Pembahasan 15 Soal SBMPTN Ekonomi 2

Kalau ada yang mengatakan bodoh, mungkin memang benar, aku tak mungkin menyalahkan orang yang mengatakan hal demikian pada ku. Karena memang sudah pada nyatanya aku demikian bodoh. Sangking bodohnya mudahnya aku di tipu oleh orang lain. Siapa yang percaya? Tidak ada.

Oke langsung saja.. Saya kok malah curhat wkwk..

Berikut adalah 15 soal pembahasan dari 15 soal SBMTPN Ekonomi yang sudah saya posting sebelumnya >> Baca ya 15 Soal SBMPTN Ekonomi



EKONOMI

1. pendekatan kepemimpinan situasional dikembangkan oleh Hersey dan Blanchard. Inti dari pendekatan kepemimpinan situasional adalah bahwa gaya kepemimpinan seorang pemimpin akan berbeda-beda, tergantung dari tingkat kesiapan para pengikutnya. Menurut pendekatan ini, seorang pemimpin yang efektif harus bisa memahami dinamika situasi dan menyesuaikan kemampuannya dengan dinamika situasi yang ada. Empat dimensi situasi yakni kemampuan manajerial, karakter organisasi, karakter pekerjaan, dan karakter pegawai. Keempat dimensi tersebut secara dinamis akan memberikan pengaruh terhadap efektivitas kepemimpinan seseorang.

Jawaban: B

2. Diketahui: MPC= 0,60

Konsumsi mininuim 120

Persamaan konsumsi C=a + bY dimana a = konsumsi otonom (besarnya konsumsi ketika pendapatan nol atau konsumsi minimum) dan b = MPC (kemiringan atau slope garis) sehingga persamaan konsumsi:

C = 120 + 0,6Y dan fungsi tabungan S = a +(1-b) Y

S=—120+0,4y

BEP (break even poin) terjadi jika:
1)  C = Y
2) S=0
3) APS =0 dan APC =1

masukkan salah satu syarat BEP, yaitu S = 0
S= —120 + 0,4Y
0=—120+0,4y
0,4Y= 120 
Y=300

Jadi, diketahui pendaptan nasional saat break even adalah 300.

Jawaban: B

3. Diketahui:

total aset per tanggal 1 Januari 2013 = Rp125.000,00
total aset per tanggal 31 Desember 2013 = 2013 Rp145.000,00 .
total kewajiban per tanggal 1 Januari 2013 = 2013 Rp110.000,00
total kewajiban per tanggal 31 Desember 2013 = 2013 Rp115.000,00

Ditanya: perubahan ekuitas pemegang saham tahun 2013

Persamaan dasar akuntansi:

Aset = Kewajiban + Ekuitas
Ekuitas = Aset — Kewajiban
Per tanggal 1 Januari 2013
Ekuitas Rp125.000,00 — Rp110.000,00 Rp15.000,00
Per tanggal 31 Desember 2013 .
Ekuitas = Rp145.000,00 — Rp115.000,00 Rp30.000,00

Jadi, pada tahun 2013 terjadi peningkatan ekuitaS sebesar Rp15.000,00

Jawahan B

4. Dividen adalah laba yang dibagikan kepada para pemegang saham. Kebijakan pembagian dividen ditetapkan oleh RUPS melalui dewan komisaris. Pembagian dividen akan menurunkan saldo laba ditahan perusahaan. Selama perusahaan belum membayar dividen, maka di dalam neraca akan selalu tampak adanya utang dividen kepada para pemegang saham. Namun, bila dividen dibayar, perusahaan harus membuat jurna  mencatat pembayaran dividen. Pencatatan jurnal untuk pembayaran dividen akan memengaruhi pada aset dan ekuitas/modal, karena pembagian dividen termasuk dalam utang sehingga memengaruhi akun aset dan ekuitas. Apabila utang dibayarkan, akan menurunkan aset dan ekuitas.

Jawaban: D

5. Adam Smith, dalam bukunya An Inquiry Into The Nature and Causes of The Wealth of Nation, berpendapat bahwa faktor yang nengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah pertambahan Penduduk yang akan memperluas pasar serta mendorong spesialisasi. Munculnya spesialisasi akan meningkatkan produktivitas pekerja dan rnendorong kemajuan teknologi sehingga pertumbuhan ekonomi akan meningkat. Penduduk yang bertambah akan memperluas pasar, dan perluasan pasar akan mendorong tingkat spesialisasi. Spesialisasi dan perluasan pasar akan menciptakan perangsang yang lebih besar bagi para pengusaha dalam pengembangan teknologi dan mengadakan inovasi. Selain itu, spesialisasi akan mendorong produktivitas tenaga kerja dan mendorong tingkat perkembangan teknologi sehingga pertumbuhan ekonomi akan terus berlangsung.

Jawaban: A

6. Inflasi dapat disebabkan oleh tarikan permintaan (demand pull inflation) dan dorongan biaya (cost push inflation).

a. Cost push inflation (dorongan biaya), inflasi dorongan biaya terjadi akibat naiknya biaya produksi. Misalnya, kenaikan harga BBM yang menyebabkan biaya transportasi untuk penyaluran barang menjadi naik sehingga biaya bahan baku menjadi naik, kenaikan upah atau gaji yang menyebabkan perusahaan menetapkan harga jual yang tinggi, kekurangan pasokan barang secara tiba-tiba (negative supply shocks) akibat bencana alam dan terganggunya distribusi contohnya kegagalan panen.
b. Demand pull inflation (tarikan perrnintaan) faktor penyebab demand pull  inflation adalah tinggi nya permintaan barang dan jasa relatif terhadap ketersediaan barang tersebut. Misalnya, peningkatan UMR (Upah Minimum Regional) akan mendorong terjadinya inflasi. Dengan peningkatan UMR, maka kemampuan pekerja untuk berbelanja akan Iebih besar dibandingkan sebelumnya, artinya daya beli Pekerja meningkat. Dengan meningkatnya daya beli, maka ketersediaan barang harus lebih tinggi. Selain itu, pada saat penentuan UMR, pedagang ikut pula meningkatkan harga barang meski kenaikan upah tidak terlalu signifikan dalam mendorong Peningkatan permintaan.

Jawaban: E

7. Strategi multidornestik adalah strategi dimana keputusan strategis dan operasi didesentralisasikan ke unit strategis di masing-masing negara untuk menyesuaikan produk kepada pasar lokal. Perusahaan yang memegang konsep ini rnempunyai pemahaman yang kuat bahwa pasar di setiap negara sangatlah berbeda. Dengan kata lain, kebutuhan dan keinginan konsumen, kondisi industri, struktur politik dan hukum, serta norma-norma sosial antara berbagai negara adalah berbeda. Dengan dernikian, keberhasilan pasar memerlukan strategi pemasaran yang berbeda untuk setiap negara.

Jawaban: D

8. Pernyataan benar: Kurva Phillips menggambarkan keterkaitan antara inflasi dengan tingkat pengangguran. tinggi tingkat pengangguran semakin rendah laju inflasi.

Alasan salah: tingkat pengangguran dihitung dengan rumus = (jumlah penganggur/jumlah angkatan kerja) x 100%

Jawaban: E

9. Pernyataan salah: barang publik murni adalah barang yang secara teknis maupun secara ekonomis tidak dapat ditetapkan prinsip pengecualian atas barang tersebut. Contohnya adalah peradilan dan keamanan. Ada juga barang yang termasuk dalam barang publik walaupun mempunyai sifat pengecualian, misalnya jalan raya dapat disediakan melalui sistem pasar.

Alasan salah: barang publik memiliki sifat non-rivals berarti konsumsi yang dilakukan satu individu tidak akan mengurangi kesempatan konsumsi individu lain (tidak ada persaingan). Selain itu, barang publik juga bersifat non-exclusive berarti semua orang berhak menikmati manfaat dari barang tersebut.

Jawaban: E 

10. Pernyatan salah: Suku bunga nominal merupakan Suku bunga yang dapat diamati di pasar. Suku bunga SBI dapat disebut sebagai suku bunga nominal. Kenaikan BI Rate akan mengakibatkan kenaikan suku bunga perbankan. Bank bisa menaikkan suku bunga simpanan ataupun pinjaman.
Perkembangan tingkat suku bunga &posito berjangka mempunyai suatu pola yang tetap yakni mengikuti perkembangan tingkat Suku Bunga SBI. Oleh karena Suku Bunga SBI sebagai acuan utama bagi perkembangan suku bunga di pasar uang.
Alasan salah: semakin tinggi inflasi maka suku bunga pun akan mengalami kenaikan karena selisih antara suku bunga nominal dan inflasi mencerminkan beban sesungguhnya dan biaya suku bunga yang dihadapi individu dan perusahaan.

Jawabain: E

11. Teori Heckscher-Ohlin (HO) merupakan salah satu teori perdagangan internasional modern. Teori inimdisebut juga teori ketersediaan faktor. Menurut teori ini, perbedaan opportunity cost suatu produk antara satu negara dengan negara lain dapat. terjadi karena adanya perbedaan jumlah atau proporsi faktor produksi yang dimiliki (endowment factors) masing-masing negara. Perbedaan opportunity cost tersebut dapat menimbulkan terjadinya perdagangan internasional.
Pernyataan dan alasan benar namun tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

Jawaban: B

12. Deflasi merupakan kebalikan dan inflasi, yaitu suatu keadaan dimana terjadi kecenderungan penurunan pengeluaran dan aktivitas ekonomi sehingga berakibat turunnya produksi, jumlah pekerjaan, investasi, perdagangan, keuntungan, dan harga. Turunnya harga secara terus menerus akan mengakibatkan uang naik. Apabila deflasi terjadi, perusahaan Akan mengurangi produksi dan mengurangi pekerja.
Bila hal ini terjadi, akan terjadi pengangguran. Jika pengangguran terjadi, permintaan barang akan Semakin menurun lagi, kemudian, harga barang akan semakin turun. Selain itu, deflasì rnengakibatkan melesunya investasi di sektor riil maupun di lantai bursa. Akibatnya, akan menambah berat .kelesuan ekonomi dikarenakan tidak ada lagi aktivitas bisnis yang berjalan.

Jawaban: A

13. Diketahui: P1 Rp50.000,00
Q1= 100
P2 =Rp40.000,00
Q2 =200

1. Perrnintaan dikatakan elastis jika perubahan harga menyebabkan perubahan yang signifikan terhadap jumlah barang yang diminta. Jadi, permintaan sayuran yang dihadapi Pak Made sifatnya elastis, karena perubahan harga dan Rp50.000,00 menjadi Rp40.000,00 menyebabkan terjadinya perubahan yang signifikan terhadap jumlah barang yang diminta, yaitu dan 100 kg menjadi 200 kg.
2. Penerirnaan hari pertama
=P1 X Q1 Rp50.000,00 X 100 Rp5.000.000,00

Penerimaan hari kedua .

= P2x Q2= Rp40.000,00 X 200 = Rp8.000.000,00
Artinya, penerimaan Pak Made meningkat sebesar Rp3.000.000,00
3 Ed= X—
1APQ1
Ed=5

Koefisien elastisitas permintaan adalah 5.

Jawaban: A

14. Jurnal Penyesuaian digunakain untuk menyesuaikan neraca saldo karena adanya transaks-transaksi yang kurang Sesuai. Transaksi yang disesuaikan antara lain:

a. beban dibayar di muka;
b. pendapatan diterima di muka;
c. beban yang masih harus dibayar (beban dan utang beban);
d. penyusutan aktiva tetap (beban penyusutan dan akuntansi penyusutan);
e. pemakaian perlengkapan perusahaan (perlengkapan dan beban perlengkapan);
f. pendapatan yang masih harus diterima karena belum jatuh tempo (pendapatan luar usaha).

Jawaban: D

15. Kemiskinan adalah keadaan ketika terjadi ketidak mampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung pendidikan, dan kesehatan. Ada beberapa indikator untuk mengetahui tingkat kerniskinan dalam masyarakat salah satunya melalui IPM (indeks pembangunan manusia). IPM adalah pengukuran perbandingan dan angka harapan hidup, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran perkapita.

Jawaban: E


Nah, sekian dahulu yahh postingan kali ini. Saya harap postingan ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian. Senang rasanya dapat membantu Anda sekalian. Saya harap Anda tetap mengunjungi blog @nifafani dan nantikan postingan yang cukup mengejutkan dari saya ^^