Kegiatan Belajar 1 Perilaku Organisasi

Hallooo, Holla. . . .

Kali ini dinda mau share tentang Mata Pelajaran Perilaku Organisasi. . . Ceritanya lagi kembali mengulang belajar sihh, , , jadi gapapa kan sekalian juga di share begitu ^^



Yuk langsung saja kita bahas bersama ~

1) Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang organisasi dan bagaimana hubungan antara organisasi dengan manusia dan manajemen?

Jawaban : Organisasi secara harfiah adalah sebuah alat bantu yang sengaja diciptakan manusia untuk membantu manusia memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan. Meski demikian, organisasi bukan sembarang alat bantu karena organisasi memiliki kekhasan dibandingkan alat bantu yang lain. Kekhasan organisasi bisa dilihat dari kedudukan dan peran manusia. Pertama, organisasi tidak akan pernah ada jika tidak ada manusia yang terlibat di dalamnya. Kedua, bagi alat bantu yang lain meski sama seperti organisasi, yakni melibatkan manusia, namun manusia bertindak sematamata sebagai subjek yang menjalankan alat bantu tersebut. Sementara bagi organisasi, manusia bukan semata-mata sebagai subjek yang menjalankan organisasi tetapi juga sebagai objek yang harus dikelola. Ketiga, penjelasan ini secara tidak langsung menegaskan bahwa organisasi harus dike lola, bahkan mengelola organisasi j auh lebih kompleks dibandingkan dengan mengelola alat bantu lainnya karena kedudukan ganda manusia - sebagai subjek dan objek. Dalam rangka mengelola organisasi itulah kebutuhan akan manajemen organisasi bukan merupakan pilihan, tetapi sebuah keharusan. Organisasi dan manajemen dengan demikian sangat berperan terhadap tercapai tidaknya kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai seseorang.

Menurut saya : Organisasi adalah unit sosial atau entitas sosial yang didirikan oleh manusia untuk jangka waktu yang relatif lama, beranggotakan sekelompok manusia minimal dua orang, mempunyai kegiatan yang teroorganisir, teratur dan terstrutur, didirikan untuk mencapai tujuan tertentu dan mempunyai identitas diri yang membedakan satu entitas dengan entitas lainnya.

2) Mengapa manusia membutuhkan organisasi?

Jawaban : Manusia membutuhkan organisasi karena 

(a) manusia memiliki berbagai macam kebutuhan yang jumlahnya tidak terhingga yang semuanya ingin dipenuhi, 
(b) untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut sayangnya tidak bisa dilakukan secara mandiri karena keterbatasan yang dimilikinya, 
(c) manusia yang pada dasarnya adalah makhluk sosial cenderung berpaling pada orang lain untuk membantunya atau jika dimungkinkan diajak bekerja sama. 

Ketiga alasan inilah yang menjadi dasar pertimbangan mengapa seseorang membutuhkan organisasi. Dengan organisasi, manusia berharap sebagian besar kebutuhannya bisa terpenuhi. Oleh karena alasan itu pula tidak jarang seseorang terlibat dalam kegiatan organisasi yang berbeda pada saat bersamaan.

3) Dalam hubungannya dengan pengelolaan organisasi, mengapa seorang manajer, terlepas dari level manajerialnya, harus memiliki kemampuan hubungan antar manusia?

Jawaban : Manajer sebuah organisasi secara hierarkis pada dasarnya bisa dibedakan menjadi 3 kelompok - manajer tingkat atas, tingkat menengah, dan tingkat bawah. Pengelompokan ini membawa konsekuensi pada keterampilan yang harus dimilikinya. Misalnya, manajer tingkat atas karena skop yang di mana sangat luas dan bervariasi, dituntut lebih banyak memiliki keterampilan konseptual. Demikian sebaliknya manajer tingkat bawah dituntut lebih memiliki keterampilan teknikal karena skopnya yang relatif sempit. Meski demikian, terlepas dari level manajerialnya, setiap manajer dituntut memiliki keterampilan hubungan antarmanusia yang sama. Hal ini disebabkan karena di mana pun posisi seorang manajer dia pasti selalu berhubungan dengan manusia lain - entah sebagai bawahan, atasan, ternan kerja ataupun relasi di luar organisasi. Tingginya interaksi antarmanusia inilah yang menj adi alas an mengapa seorang manajer dituntut memiliki keterampilan hubungan antarmanusia mengingat sekali lagi manusia memiliki peran sentral dalam kehidupan sebuah organisasi.

Sakian dahulu postingan dari saya hari ini. Mohon maaf bilamana ada kesalahan baik kata mau pun perbuatan. Apabila ada yang kurang berkenan dapat menghubungi via email stefanikristina@gmail.com. 

Follow Instagram kita di @stefanikristina, @nifafani, @kweemeyfang@fangschris, dan @cmeyfang