Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 33-34 Kelas 12 Semester 2

Selamat malam, akhh.. rasanya hari ini saya benar-benar lelah padahal tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Hari ini saya hanya memberikan latihan les dengan beberapa kenalan saja, tapi rasanya cukup terasa meski saya tak melakukan aktivitas yang begitu berarti.
Oke langsung saja mari kita bahas bersama..

Find Me On Instagram @NifaFani


(8) Teks opini/editorial mengandung modalitas untuk membangun opini yang mengarah kepada saran atau anjuran. Modalitas merupakan cara seseorang menyatakan sikap dalam sebuah komunikasi. Beberapa bentuk modalitas antara lain: memang, niscaya, pasti, sungguh, tentu, tidak, bukan, bukannya, dan sebagainya (untuk menyatakan kepastian); iya, benar, betul, sebenarnya, malahan, dan sebagainya (untuk menyatakan pengakuan); agaknya, barangkali, entah, mungkin, rasanya, rupanya, dan sebagainya (untuk menyatakan kesangsian); semoga, mudah-mudahan, dan sebagainya (untuk menyatakan keinginan); baik, mari, hendaknya, kiranya, dan sebagainya (untuk menyatakan ajakan); jangan (untuk menyatakan larangan); serta mustahil, tidak masuk akal, dan sebagainya (untuk menyatakan keheranan).

Cari dan identifikasilah modalitas yang ada pada kedua teks tersebut, lalu tentukan fungsi masing-masing modalitas itu.

No.
Kalimat Dalam Teks
Modalitas
Fungsi Modalitas
1.
Indonesia memang surga
sekaligus kisah nyata.
memang
Untuk menyatakan
kepastian
2.
Padahal, dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan orang lebih sering berada dalam situasi tidak resmi sehingga tuntutan untuk selalu berbahasa Indonesia
ragam baku itu memang tidak ada.
memang
Untuk menyatakan
kepastian
3.
Padahal, jika ditanya siapa yang memberi perhatian dan siapa yang memberi ucapan, pasti tidak ditemukan jawaban yang benar karena –nya dan di mengacu kepada orang ketiga: bukan orang pertama dan kedua yang sedang berdialog, baik dalam surat maupun pidato.
pasti
Untuk menyatakan
kepastian
4.
Jangankan membuat program wisata yang kreatif, membangun prasarananya saja kerap tidak dilakukan pemerintah.
tidak
Untuk menyatakan
kepastian
5.
Indonesia adalah surga sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme dari masa lalu.
bukan
Untuk menyatakan
kepastian
6.
Mungkin ini merupakan bentuk “protes” mereka kepada pemerintah daerah yang tidak serius membangun prasarana wisata di sana.
Mungkin
Untuk menyatakan kesangsian
7.
Rupanya, di sinilah letak persoalannya.
Rupanya,
Untuk menyatakan kesangsian
8.
Padahal tempat-tempat itu tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan
jalan sendiri.
baik
untuk menyatakan ajakan
9.
Jangankan dibandingkan dengan Prancis yang mampu mendatangkan 83 juta turis tahun lalu, jumlah wisatawan asing ke Indonesia masih jauh dari Malaysia, yang menurut United Nations World Tourism Organization kedatangan 25 juta pelancong pada 2012.
Jangan
untuk menyatakan larangan
10.
misalnya, kalimat yang berbunyi Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih seolah-olah sudah menjadi baku dan dianggap benar.
benar
untuk menyatakan pengakuan

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang banyak untuk Anda yang sampai hari ini masih setia mengunjungi blog @NifaFani. Ahh rasanya sudah tidak tahan untuk segera mennyadarkan tubuh yang lelah ini. Baik, sekian dahulu dari saya, saya harap dapat memberikan manfaat untuk Anda sekalian. Mohon maaf bilamana ada salah kata dalam jawaban dan juga perbuatan saya. Anda dapat menegur saya via email stefanikristina@gmail.com atau via instagram , DM ya @nifafani. Atau juga bilamana Anda mengenal saya, Anda dapat menyampaikannya secara langsung.