Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 47-48 Kelas 12 Semester 2

Selamat malam, malam ini saya lembur untuk membagikan beberapa kunci jawaban soal bahasa Indonesia khususnya kelas 12 semester 2 untuk halaman 47-48 Jadi mohon maklum bila sebelumnya saya ada keterlambatan dalam menjawab beberapa pertanyaan Anda.

Bagi Anda yang berkomentar atau request dengan baik dengan tidak menganggap saya budak dan lain sebagainya maka akan sesegera mungkin saya membalasnya. Beda dengan Anda yang begitu memaksa atau dan lain sebagainya maka saya juga enggan untuk segera memposting kunci jawaban yang Anda minta. 

Untuk Anda yang ramah dalam berbicara, Anda tidak perlu khawatir tidak akan saya balas, karena pasti saya akan balas dan bela-belakan Anda demi untuk dapat berkomunikasi dengan Anda, semisal contoh adalah hari ini dengan membeli paketan internet dan juga begadang hanya untuk Anda.

Perlu Anda ketahui, posisi Anda memang saat ini adalah seorang siswa, namun bukan menutup kemungkinan saya tidak lah mempunyai kesibukan yang lain sama seperti Anda. Jadi harap maklum bilamana ada keterlambatan.

Baik, langsung saja mari kita bahas bersama..

(1) Apa yang kalian ketahui tentang akronim? Ceritakanlah pendapat kalian kepada teman sekelas. Mintalah tanggapan mereka.

Jawaban : Akronim adalah suatu singkatan. Umumnya akronim hanya berisi tidak lebih dari 3 suku kata biasanya akronim hanya mengambil 3 suku kata terakhir. Akronim bertujuan untuk keringkasan dalam berkomunikasi.

(2) Nyatakan pendapat kalian dengan menjawab pertanyaan berikut ini!

(a) Apakah kamu setuju dengan pernyataan bahwa pemilihan umum bukan hanya pesta demokrasi, tetapi juga pesta akronim? Saya setuju karenaketika adanya pemilu banyak kata yang diakronimkan seperti halnya pemilihan umum menjadi pemilu.

find me on instagram @nifafani


Saya tidak setuju karena tidak semua kata di akronimkan namun memang ketika pemilu ada kata yang diakronim untuk mempersingkat komunikasi.

(b) Apakah kalian setuju dengan pernyataan bahwa penyebab utama pembuatan akronim adalah keinginan akan keringkasan dalam berkomunikasi?

Saya setuju karena_ dengan akronim maka dalam berkomunikasi bisa terasa lebih ringkas dan akronim juga tidak sembarang singkat sehingga kemungkinan “semau gue” jadi terhindar.

Saya tidak setuju karena beberapa orang belum tentu memahami akronim dengan baik sehingga belum tentu mereka (orang awam) juga memaknai akronim sama dengan kita yaitu mempersingkat komunikasi

(c) Apakah kalian setuju adanya pesta akronim saat atau jelang pemilu?

Saya setuju karena_ dapat lebih mudah bagi masyarakat untuk mengingat para calonnya atau suatu pemilu yang akan berlangsung. Selain itu dapat lebih mempersingkat waktu dalam berbicara.

Saya tidak setuju karena terkadang akronim dapat disalahartikan oleh masyarakat sehingga menyingkat suatu kata dengan semau diri mereka sendiri.

(d) Setujukah kalian bahwa akronim, pada titik tertentu, terasa mengotori bahasa Indonesia?

Saya setuju karena_ bila akronim itu dibuat dengan “semau sendiri” tanpa di pikir atau dikaji terlebih dahulu maka makna yang terkandung dan tersampaikan akan berbeda pendapat dengan apa yang dimaui oleh pembuat akronim tersebut.

Saya tidak setuju karena tujuan akronim adalah untuk mempersingkat dalam komunikasi dan juga selain itu dapat memudahkan seseorang untuk mengingatkan sesuatu jadi terkesan lebih akrab, namun sejauh ini ditinjau dari seberapa orang tersebut memahami akan makna akronim.

(e) Perhatikan akronim “KarSa” (Soekarwo-Saifullah Yusuf) dan “balon” (bakal calon). Kemukakanlah pendapat kalian tentang kedua akronim tersebut.

Jawaban : Mengenai akronim KarSa ( Soekarwo-Saifullah Yusuf ) kiranya tak bermasalah karena masih baik bila didengar dan tidak mengandung unsur makna yang negatif. Namun beda hanya dengan balon. Balon di jawa khususnya di jawa timur Surabaya kota pahlawan ini dimaknai sebagai perempuan murahan dan lain sebagainya yang sejenis. Nah bila balon digunakan dengan di gabung dengan misalnya seperti ini “ KarSa adalah balon “ tentu akan menimbulkan pikiran yang negatif bila kita berbicara tersebut didepan masyrakat umum. Kecuali bagi mereka yang telah mengerti maknanya maka tidaklah menjadi persoalan yang rumit dan panjang.

Terima kasih untuk Anda yang masih setia mengunjungi blog @NifaFani.