Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Halaman 129-130

Selamat malam dan selamat hari minggu. Malam ini saya akan membagikan Kunci Jawaban Untuk halaman 129-130 Bahasa Indonesia Kelas 12. Mohon maaf sebelumnya buat yang request namun lambat saya respons karena beberapa kesibukan yang sangat menyita waktu saya.

find me on instagram @nifafani


Namun sampai hari ini saya masih berusaha untuk membagi waktu dengan baik agar Anda para pengunjung sekalian tidak kecewa dengan tidak ada hadirnya Kunci jawaban bahasa Indonesia yang direquest.

Oke langsung saja mari kita bahas bersama.

No.
Penokohan
Nama Tokoh
Kutipan Pendukung
1.
Anak lelaki yang menunjukkan
minat besar untuk bersekolah—karena harus menempuh jarak 80 kilometer setiap hari agar bisa bersekolah. Ia adalah seorang anak yang genius dan menjadi teman sebangku Ikal Ia memiliki citacita menjadi ahli matematika. Ayahnya
bekerja sebagai nelayan miskin dan harus menanggung 14 jiwa anggota keluarganya.
LINTANG
a) Lintang akan duduk di samping pria kecil berambut ikal yaitu aku, dan ia akan sekolah di sini lalu pulang pergi setiap hari naik sepeda. Jika panggilan nasibnya memang harus menjadi nelayan, biarkan jalan kerikil batu merah empat puluh kilometer mematahkan semangatnya (Laskar Pelangi, 2007:13).

b) Bau hangus yang kucium tadi adalah bau sandal cunghai , yakni sandal yang dibuat dari ban mobil, yang aus karena Lingtang terlalu jauh mengayuh sepeda

c) Itulah Lintang dengan pandangannya. Pikirannya memang telah jauh meninggalkan kami.
2.
Anak lelaki bertubuh kurus dan berminat besar pada seni.
 MAHAR
a) Nilai Sembilan untuk pelajaran kesenian selalu menjadi milik pria itu, namanya Mahar.

b) Ia membantu menghidupi keluarga dengan menjadi pesuruh tukang parut karena ayahnya telah lama sakit-sakitan.
3.
Anak lelaki keturunan Tionghoa yang menganggap Mahar adalah guru baginya.
A Kiong
a) Tapi jika melihat A Kiong...wajahnya seperti baru keluar dari bengkel ketok magic, alias menyerupai frankenstein. Mukanya lebar dan berbentuk kotak, rambutnya serupa landak...
4.
Anak lelaki ini digambarkan sebagai tokoh “aku” dalam cerita. Ia berminat pada sastra dan selalu mendapat peringkat kedua setelah Lintang.
IKAL
a) Aku dan Lintang sebangku karena kami sama-sama berambut ikal.

b) Sejak kecil aku tertarik untuk menjadi pengamat kehidupan dan sekarang aku menemukan kenyataan yang memesona dalam sosiologi lingkungan kami yang ironis.
5.
Sang ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi yang menderita rabun jauh.
KUCAI
a) Sebaliknya, ia memiliki kepribadian populis, oportunis, bermulut besar, banyak teori, dan sok tahu.
6.
Seorang anak perempuan tomboi
yang berasal dari keluarga kaya, serta peserta terakhir Laskar Pelangi.
FLO
a) Bapak Flo adalah orang hebat,.....Ia adalah salah satu segelintir orang Melayu asli Belitong yang berhak tinggal di Gedong.
7.
Anak lelaki tampan yang pintar dan baik hati. Ia sangat mencintai ibunya.
TRAPANI
a) Si rapi jali ini adalah maskot kelas kami. Seorang perfeksionis berwajah seindah rembulan...Meskipun rumahnya dekat dengan sekolah tapi sampai kelas tiga ia masih diantar jemput ibunya. Ibu adalah pusat gravitasi hidupnya. Trapani agak pendiam, otaknya lumayan, dan selalu menduduki peringkat ketiga.
8.
Anak lelaki yang memiliki
Keterbelakangan mental.
HARUN
a) Lalu ada Sahara, satu-satunya hawa di kelas kami....sifatnya yang utama: penuh perhatian dan kepala batu......Sahara sangat tempramental, tapi ia pintar......Sifat lain Sahara yang amat menonjol adalah kejujurannya yang luar biasa dan benar-benar menghargai kebenaran.
9.
Satu-satunya tokoh perempuan
dalam kelompok ini—sebelum Flo
bergabung. Ia adalah gadis yang
keras kepala. Ia digambarkan sebagai gadis yang pintar dan
ramah.
SAHARA
a) N. A. Sahara Aulia Fadhillah binti K.A. Muslim Ramdhani, Gadi skecil berkerudung itu memang keras kepala luar biasa.
10.
Tokoh lain yang digambarkan sebagai anak nelayan yang ceria.
SYAHDAN
a) Lalu Syahdan pun, yang memang berpembawaan ceria, kali ini terlihat sangat gembira
11.
Ia selalu menjaga citranya sebagai lelaki jantan.
BOREK
a) Sejak saat itu borek tidak tertarik lagi dengan hal lain dalam hidup ini selain sesuatu yang berhubungan dengan upaya membesarkan ototnya. Karena latihan keras ia berhasil mendapat julukan Samson


Mohon maaf bila tidak lengkap atau kurang dalam menjawabnya. Karena sedang dalam proses menuju perbaikan blog. Selain itu beberapa permintaan ini cukup mendadak sehingga saya harus membaca cepat dan mengambil sesuai kutipan yang terakait.

Oke bila ada yang ingin di tanyakan dapat via email stefanikristina@gmail.com atau via instagram @NifaFani. Anda silahkan kirimkan pertanyaan atau ingin request jawaban via instagram atau email.

Sekian dahulu dari saya, mohon maaf bila ada salah kata dan perbuatan.