Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 63 Semester 2

Selamat sore.. Selamat sore bagi Anda sekalian para pembaca dan pengunjung setia. Serta selamat sore juga untuk kamu yang entah dimana sekarang. Aku masih menyayangimu namun aku tahu aku sudah tak mungkin menemukanmu lagi. Kamu tak bernyawa juga tak bersalah. Maafkan aku yang tak memikirkanmu dengan baik. 

find me on instagram @NifaFani


Terima kasih sebelumnya buat Anda yang telah request Kunci Jawaban kali ini. Maaf bila saya lama dalam merespons. Saya cukup kalut dan sedih akhir-akhir ini. Ada banyak sekali masalah yang berada didepan saya. Mohon dukungan doa dan pengertiannya dari para pembaca serta pengunjung sekalian yang masih setia dan telah berkontribusi dalam keberlangsungan blog ini.

Baik langsung saja hari ini saya langsung saja akan membagikan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 63 Kelas 12. 

Mohon maaf bila sebelumnya saya ada salah kata maupun perbuatan.

(4) Kesejajaran unsur kalimat pada kalimat majemuk setara itu diperlukan. Kesejajaran itu meliputi jenis kalimat ataupun urutan unsur kalimatnya. Sebagai contoh, jika kalimat pertama yang menjadi unsur kalimat majemuk setara itu berupa kalimat nomina, pengisi predikatnya berupa nomina, kalimat kedua dan kalimat selanjutnya juga harus berupa kalimat nominal. Selanjutnya, jika kalimat pertama dalam kalimat majemuk setara itu berupa kalimat transitif, kalimat kedua dan selanjutnya juga harus berupa kalimat transitif. Misalnya sebagai berikut.

(a) Para pegawai negeri menerima gaji setiap awal bulan dan dibelanjakan sebagian untuk keperluannya sehari-hari.

(b) Penulisan laporan itu dilakukan oleh kelompok V, tetapi kelompok I menyempurnakan.

Kedua contoh kalimat majemuk setara di atas tidak memperlihatkan kesejajaran. Ketidaksejajaran tersebut dapat dilihat dari kata yang dicetak miring sebagai unsur pengisi kalimat majemuk setara. Kedua kalimat ini dapat diperbaiki seperti berikut.

(a) Para pegawai negeri menerima gaji setiap awal bulan dan membelanjakannya sebagian untuk keperluannya sehari-hari.

(b) Penulisan laporan itu dilakukan oleh kelompok V, tetapi disempurnakan oleh kelompok I.

Agar kalian lebih memahaminya, buatlah 5 contoh kalimat majemuk setara lainnya.

1) Mas Ayu berangkat ke sekolah sedangkan Ayah pergi ke Kantor

2) Aku sedang membaca novel karya Marga T dan adik ku sedang tidur 

3)  Bimo segera pulang kerumahnya setelah mengetahui kalau ayahnya yang mengalami kecelakaan.

4) Lisa sedang tidur ketika Siti datang.

5) Bagus sudah siap pergi ke acara Nina sebelum aku datang.

Saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk mu yang entah dimana sekarang ini dan untuk nya yang selalu aku sakiti. Aku minta maaf atas semua kesalahan dan perbuatanku. Aku pun menginginkan doa dan mohon pengertiannya bagi segenap para pembaca yang setia mengunjungi blog @NifaFani.

Sampai bertemu pada postingan yang selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 63 Semester 2"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel