Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Halaman 64

Selamat sore, sore ini saya akan melanjutkan untuk memposting Kunci Jawaban daru Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 ini Halaman 64. Terima kasih sebelumnya bagi Anda yang telah request serta sabar dalam menunggu saya memposting Kunci jawaban ini.

Fine me on instagram @nifafani


Untuk Anda yang belum tahu atau memahami saya, saya ucapkan mohon maaf sebelumnya karena saya telah lama tidak memposting Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 serta beberapa kunci jawaban yang lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir. Saya masih mengingat Anda sekalian jadi Anda tidak perlu takut saya melupakan Anda.

Satu mohon maaf saya untuk kamu yang jauh entah ada di mana sekarang. Meski kamu tak hidup namun aku mendoakanmu. Aku menyayangimu bagaikan diriku sendiri. Aku harap kamu baik-baik saja. tidak kepanasan dan terlingdung dari hujan yang mungkin membasahimu. Aku berharap suatu hari nanti kita di pertemukan kembali dear kamu yang aku sayang. Bila Tuhan berkenan aku menyerahkan hidupku ditanganMu ya Bapa.

Maafkan saya yang sudah curcol, baik langsung saja mari kita bahas..

(5) Salah satu ciri yang membedakan induk kalimat dan anak kalimat adalah kemandirian. Induk kalimat mempunyai kemandirian jika dibandingkan dengan anak kalimat. Seperti yang terlihat pada contoh berikut ini.

(a) Ketika ayah datang, ibu sedang membersihkan halaman belakang.

(b) Rani kecewa karena proposal penelitiannya tidak disetujui oleh promotornya.

(c) Cerita pendek ini sangat bagus meskipun hanya dikerjakan selama sebulan.

Unsur kalimat (a) ibu sedang membersihkan halaman belakang; (b) Rani kecewa; serta (c) Cerita pendek ini sangat bagus merupakan induk kalimat karena dapat berdiri sendiri sebagai kalimat tunggal yang mandiri, tidak bergantung pada unsur lainnya.

Buatlah 10 kalimat majemuk lainnya yang memiliki unsur induk kalimat. Identifikasikanlah induk dan anak kalimatnya pada kolom berikut.

No
Kalimat Majemuk
Induk Kalimat
Anak Kalimat
1.
Dino sedang mengadakan acara ulang tahunnya yang dihadiri oleh seluruh warga RT 04.
Dino sedang mengadakan acara ulang tahunnya
dihadiri oleh seluruh warga RT 04.
2.
Ayah mengajarkan Dini berhitung agar pintar pelajaran matematika
Ayah mengajarkan Dini berhitung
agar pintar pelajaran matematika
3.
Ia tidak akan datang kerumah jika  aku sibuk
Ia tidak akan datang kerumah
jika  aku sibuk
4.
Budi selalu sarapan agar tidak mengantuk saat sekolah
Budi selalu sarapan
agar tidak mengantuk saat sekolah
5.
Puguh merupakan anak yang pintar sayang tidak rajin sehingga tidak naik kelas.
Puguh merupakan anak yang pintar
sayang tidak rajin, sehingga tidak naik kelas.
6.
Adel pintar dalam memasak dan dalam hal merpikan baju.
Adel pintar dalam memasak
dan dalam hal merpikan baju.
7.
Hari ini tidak ada pelajaran matematika sebab guru – guru rapat.
Hari ini tidak ada pelajaran matematika
sebab guru – guru rapat.
8.
Teman-teman Fajar mengajak touring jika ia tidak berlibur.
Teman-teman Fajar mengajak touring
jika ia tidak berlibur.
9.
Toko Rejeki tetap beroperasi walaupun besok hari raya.
Toko Rejeki tetap beroperasi
walaupun besok hari raya.
10.
Gempa yang sangat dahsyat terjadi di Madura sehingga bangunan dan rumah-rumah rata dengan tanah.
Gempa yang sangat dahsyat terjadi di Madura
sehingga bangunan dan rumah-rumah rata dengan tanah

Terima kasih telah mengunjungi blog @NifaFani. Anda dapat menguhubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau via instagram @NifaFani.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Halaman 64"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel