Pembahasan Soal PKN Halaman 106

Setelah kalian mempelajari proses penyelenggaraan pemerintahan negara kita, kalian semakin memahami bahwa partisipasi warga negara terhadap proses penyelanggaraan pemerintahan yang sedang dijalankan mutlak diperlukan. Partisipasi tersebut dapat diwujudkan mulai dari lingkungan yang paling kecil, yaitu lingkungan keluarga. Coba kalian renungkan bentuk partisipasi yang dapat kalian tampilkan di berbagai lingkungan kehidupan.



Penjelasan :

Lingkungan Keluarga.

Di lingkungan keluarga Pemerintah mempunyai program KB atau keluarga berencana. Bentuk partisipasi rakyat Indonesia adalah dengan mengikutinya agar mengurangi akan kelahiran dan membuat angka kesejahteraan di negara kita meningkat. Namun hal ini tidak berlaku untuk Anda yang masih sekolah. Bila masih sekolah, maka hal yang baik adalah tidak menikah dini. Kini di era modern atau abad ke – 20 ini masih banyak orang yang menikah dini, untuk itu mari kita juga membantu Pemerintah dalam mensejahterakan rakyatnya.

Di lingkungan keluarga Pemerintah tidak mungkin turun langsung dalam hal memberikan pendidikan kepada anak. Hal ini berlaku untuk orang tua agar mereka memberikan pendidikan kepada anak sesuai dengan anjuran pemerintah. Apabila kesulitan dana maka telah banyak pemerintah mengeluarkan dana misal dengan Kartu Miskin, Program Kesejahteraan Masyarakat dan lain sebagainya. Untuk itu di lingkungan keluarga Anda harus memanfaatkannya dengan baik.

Lingkungan Sekolah

Wajib belajar yang dahulu 9  tahun kini naik menjadi wajib belajar 12 tahun. Hal ini ditekankan oleh Pemerintah agar pendidikan di Indonesia maju dan tidak kalah dengan negara asing. Terutama kita telah memasuki masa MEA.

Melakukan penelitian, hal ini dapat di lakukan oleh pelajar atau mahasiswa. Mengapa melakukan penelitian? Karena sebagai mahasiswa atau siswa kita di tuntut untuk berpikir kreatif, kritis, dan tanggap akan sekitar. Agar negara kita tidak lagi di jajah dan apa yang telah kita teliti tentu nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat.

Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat

Di lingkungan masyarakat sendiri ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Misal:

Taat membayar pajak. Hal ini berlaku untuk kalian yang telah diusia 17 tahun. Baik siswa maupun non siswa ketika usia telah 17 tahun maka Anda akan mempunyai KTP, ada beberapa surat dokumen pendukung yang nantinya akan Anda miliki, dan ketika bekerja maka ada NPWP.

Menciptakan lapangan pekerjaan. Sebagai mahasiswa atau siswa serta generasi muda Indonesia yang kreatif dan berjiwa muda kita di tuntut untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat membantu pemenrintah dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Peduli lingkungan, Hal ini tidak hanya di lingkungan masyarakat saja namun juga keluarga dan sekolah. Di mana saja kita harus peduli lingkungan sekitar kita agar tercipta lingkungan yang nyaman, bersih, dan indah.

Menjaga kerukunan antar warga. Tidak membuat perpecahan dan menjaga kerukunan antar warga mengamalkan sila ke 3 dari Pancasila ini juga merupakan kegiatan membantu pemerintah dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak mudah untuk di jajah.

Memberikan suara kita saat proses pemilihan umum. Hal ini banyak tidak dilakukan oleh bangsa Indonesia. Padahal ini juga merupakan salah satu cara atau bentuk partisipasi kita sebagai masyarakat kepada Pemerintah agar terciptanya pemilihan yang luberjudil.


Sekian dahulu pembahasan kali ini. Terima kasi telah berkunjung ke studio jelek ini.

Salam Stefani, Salam Budaya dan Teknologi