Pembahasan Soal PKN Halaman 194 Kelas 12

Selamat siang, hari ini berjumpa kembali dengan saya yang telah siap sedi untuk membantu Anda dlaam waktu 1 minggu kedepan. Perlu diketahui beberapa hari ini begitu banyaknya kesibukan saya sehingga membuat saya tidak sempat untuk menyapa Anda barang sebentar saja. Mohon maaf sebelumnya bila saya baru sempat berbagi dengan Anda. Saya harap belum terlambat. 

instagram @nifafani


Oke yuk langsung saja mari kita bahas bersama..

Nah, setelah kalian membaca uraian di atas, coba kalian bersama teman sebangku melakukan penilaian atas strategi yang diterapkan Bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa! Informasikan hasil penilaian kelompok kalian kepada kelompok lainnya!

NB : Novel Under 5K dan Novel Under 20K

Jenis Ancaman
Bentuk Strategi
Indikator Keberhasilan
Ancaman bermuatan Ideologi
Upaya menghadapi atau menangkal ancaman ini adalah dengan kebijakan dan langkah-langkah politik yang tepat dan intensif untuk mencegah meluasnya pengaruh ideologi lain terhadap ideologi Pancasila.

Bentuk strategi :
1. Lapisan terdepan dalam konsep penanganannya terdiri atas unsur-unsur pertahanan nirmiliter,
2. Penguatan unsur kementrian baik dalam maupun luar negeri untuk menangkal usaha-usaha pihak-pihak yang mengancam Pancasila.
3. Adanya informasi dari pemerintah untuk rakyat agar tidak tepengaruh oleh berbagai pengaruh asing.
4. Pembelajaran mengenai Pancasila dan kesadaran ideologi kepada para siswa hingga mahasiswa.
5. Membeerdayakan para pemimpin agama untuk menjadi mitra pemerintah dalam menyinergikan strategi untuk membentengi masyarakat dari penetrasi ideology asing.
6. Program pelaksanaan bakti TNI.
- banyaknya iklan yang memuat mengenai pentingnya ideology
- telah di tanamkan sejak dini mengenai pelajaran Pancasila kepada para siswa dan hingga mahasiswa.
Ancaman bermuatan Politik
1) Pendekatan ke dalam, yaitu pembangunan dan penataan sistem politik dalam negeri yang sehat dan dinamis dalam kerangka negara demokrasi yang menghargai kebhinnekaan atau kemajemukan bangsa Indonesia.

a. Penguatan penyelenggaraan pemerintahan negara yang sah, efektif, bersih, berwibawa, bebas KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) dan bertanggung jawab

b.Penguatan lembaga legislatif sehingga menjadi lembaga yang berkualitas dan profesional pada bidangnya.

c. Penguatan kekuatan politik nasional baik partai politik maupun organisasi masyarakat sebagai alat untuk memberdayakan masyarakat sebagai subjek politik dan pembangunan nasional.

2. Pendekatan ke luar yang diarahkan untuk mendinamisasikan strategi dan upaya diplomatik melalui peningkatan peran instrumen politik luar negeri dalam membangun kerja sama dan saling percaya dengan negara-negara lain

a. Pada lingkup internal, yaitu melalui penciptaan, pembangunan, dan peningkatan kondisi dalam negeri yang semakin mantap dan stabil,

b. Pada lingkup regional, politik dan diplomasi Indonesia diarahkan untuk selalu aktif dan berperan dalam membangun dan meningkatkan kerja sama dengan negara lain dalam kerangka prinsip saling percaya,

c. Pada lingkup supraregional, politik luar negeri dikembangkan untuk berperan dalam penguatan ASEAN plus Enam yang terdiri atas 10 negara anggota bersama-sama dengan Cina, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Selandia Baru,

d. Pada lingkup global, politik luar negeri harus memainkan perannya secara maksimal dalam memperjuangkan kepentingan nasional
- di bentuknya KPK untuk menjaring koruptor dan memberantas korupsi
- ditegakkannya hokum dan  keadilan serta pemberantasan calo-calo dan lain sebagainya di berbagai tempat.
Ancaman bermuatan Ekonomi
1. Untuk menghadapi ancaman berdimensi ekonomi dari internal, prioritas kebijakan dapat berupa penciptaan lapangan kerja padat karya

2.Untuk menghadapi ancaman berdimensi ekonomi dari eksternal, Indonesia harus membangun dan menjaga hubungan baik dengan negara-negara utama dalam tatanan ekonomi-politik dunia.

3. Adanya keterlibatan lapis pertahanan militer.
- di sediakannya dana dan juga lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang kurang mampu.
- adanya berbagai fasilitas di daerah untuk mengembangkan kreatifitas, keterampilan dan juga pendidikan bagi masyarakat.
Ancaman bermuatan Sosial Budaya
Bangsa Indonesia berusaha memelihara keseimbangan dan keselarasan fundamental, yaitu keseimbangan antara manusia dengan alam semesta, manusia dengan masyarakat, manusia dengan Tuhan, keseimbangan kemajuan lahir dan kesejahteraan batin. Kesadaran akan perlunya keseimbangan dan keserasian melahirkan toleransi yang tinggi, sehingga menjadi bangsa yang berbhinneka dan bertekad untuk selalu hidup bersatu dengan memperhatikan perkembangan tradisi, pendidikan, kepemimpinan, integrasi nasional, kepribadian bangsa, persatuan dan kesatuan bangsa, dan pelestarian alam.
- Seringnya suatu acara di taman budaya untuk mengapresiasi dan juga menjadi wahana bagi mereka yang ingin mengembangkan bakatnya disamping juga bertujuan untuk tidak menghilangkan kebudayaan bangsa dan memperkenalkannya pada generasi muda.
Ancaman di bidang Teknologi Informasi
Penyuluhan pada setiap lapisan masyarakat bagaimana cara dan penggunaan serta dalam menyikapi teknologi dengan baik.
- Penggunaan internet yang lebih diarahkan seperti adanya rapor online atau ujian online
-pemberantasan situs-situs yang tidak baik untuk ditayangkan
- pengetatan pada setiap jaringan perangkat yang ingin mengakses ke situs-situs atau web yang tidak berkenan.
Ancaman di bidang keselamatan umum
1.Peringatan dini bagi masyarkaat yang tinggal atau bertempat tinggal di lingkungan yang rawan akan  bahaya.
2.Memberikan cara untuk masyarakat dalam mengantisipasi bahaya.
3.Adanya banner atau iklan di sepanjang jalan maupun media masa, cetak, dan maya untuk mengingatkan masyarakat akan suatu pentingnya keselamatan dan juga kesehatan.
- Adanya tim sukarelawan yang ditugaskan pada daerah atau titik rawan bencana
- pembangunan daerah yang rawan banjir oleh pemerintah.

Terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung dan masih terus setia menemani saya disini. Bersabar dan tetap mengirim email maupun DM instagram. Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau instagram @NifaFani. 




Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Pembahasan Soal PKN Halaman 194 Kelas 12"

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel