Bikin SKCK Cuma 15 Menit!

SKCK - Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau Police Record. Adalah sebuah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian mengenai pengalaman Anda dalam berwarganegara khususnya apakah Anda memiliki catatan di kantor polisi pernah melakukan tindak pidana atau tidak dan lain sebagainya dengan keperluan sesuai kebutuhan Anda.

Hari ini saya mengurus SKCK untuk keperluan persyaratan melamar pekerjaan. Karena banyak lowongan yang meminta persyaratan SKCK, saya pun berniat untuk membuatnya. Awalnya saya sempat kesal karena saya sudah datang satu kali dan kemudian diminta kembali karena terhalang oleh foto saya yang berbackground warna biru. 



Sebenarnya saya malas kalau harus bolak balik dan panas juga. Namun karena sebentar lagi saya sudah berangkat ke Ponorogo untuk kuliah, jadi saya menyempatkan diri untuk membuat SKCK. Teman-teman saya bisa dapat semua, masa saya tidak?

Awal masuk saya lapor ke petugas yang berjaga di tempat. berikut dialognya:

Saya : " permisi pak, saya mau membuat SKCK "
Petugas : *liatin saya dulu* " mbaknya mau buat SKCK? "
Saya : " iya " *bingung*
Petugas : " Buat apa mbak?  "
Saya : " Buat lamar kerja "
Petugas " " Lamar kerja? Sudah lulus SMA? "
Saya : " Iya, Sudah "
Petugas : " Kok keliatan masih SMP, bener sudah lulus? Emang mau kerja dimana? "
Saya : " Iya, belum. masih mau ngelamar "
Petugas : " mau ngelamar dimana mbak ? "
Saya : " Belum tahu " *mulai kesel*
Petugas : " Belum tahu kok ngurus, lha trus suratnya buat apa? "
Saya : " ya buat pegangan aja toh pak kan syaratnya gitu " *mulai deh sinisnya keluar abis kesel
Petugas : " ya wes ya wes mbak, sana masuk belok kiri. Nanti kalau ngomong agak gedean ya suaranya soalnya bapaknya ga denger kalau sampeyan ngomong pelan gitu "
Saya : " iya, makasih pak."

Mulai dehhh masukkk

Bapak : " Masuk mbak " saya masuk " duduk mbak " saya duduk deh.

---- nunggu antrean, ada bapak-bapak yang bikin surat entah surat apa. 

---- Kelar deh, saya pun di panggil, eh mau angkat si bosssyyy (re: pantat) sudah disuruh duduk lagi.

Bapak : " sudah duduk saja mbak. disitu saja. ayo mau perlu apa? "
Saya : " buat SKCK pak "
Bapak : " Fotocopy KTP, KK, Akta, Foto 4 x 6 4 lembar sudah? "
Saya : " Sudah "
Bapak : " mana " -- saya kasih deh ke bapak berikut map merah. Eh mapnya di balikin, saya terima deh.

Si bapaknya pindah ke balik layar komputer. Duduknya agak di sebrang posisinya. saya pun di panggil untuk mendekat.

Si bapaknya manggil nama saya sambil ngetik gitu, sempat terjadi selisih paham juga, nama saya STEFANI KRISTINA PUTRI tapi di ganti-ganti mulu jadi SETEPANI lah jadi STEPANI lah. Aduh pakk tapi dalam hati aja si ngeluhnya hehe. Akhirnya selesai. Saya di panggil ke tempat posisis duduk awal. Sebelum ngeprint saya di panggil mendekat untuk cek apakah sudah betul atau belum.

Selesai, saya di beri formulir untuk di isi di meja depan. Isinya cuma data pribadi dan keterangan apakah pernah melakukan tindak pidana atau tidak dan lain sebagainya yang saya isi dengan tidak atau tidak pernah.

Waktu pengisian sebenarnya saya sempat kesal sih, habis di panggil-panggil dan di godain ama tahanan di polsek tersebut. Awalnya saya cuek, karena memang dasarnya saya cuek. Eh tahu tahu ada yang nyanyi lagu rohani gitu, saya sempat lirik sedikit. Begitu lihat langsung kaget jadi balik buat nulis. Takut saya. Mana dua orang yang sebelumnya ngurus SKCK juga mau pulang, jadi saya buru-buru selesaiin dari pada saya harus berlama-lama diliatin ama para tahanan. Takut banget.. Jantung jadi sudah berdagdigdug lagi. Nggak berani juga saya lirik-lirik.

Tapi untuk selesainya cepat sekali. Saya kasihkan kembali formulirnya. Ehhh si Bapak yang tadi langsung kasih saya SKCK saya. Sambil bilang," cepet aku toh mbakk.." hehehe, saya ketawa saja. Ketika saya terima, saya diminta periksa kembali dan kemudian diminta untuk membayar biaya administrasi sebesar 20rb. Akhhh lega. Bapaknya berpesan untuk lekas segera pulang. Wehh seperti saya ini anak kecil saja wkwk..

Saya pun pulang deh.. Sebelumnya saya lewati bapak petugas yang tadi, si bapaknya bilang, sudah mbak? sudah pak. mari.. iya.. jiahhh bapaknya senyum-senyum. saya tinggal aja deh.. ngeri liat orang di tahanan tadi.. Sempet nangis juga ngapain toh mas mas sampeyan disana..

Oke ini pengalaman saya membuat SKCK, setelah saya cek ketika di parkiran.. Ternyata cuma 15 menit! ya ampun cepat banget :)))) jadi senang deh sama bapak-bapak polisinya hehe *dasar manusia*

Nah sekian dahulu cerita hari ini. Terima kasih untuk bapak polisi yang sudah membantu saya, dan terima kasih juga buat Anda yang sudah membaca cerita saya.

NB :

Bawalah FC KK 1 lembar, FC KTP 1 lembar, FC Akta 1 lembar, Foto 4x6 4 lembar, harap di klip rapi, dan letakkan di map supaya kesannya rapi dan sopan.