Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 32-33 Kelas 12 Semester 2

Selamat malam, mala mini ditengah beberapa aktivitas yang tengah saya lakukan, tak lupa saya untuk share mengenai Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 32-33. Jujur saya sebenarnya sedikit ragu dengan Jawaban saya ini. Namun saya berharap dapat memberikan berkah untuk Anda sekalian. Jawaban ini saya ambil dari soal-soal pada kelas 11 yang lalu dimana kita diminta untuk menyebutkan konjungsi pada sebuah kalimat yang terdapat dalam sebuah cerpen. Mudah-mudahan jawaban ini dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk di koreksi ya..

find me on instagram @nifafani


(7) Konjungsi apa saja yang kalian temukan dalam teks “Tentang Baik dan Benar”? Tuliskan jawaban kalian ke dalam kolom berikut.

No.
Kalimat
Konjungsi
1.
Sebagai akibatnya, tidak jarang orang (Indonesia) merasa tidak memiliki kemampuan untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.
akibat
2.
Mungkin karena secara terminologis kata baik dan benar itu sudah menyaran pada hal yang sempurna, tanpa cacat sehingga orang pun tidak segansegan memaknai slogan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu sama dengan bahasa Indonesia baku
karena
3.
Bahkan, banyak pula orang yang kemudian berantipati pada slogan itu karena merasa telah dibelenggunya
karena
4.
Karena ditentukan oleh banyak hal (seperti tempat, topik, dan tujuan pembicaraan serta kawan/lawan bicara), yang dapat memunculkan banyak ragam bahasa, ukuran bahasa yang baik (sesuai dengan situasi pemakaian bahasa) sering dipahami secara salah oleh banyak orang.
Karena
5.
Pada umumnya, karena tidak memiliki kesadaran itu, mereka hanya menguasai satu ragam bahasa sehingga di mana pun dan kapan pun selalu menggunakan ragam bahasa yang dikuasainya itu.
karena
6.
Penghilangan imbuhan (awalan) pada judul tulisan di surat kabar, misalnya, masih dapat dimaklumi karena surat kabar memiliki keterbatasan ruang.
karena
7.
Oleh karena itu, permakluman yang sama seharusnya tidak diberikan kepada penyiar yang membacakan tulisan itu untuk pendengar/pemirsanya.
karena
8.
Mengapa? Karena penyiar tidak terikat oleh ruang.
Karena
9.
Tak dapat dimungkiri bahwa dalam berbahasa (Indonesia), ukuran baik dan benar masih sering menjadi perbalahan. Sekalipun mudah didefinisikan, ukuran baik dan benar itu acap kali bias dalam implementasinya.
menjadi
10.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat (Indonesia) gemar melanggar aturan, tak terkecuali aturan bahasa yang meliputi tata bunyi/lafal, tatatulis/ejaan, tatakata, tatakalimat, dan tatamakna itu.
menjadi

Baik, sekian dahulu Kunci Jawaban dari saya kali ini. Mohon maaf bilamana ada salah kata maupun perbuatan. Seandainya ada, Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau via instagram @NifaFani. Anda dapat menemui saya dalam dua sosial media tersebut. Terima kasih telah berkunjung.