Kegiatan Belajar 2 Modul 3 Perilaku Organisasi

Selamat Malam ( waktu penulis nulis ini pukul 03:12 am ) Ya bisa dibilang juga Selamat Pagi 😁. Kali ini saya mau share tentang soal soal kegiatan belajar 2 Modul 3. Akhirnya selesai juga modul 3 ini setelah berusaha beberapa waktu lamanya 😊 emang sih, bukan sesuatu yang pantes banget buat di banggain. Tapi seengganya bisa selesai itu rasanya lega dehh.. karena harusnya sudah selesai dari kemarin - kemarin tapi malam belumm huftt :( tapi gapapa, masih banyak waktu. . fighting FANI !! ^^



Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut!

1) Jelaskan perbedaan antara stres, stressor, dan distress?

2) Jelaskan 4 sumber yang potensial menimbulkan stres? Mana di antara keempat sumber stres tersebut yang bisa dikendalikan manajemen?

3) Apa yang bisa dilakukan oleh organisasi untuk mengurangi stres?

Petunjuk Jawaban Latihan

1) Stres dan stressor merupakan dua istilah yang saling terkait. Stres dipahami sebagai respons adaptif yang dilakukan seseorang guna menyeimbangkan kembali aspek psikologis dan fisiologis yang terganggu karena tekanan bertubi-tubi dari lingkungan sekitar. Sementara itu, stressor merupakan faktor pengganggu (lingkungan) yang menyebabkan seseorang berpotensi mengalami stres. Ditilik dari penjelasan ini, stres sesungguhnya kejadian yang normal yang bisa dialarni setiap orang karena interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Hanya saja jika upaya merespons gangguan tersebut menyebabkan guncangan berlebihan dan ketidakseimbangan psikologis, fisiologis dan/atau perilaku seseorang maka orang tersebut mengalarni distress.

2. Pada dasarnya semua kej adian yang berasal dari luar diri seseorang sangat potensial menimbulkan stres. Secara sistema tis semua kejadian tersebut dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok, yaitu stressor yang bersifat individual, yakni semua faktor lingkungan yang mempengaruhi seseorang secara lang sung dalam melakukan pekerj aan, stressor karena dinarnika kelompok, rnisalnya hubungan atasan bawahan, stressor yang bersumber pada organisasi dan menyebabkan sebagian besar karyawan mengalarni stres, seperti kebijakan organisasi dan stressor yang disebabkan karena kejadian di luar organisasi, rnisalnya biaya hidup yang terus meningkat. Dari keempat stressor tersebut secara logika pihak manajemen hanya bisa mengendalikan stressor yang bersifat organisasional karena sumber stres ini disebabkan karena faktor organisasi.

3. Untuk mengurangi stres yang dialarni karyawan, organisasi dalam hal ini pihak manajemen bisa melakukan beberapa hal, rnisalnya membuat program untuk menjadikan lingkungan kerja bisa lebih kondusif, menyusun jenjang karier karyawan, mengurangi tingkat konflik dengan memperjelas peran masing-masing karyawan dan membangun kualitas kehidupan kerja (quality of work life).

0 Response to "Kegiatan Belajar 2 Modul 3 Perilaku Organisasi"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com