Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 30-31 Kelas 12 Semester 2

Selamat Malam para pembaca setia blog @NifaFani, kali ini saya ingin share mengenai Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Untuk Halaman 30 sampai 31. Mohon maaf ya untuk Anda sekalian yang sebelumnya pada tanggal 16 Januari lalu mengirimi saya pesan atau meninggalkan beberao request namun tidak segera saya jawab. Alasan saya tidak menjawab dengan  segera bukan karena saya enggan namun karena tidak adanya jaringan internet didalam rumah saya. Entah mengapa sudah 3 hari ini jaringan internet yang gunakan buruk :( Mohon pengertian dan juga maaf ya.

find me on instagram @nifafani


Oh, Untuk Anda yang telah menghubungi saya via instagram terima kasih ya. Setiap pesan dan juga komentar Anda pasti akan sesegera saya balas. Saya adalah orang yang senang berteman dengan siapapun tanpa memandang status sosial Anda. Namun saya sungguh kecewa apabila Anda memandang saya sebaliknya atau justru saya ditusuk oleh teman terdekat sendiri. Tapi tak apa, semua yang telah lalu adalah angina yang berlalu dan juga sebuah pelajaran bagi saya *lha kok curhat* Oke langsung saja ya.. Berikut adalah jawaban untuk yang request.. Mohon maaf ya kalau ada salah. Mohon dikoreksi. Saya juga manusia. Namun alangkah lebih baik atau dewasa bila Anda ada tidak berkenannya dengan saya mengatakan secara langsung bukan justru bicara dibelakang saya.

Mari kita bahas..

(5) Ada dua macam opini, yaitu opini analitis dan opini hortatoris. Tugas kalian adalah membandingkan teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” dan “Tentang Baik dan Benar”. Setelah kalian membaca dengan cermat, apakah masing-masing teks tersebut termasuk teks opini analitis atau hortatoris? Sebutkanlan alasan kalian.

(a) Teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” termasuk jenis teks opini Hortatoris.

Alasannya adalah karena teks opine tersebut berisi beberapa argumentasi yang mana mengarah pada suatu tindakan atau kebijakan yang perlu dibuat.

(b) Teks “Tentang Baik dan Benar” termasuk jenis teks opini Analitis.

Alasannya adalah karena ia atau penulis dalam teks opini tersebut menggambarkan suatu konsep atau mnejelaskan mengenai suatu teori yaitu tata cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baik, terima kasih telah berkunjung ke blog @NifaFani. Bilamana ada salah kata dan juga perbuatan saya, saya ucapkan mohon Maaf. Apapun kesalahan saya Anda dapat menyampaikannya via email stefanikristina@gmail.com atau instagram @NifaFani. Bilamana Anda menganal saya, Anda dapat menegur saya secara langsung bukan dengan sesindiran atau dan segala macam lainnya.

Terima kasih atas setiap pengertian Anda. Saya hanya berharap Anda dapat menjadi pribadi yang dewasa pula dnegan meninggalkan komentar yang baik dan bersifat mendukung bukan lain sebaliknya.