Kegiatan Belajar 2 Modul 1 Perilaku Organisasi

Malam,,, karena kesepian dan teman dinda sedang tidak berada disini, akhirnya nyempetin waktu lagi buat ngeblog. Entah mengapa juga hari ini jadi semangat sekali. . Ya sudah, anggap saja ini efek galau di tinggal sahabat tercinta 😢

Kali ini dinda mau share nih buat para pembaca sekalian. . .

Langsung aja yukk. . .

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut!



1) Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang perilaku organisasi dan mengapa studi perilaku organisasi perlu dipelaj ari dalam ilmu manajemen?

Jawaban : Perilaku organisasi adalah suatu bidang studi terapan yang mempelajari perilaku manusia di dalam organisasi, baik manusia dalam kapasitasnya sebagai individu maupun manusia sebagai kelompok; mempelajari hubungan antara manusia dengan organisasi dan hubungan antara organisasi dengan lingkungannya dalam rangka untuk meningkatkan efekti vitas organisasi dan kepuasan kerj a karya wan. B agi seorang manajer, pemahaman terhadap hubungan-hubungan seperti ini bukan merupakan pilihan melainkan sebuah keharusan karena berjalan atau tidaknya kehidupan organisasi sangat ditentukan oleh manusia sebagai pelaku dan penggerak utama organisasi. Dengan kata lain, jika para manajer gagal memahami persoalan-persoalan di atas dikhawatirkan organisasi tidak bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

2) Bagaimana seharusnya Anda mempelajari perilaku organisasi?

Jawaban : Perilaku organisasi dapat dipahami melalui tiga level analisis berbeda, yakni level individual, kelompok, dan organisasi. Cara memahami perilaku organisasi seperti ini bisa diartikan bahwa setiap kej adian yang sama dalam sebuah organisasi bisa dianalisis dengan cara berbeda bergantung pada level analisisnya. Hal ini bisa diartikan pula bahwa setiap persoalan yang terjadi di dalam sebuah organisasi tidak selalu menuntut cara penyelesaian yang sama. Sebagai contoh, konflik antara departemen pemasaran dengan departemen produksi boleh jadi bersumber pada persoalan individu masing-masing, norma perilaku masing-masing departemen atau tidak cocoknya struktur organisasi yang menyebabkan kedua departemen selalu berselisih paham.

3) Uraikan tren perkembangan studi perilaku organisasi di masa yang akan datang

Jawaban : Meski dari dulu sampai sekarang esensi studi perilaku organisasi tidak mengalami perubahan, namun lingkungan yang melingkupi keberadaan organisasi justru ban yak mengalami perubahan. Dewasa ini dan di masa mendatang lingkungan organisasi sangat jauh berbeda dengan situasi tahun 1960-an saat studi perilaku organisasi mulai dikembangkan. Dewasa ini dan ke depan misalnya, teknologi informasi berkembang pesat yang berakibat pada pola hubungan antarmanusia menjadi demikian sederhana tidak harus melalui hubungan langsung seperti pada era sebelumnya. Demikian juga diversity - keragaman tidak lagi menjadi hal yang menakutkan, tetapi justru dianggap sebagai aset perusahaan. Semua ini tentunya berdampak pada pola perilaku karyawan yang tidak ditemui pada periode sebelumnya. Bagi para manajer, semua perubahan ini tentunya merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi. Konsekuensinya, manajerial skill mereka juga harus berubah.

Sekian dahulu postingan dari saya kali ini.. . .