila ada salah kata dan jawaban. Jawaban ini diharapkan membantu untuk kamu mengembangkan jawaban lain sesuai dengan apa yang kamu dapatkan di blog ini. Apabila kamu menyukai blog ini bisa tolong klik ikuti pada samping bar di blog ini, atau bisa juga terhubung dengan penulis melalui facebook di >> nifafani's blog atau bisa juga kontak penulis di instagram @stefanikristina, dengan senang hati bakalan penulis follow back (tolong DM yaa,, jangan lupaaa ^^) . Untuk bantu penulis update post yang lain bisa juga hubungi via email di stefanikristina@gmail.com. Okee sekian.


0 Response to "Jawaban PKN Kelas X Halaman 202 Wawasan Nusantara"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com