Tugas Tutorial 3 Mata Kuliah Pengantar Bisnis

Malam,, malam ini mau posting beberapa tugas yang sudah di kerjain nih. Berikut adalah beberapa hasil dari soal soal yang sudah saya jawab. Karena panjang,, yuk langsung saja..



1. Bagaimana membedakan antara karakteristik barang dengan karakteristik jasa yang penting?

Jawaban :

dapat disimpulkan beberapa perbedaan karakteristik antara barang dan jasa yang penting, yaitu sebagai berikut.

1. Keberwujudan (tangibility), barang berwujud, namun jasa tidak berwujud.
2. Keterpisahan dengan konsumsi (inseperability), barang dapat dikonsumsi di tempat yang terpisah dengan tempat produksinya, sedangkan jasa dikonsumsi di tempat jasa diproduksi.
3. Dapat disimpan atau tidak (perishability), barang setelah diproduksi dapat disimpan untuk memenuhi permintaan dari konsumen dalam jangka waktu tertentu, sedangkan jasa tidak dapat disimpan, konsumen langsung mengonsumsi pada saat jasa diproduksi.
4. Keberagaman (variability), barang yang dihasilkan dapat distandarisasikan menurut berat, isi, warna, sedangkan jasa sangat bervariasi tergantung permintaan dari konsumen (customized).

2. Bagaimana membedakan antara metode peramalan kualitatif dengan metode peramalan kuantitatif?

Jawaban : Cara membedakan metode peramalan kualitatif dan peramalan kuantitatif adalah..

Peramalan Kualitatif
Peramalan Kuantitatif
Metode kualitatif adalah metode yang menggunakan managerial judgment, keahlian, dan opini dalam melakukan forecast.
metode kuantitatif di bagi menjadi dua kategori, yakni time series dan causal methods.
-          Time series adalah teknik statistik yang menggunakan data historis untuk memprediksi perilaku di masa depan, sedangkan
-          causal methods adalah teknik yang berusaha mengembangkan hubungan matematis (di dalam bentuk model regresi) antara item yang akan di-forecast dan faktor yang mempengaruhinya.


3. Bagaimana menerapkan faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan perencanaan operasi dalam jangka panjang?

Jawaban : Cara menerapkan faktor yang mempengaruhi penyusunan perencanaan operasi dalam jangka panjang meliputi mempersiapkan kapasitas, lokasi, layout, kualitas, dan metode.

4. Bagaimana menerapkan strategi penyusunan pasar sasaran ?

Jawaban : Dalam memilih pasar sasaran yang akan dituju, pemasar hendaknya memahami strategi penentuan pasar sasaran yang terdiri dari berikut ini.
1. Konsentrasi pada satu segmen (single segment concentration). Perusahaan berkonsentrasi memilih satu segmen pasar dengan menawarkan satu produk spesifik. Misal, produsen mobil VW yang berkonsentrasi pada pasar mobil kecil dan Porsche pada pasar mobil sport.
2. Spesialisasi Selektif. Perusahaan memusatkan upaya pemasarannya pada satu atau beberapa segmen pasar yang paling menguntungkan.
3. Spesialisasi Produk. Perusahaan membuat sebuah produk yang dapat dijual ke beberapa segmen pasar. Misal produsen yang membuat produkproduk komoditas, seperti gula, tepung, garam yang menggunakan satu program bauran pemasaran untuk seluruh pasar. Kelebihan strategi adalah perusahaan dapat berpotensi menghemat biaya produksi dan pemasaran. Namun, kelemahannya adalah perusahaan lebih rentan terhadap persaingan.
4. Spesialisasi Pasar. Perusahaan berkonsentrasi untuk melayani banyak kebutuhan dari sebuah kelompok konsumen. Misal perusahaan mi instant yang menawarkan berbagai variasi rasa pada kelompok pasar tersebut atau produsen minuman ringan yang menawarkan berbagai variasi kemasan pada produknya (botol kaca, botol plastik, kaleng, kardus).
5. Mendukung pasar secara penuh. Perusahaan melayani semua kelompok konsumen dengan semua produk yang mungkin dibutuhkan mereka. Perusahaan mengembangkan suatu bauran pemasaran yang berbeda bagi tiap segmen pasar. Kelebihan strategi adalah dapat mendatangkan sejumlah keuntungan, tingkat penjualan, dan pangsa pasar yang lebih besar. Namun, kekurangannya adalah strategi membutuhkan biaya yang cukup tinggi dan kemungkinan dapat menimbulkan kanibalisme, yang terjadi ketika penjualan produk baru menyerang produk yang telah ada sebelumnya.

5. Bagaimana menerapkan tahapan pengambilan keputusan seseorang konsumen dalam pembelian suatu barang?

Jawaban : Tahapan pengambilan keputusan seorang konsumen, yaitu sebagai berikut.
a) Pengenalan problem/masalah. Proses pembelian dimulai ketika konsumen mengenali sebuah masalah atau kebutuhan.
b) Pencarian informasi. Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan biasanya konsumen akan mencari informasi.
c) Evaluasi alternatif. Jika Anda berada di pasar untuk membeli komputer, mungkin Anda berpikir tentang memori, harga, merek.
d) Keputusan untuk membeli. Konsumen harus membuat keputusan pembelian barang yang dia butuhkan.
e) Evaluasi setelah pembelian.

Sekian dahulu pembahasan kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf. Untuk yang mau request soal atau pembahasan yang lain bisa by email stefanikristina@gmail.com

Jangan lupa untuk follow instagram saya di @nifafani