Pembahasan Soal PKN Kelas X Halaman 56



Selamat pagi ( kali ini nulisnya bener-bener pagi jadi saya ucapkan selamat pagi yaa temna-teman!), mudah-mudahan yang berkungjung ke blog ku bukan cuma cari pembahasan kemudian di jiplak gitu aja yaa, tapi informasi yang memudahkan untuk pengerjaan tugas atau sekedar menambah ide. Jadi mohon di koreksi atau periksa terlebih dahulu.

soal-soal pkn kelas X, kunci jawaban pkn kelas X, pembahasan soal pkn kelas X
Pembahasan Soal PKN Kelas X


Tugas Kelompok 2.2

Lakukanlah identifikasi terhadap perilaku masyarakat di lingkungan sekitarmucyang mencerminkan perwujudan upaya membangun kerukunan beragama.Tuliskan hasil identifikasi kalian ke dalam tabel di bawah ini. Informasikan hasil identifikasi kalian kepada kelompok yang lain.

Tabel 2.6

Contoh Perilaku Masyarakat di Lingkungan Sekitarmu yang Mencerminkan Perwujudan Upaya Membangun Kerukunan Beragama.

No
Komponen kerukunan beragama
Contoh perilaku
1.
Kerukunan internal umat
seagama
a. Mengikuti kegiatan keagamaan
b. Mengikuti ibadah bersama
2.
Kerukunan antar umat
berbeda agama
a.       Bergotong royong membersihkan lingkungan
b.      Saling menghormati & menghargai
c.       Bekerja sama dengan baik
3.
Kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah
a.       Merayakan hari besar keagamaan yang ditetapkan oleh pemerintah
b.       Saling Toleransi antar umat beragama
c. Dialog antar umat beragama namun bukan membahas akan perbedaan tapi bagaimana menjalin hubungan yag damai, kerukunan, dalam hidup bermasyarakatan.


Kerukunan antar umat seagama berarti adanya kesepahaman dan kesatuan untuk melakukan amalan dan ajaran agama yang dipeluk dengan menghormati adanya perbedaan yang masih bisa ditolerir. Dengan kata lain dengan sesama umat seagama tidak diperkenankan untuk saling bermusuhan, saling menghina, saling menjatuhkan, tetapi harus dikembangkan sikap saling menghargai, menghomati dan toleransi apabila terdapat perbedaan, asalkan perbedaan tersebut tidak menyimpang dari ajaran agama yang dianut. Kemudian, kerukunan antar umat beragama adalah cara atau sarana untuk mempersatukan dan mempererat hubungan antara orang-orang yang tidak seagama dalam proses pergaulan pergaulan di masyarakat, tetapi bukan ditujukan untuk mencampuradukan ajaran agama. Ini perlu dilakukan untuk menghindari terbentuknya fanatisme ekstrim yang membahayakan keamanan, dan ketertiban umum. Bentuk nyata yang bisa dilakukan adalah dengan adanya dialog antar umat beragama yang di dalamnya bukan membahas perbedaan, akan tetapi memperbincangkan kerukunan, dan perdamaian hidup dalam bermasyarakat. Intinya adalah bahwa masing-masing agama mengajarkan untuk hidup dalam kedamaian dan ketentraman.

Terima kasih telah bekunjung ke blog @nifafani! mudah-mudahan apa yang saya bagikan dapat bermanfaat, mohon untuk tidak langsung copy paste karena jawaban di atas belum tentu benar. Apabila ada kurnag berkenan hubungi via email stefanikristina@gmail.com.

Jangan lupa yaa follow instagram ku di @stefanikristina, terima kasih sekali lagi sudah berkunung!