Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesial Halaman 31-32 Kelas 12 Semester 2

Selamat malam, mala mini ditemani oleh beberapa lagu Peterpan yang lama dan yang saya dapatkan dari seorang teman di kelas saya, saya pun berkesempatan untuk share mengenai Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Untuk Halaman 31-32. Mohon di simak yaa..

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih untuk Anda para pembaca setia atas setiap ucapan dan juga respon positif yang diberikan melalui instagram maupun email. Saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatan membalas setiap pesan Anda.

find me on instagram @nifafani


Oh ya, tak terasa kini telah tanggal 18 Januari. Sebentar lagi tentu memasuki musim ujian praktek untuk siswa dan siswi kelas 12 di sekolah manapun baik SMA maupun SMK kan? Tentu saja ya. Di bulan depan juga tak terasa bagi saya menamba usia saya menjadi semakin tua. Wah benar-benar segalanya diluar dugaan bilamana saya kini menginjak usia yang semakin dewasa. *aduh malah ngelantur* Oke deh inilah mari kita bahas bersama. Mohon maaf bilamana ada salah kata maupun perbuatan saya. Anda dapat menyampaikanya via instagram @nifafani, DM atau juga bisa via email stefanikristina@gmail.com

(6) Teks opini mencakup penggunaan verba material, relasional, dan mental sekaligus. Cari dan identifikasikanlah verba yang ada dalam teks “Tentang Baik dan Benar”, lalu tuliskan verba yang kalian temukan ke dalam kolom berikut.

No.
Kalimat
Verba
Verba Material/ Relasional/ Mental*
1.
Menganggap bahasa Indonesia yang baik dan benar sama dengan bahasa Indonesia baku adalah sebuah kekeliruan.
adalah
Verba Relasional Identifikatif
2.
Bahasa yang baik adalah bahasa yang digunakan
sesuai dengan situasi pemakaiannya, sedangkan bahasa yang benar adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah (aturan) bahasa.
adalah
Verba Relasional Identifikatif
3.
Mungkin karena secara terminologis kata baik dan benar itu sudah menyaran pada hal yang sempurna, tanpa cacat sehingga orang pun tidak segansegan memaknai slogan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu sama dengan bahasa Indonesia baku.
memaknai
Verba Mental
4.
Sebagai akibatnya, tidak jarang orang (Indonesia) merasa tidak memiliki kemampuan untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.
merasa
Verba Mental
5.
Menganggap bahasa Indonesia yang baik dan benar sama dengan bahasa Indonesia baku adalah sebuah kekeliruan.
Menganggap
Verba Mental
6.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat (Indonesia) gemar melanggar aturan, tak terkecuali aturan bahasa yang meliputi tata bunyi/lafal, tatatulis/ejaan, tatakata, tatakalimat, dan tatamakna itu.
melanggar
Verba Material
7.
Mereka tidak (mau) menyadari bahwa bahasa Indonesia memiliki banyak ragam, identik dengan keanekaragaman masyarakat penggunanya.
menyadari
Verba Mental
8.
Ibarat berpakaian, di mana pun dan kapan pun mereka selalu memakai pakaian yang sama.
memakai
Verba Material
9.
Atas dasar itu, sesungguhnya orang tidak perlu berbahasa baku saat tawar-menawar di pasar atau sedang mengobrol dengan tetangga saat ronda.
Menawar, mengobrol
Verba Material
10.
Mengapa? Karena bunyi iklan yang terakhir itu, di samping tidak mengajari orang berlogika dengan baik, juga dapat mengecoh dan membodohi konsumen
mengajari
Verba Material

Sekian dahulu postingan saya kali ini. Jangan pernah bosan untuk mengunjungi blog @NifaFani yaa..