Pembahasan Sejarah Indonesia X Halaman 175

Selamat siang bagi para pembaca, pengunjung, dan lain sebagainya yang pokoknya sudah hadir dan mengunjungi blog @NifaFani siang hari ini khususnya di minggu H-7 sebelum valentine day ini. Terima kasih saya ucapkan juga bagi segenap pembaca yang telah sabar menunggu setiap postingan saya hari ini.

Oke langsung saja yuk mari kita bahas bersama-sama. Hari ini saya ingin membagika Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 atau X entah mungkin ini termasuk untuk semester 2 yah.. Oke langsung saja yuk cekcek..

1. Buatlah peta tentang letak kerajaaan Islam di Kalimantan dan Berikan Penjelasan tentang peta tersebut.

Jawaban : -

2. Jelaskan apa makna dan pelajaran yang kita peroleh tentang perjanjian Bongaya di Sulawesi!

Jawaban : Perjanjian Bongaya adalah perjanjian yang ditanda tangani pada tanggal 18 November 1667 di Bongaya antara Kesultanan Gowa dan Belanda. Disebut perjanjian perdamaian biasanya. Namun isinya adalah mengenai deklarasi kekalahan Gowa dari VOC. Pada Intinya perjanjian ini merukan pihak Kerajaan Gowa Tallo, dan menguntungkan Pihak Belanda.

nifafani, fine me on instagram.


3. Dari nama-nama kerajaan di Sulawesi diatas, kamu pilih salah satu dan berikan penjelasan secara singkat tentang kerajaan tersebut. Misalnya kapan berdirinya, siapa rajanya, pernahkah berperang melawan Belanda , dan sebagainya.

Jawaban : Kerajaan Gowa Tallo
Berdiri pada sekitar abad ke 14,
didirikan oleh Tumanurung, dan pada masa kejayaan atau pemerintahan Kerajaan Gowa-Tallo, yang mana pada masa itu di pimpin oleh Sultan Hasanuddin, terjadi perang dengan Belanda yaitu sekitar tahun 1666-1669 dan kemudian menghasilkan perjanjian Bongaya antara kedua belah pihak yang mana perjanjian itu adalah sebuah simbolik kekalahaan kerajaan Gowa Tallo dengan Belanda.

Oke teman-teman, sekain dahulu postingan dari saya kali ini. Maaf sudah lama dalam merespons Anda. Saya usahkan cepat untuk Anda para pembaca blog @NifaFani sekalian. Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau via DM instagram @NifaFani.