Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 49 Kelas 12 Semester 2

Selamat malam. Malam ini saya tengah menanggapi beberapa permintaan dari Anda sekalian tentunya para pembaca setia blog @NifaFani. Baik, langsung saja mari kita bahas. Sebelumnya saya juga tengah mengistirahatkan badan seusai memberikan pelajaran atau les renang.

Baik ini dia jawabannya untuk kunci jawaban bahasa Indonesia halaman 49 kelas 12 semester 2..


fine me on instagram @nifafani

(f) Perhatikan dengan saksama kutipan berikut ini.

Kita menggunakan akronim sebagai salah satu jalan keluar agar kalimat yang kita ungkapkan terasa ringkas, mudah diucapkan dan diingat oleh lawan bicara kita, bangsa yang beringatan pendek ini.

Menurut kalian, apa sebenarnya yang ingin disampaikan penulis opini “Pil Pilu Pemilu” ini?

Jawaban : Maksud yang di sampaikan penulis “ Pil Pilu Pemilu “ akronim di Indonesia digunakan untuk suatu alternatif bagi masyarakat Indonesia agar lebih mudah dalam mengingat sesuatu khususnya dalam hal komunikasi dengan orang lain dan juga beberapa acara yang menyangkut atau bersangkutan dengan  masyarakat luas.

(g) “Akronim bukanlah kata. Akronim hanyalah kata semu yang proses morfologisnya menimbulkan prinsip semau gue”. Kemukakanlah pendapat kalian tentang hal ini.

Jawaban : Tidak tepat atau kurang tepat. Memang akronim yang bagi sebagian orang tentu akan menerapkan prinsip semau gue. Namun akronim yang baik adalah tidak menerapkan prinsip tersebut melainkan menghargai akan fungsi akronim itu sendiri.

(h) Bagaimana kalian menyikapi akronim yang berkembang dalam bahasa Indonesia?

Jawaban : Saya menerima akronim sebagai sebentuk kreativitas dan permainan makna yang menyegarkan.

(i) Menurut kalian, apakah akronim dapat memperkaya atau malah merusak bahasa Indonesia?

Jawaban : Memperkaya atau memperusak bahasa Indonesia dengan akronim sendiri tergantung pada individu serta kata akronim yang dibuat karena tidak semua akronim bersifat merusak suatu bahasa. Akronim ditujukan justru memperkaya bahasa buka merusak dengan kreativitas yang ada. Namun memang tidak menutup kemungkinan akronim dapat menghilangkan kata yang diakronimkan. Seperti tilang = bukti tilang “ dan rudal “ = peluru kendali “

(j) Carilah berbagai akronim yang telah berkembang dalam bahasa Indonesia. Buatlah contoh kalimat yang mengandung akronim tersebut.

Jawaban : 

Pemilu ( pemilihan umum ) dan jurdil ( jujur dan adil )

Didalam sebuah pemilu harus dilaksanakan dengan jurdil.

Nah sekian dahulu dari saya kali ini. Mohon maaf bilamana ada salah kata maupun perbuatan saya. Saya terima kasih dan juga bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa, yang mana tentu telah memberikan segala hikmat dan juga kemudahan bagi saya. Btw tidak terasa waktu terus berlalu, maka sebentar lagi akan memasuki bulan 2 yang mana adalah bulan kelahiran saya.

Baik kiranya sekian dahulu dari saya.